Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Hal 'Aneh' tapi Normal yang Dilakukan oleh Introvert

Kamu bisa relate nggak, nih?

Astri Amalia

Bicara soal kepribadian introvert, mungkin sebagian orang sudah tahu bahwa cara introvert mendapatkan energi yaitu dengan menghabiskan waktu sendirian. Kendati demikian, masih ada juga yang menyalahpahami introvert sebagai sosok yang pemalu ataupun anti sosial, karena mereka terkesan menghindari beberapa interaksi dengan orang lain.

Namun, tentu saja hal tersebut nggak benar. Karena introvert mengisi ulang energi dengan waktu kesendirian, jadi ketika bertemu banyak orang, mereka akan "menjaga" energi tersebut dengan cara menghindari obrolan yang tidak perlu dengan orang lain. Contohnya dengan menghindari percakapan basa-basi.

Menariknya, introvert punya beberapa hal "aneh" yang mereka lakukan, namun sebenarnya normal dan relatable bagi sebagian orang. Jika kamu seorang introvert, mungkin kamu pun pernah melakukannya. Lalu, apa sajakah hal tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, coba deh kamu simak poin-poin yang sudah Popbela rangkum, melansir Introvert, Dear berikut ini!

1. Merasa lega ketika seseorang membatalkan rencana bertemu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Introvert memang dikenal suka menghabiskan waktu sendirian, namun tetap ada waktu di mana mereka ingin bergaul dengan orang-orang, terutama dengan teman dekat. Bahkan, seseorang yang paling introvert sekalipun tetap butuh untuk berhubungan dengan orang lain. Ya, walaupun kumpul-kumpul seperti itu mungkin hanya terjadi sekali atau dua kali seminggu atau bahkan kurang. 

Jika kamu seorang introvert, ketika kamu akan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat, kemungkinan kamu akan benar-benar menunggu hari tersebut tiba. Tapi, pernahkah kamu justru merasa lega ketika rencana bertemu tersebut dibatalkan? Kalau kamu pernah merasakannya, itu bukan hal yang aneh, kok!

Hal ini disebabkan karena bagi introvert, situasi tersebut bisa berubah menjadi kesempatan bagus untuk menghabiskan malam yang menyenangkan di rumah. Misalkan dengan membaca buku yang bagus, mendengar podcast, menonton film, bermain video game, dan hal introvert-friendly lainnya.

2. Menghindari penjual yang terlalu cerewet, terkadang sampai meninggalkan toko tanpa membeli barang yang diinginkan

Pexels.com/Moose Photos

Jenis belanja terbaik untuk introvert adalah belanja online. Sebab, menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan besar yang ramai dengan orang-orang sudah pasti membuat introvert merasa nggak nyaman. Terlebih saat berada di toko dengan seorang penjual cerewet yang bersikeras untuk "membantu”.

Memang sih hal itu dimaksudkan sebagai layanan pelanggan yang baik, tetapi situasi ini jarang membuat introvert merasa nyaman. Oleh sebab itu, introvert mungkin akan memilih pergi ke toko di mana mereka bisa berjalan-jalan tanpa didekati. Malah, terkadang lebih baik nggak menemukan barang yang dicari, dibandingkan harus bertanya kepada penjual.

Jika kamu sering kali menghindari obrolan ringan dengan penjual yang berjaga di toko, kamu nggak aneh kok, kemungkinan karena kamu memang seorang introvert sesungguhnya.

3. Nggak akan meninggalkan rumah sampai tetangga "menghilang" dari pandangan

Pexels.com/Noelle Otto

Pernahkah kamu mengulur waktu untuk pergi dari rumah saat mengetahui tetanggamu berada di luar? Bahkan, meskipun kamu mungkin akan terlambat, kamu malah terdiam membeku di pintu depan rumahmu. Jika jawabannya pernah, itu bukan hal yang aneh, namun itu berarti kamu memang seorang introvert.

Hal ini bisa dipahami, karena introvert nggak menyukai situasi di mana mereka dipaksa melakukan obrolan ringan canggung yang mana akan cepat menghabiskan energi. Jadi, jika kamu pernah bersembunyi dari tetangga untuk menghindari percakapan ringan, tenang, kamu nggak sendirian!

4. Berpura-pura nggak melihat seorang kenalan di depan umum

Pexels.com/Pixabay

Ingatlah hal ini, saat introvert bertemu dengan seseorang dan berpura-pura nggak mengenalnya, itu bukan berarti mereka membencinya, hanya saja mereka nggak selalu siap secara mental untuk melakukan percakapan. Berinteraksi dengan orang lain membutuhkan suasana hati yang pas dan tentunya energi. 

Jika kamu seorang introvert, coba cek situasi satu ini. Saat kamu pergi ke supermarket untuk berbelanja, kamu melihat seseorang yang kamu kenal. Lalu, bukannya pergi untuk menyapa, kamu malah pergi secepat mungkin sebelum orang tersebut melihatmu. Kalau kamu pernah melakukan hal tersebut, sudah pasti introvert lain bisa related denganmu!

5. Menghindari bersama dengan orang-orang yang nggak dikenal dengan baik

Freepik.com/cookie_studio

Hal selanjutnya adalah menghindari bersama dengan orang-orang yang nggak dikenal dengan baik. Mungkin pada awalnya para introvert akan terasa baik-baik saja dan dengan sabar mendengarkan obrolan ringan orang-orang di sekeliling mereka, serta mencari cara untuk bergabung dalam obrolan tersebut. 

Namun, hal ini akan berubah ketika salah satu teman dekat mereka pergi untuk mengangkat telepon, dan mereka ditinggalkan dengan orang-orang “asing”. Secara terpaksa mereka jadi harus memulai percakapan, yang mana hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi introvert.

Kalau kamu pernah merasakan hal serupa, itu bukan hal yang aneh, kok. Hal tersebut bisa sangat dimengerti, karena introvert umumnya memang akan membutuhkan waktu untuk pemanasan terlebih dahulu sebelum ngobrol dengan orang baru.

6. Memilih untuk menulis pesan daripada menelepon

Freepik.com/Rawpixel

Mengapa harus menelepon ketika kamu bisa menulis? Jika kamu seorang introvert, kamu mungkin memilih untuk mengirim pesan teks dibandingkan menelepon di dalam semua situasi, termasuk di tempat kerja sekalipun. Nggak perlu merasa aneh, hal ini normal lho bagi para introvert.

Memang sih tetap ada kalanya kamu nggak bisa menghindari panggilan telepon, tapi dalam situasi kebanyakan, kamu akan memilih mengirim pesan teks. Nggak ada yang salah kok dengan hal tersebut. Kamu berhak menghemat energimu yang terbatas dan menghindari interaksi yang menurutmu nggak perlu, walaupun mungkin orang lain ada yang menganggapnya “aneh”.

Itulah tadi 6 hal "aneh" tapi normal yang introvert lakukan. Gimana, kamu pernah juga nggak nih melakukan hal-hal di atas?

IDN Media Channels

Latest from Single