Makan ke restoran atau nonton film terbaru ke bioskop tampaknya jadi hal yang paling umum dilakukan untuk menghabiskan waktu saat kencan pertama. Bagi seorang ekstrovert, mungkin hal tersebut bisa sangat menyenangkan. Tapi, bagi para introvert mungkin beberapa akan memilih hal yang nggak terlalu "berisik" dan "sesak".

Nah, kalau kamu seorang introvert dan sedang mencari ide kencan pertama yang "bersahabat" denganmu, berikut Popbela sudah rangkum 10 ide kencan pertama yang introvert-friendly, melansir berbagai sumber. Simak artikelnya sampai selesai, ya! 

1. Menjelajahi museum

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para Introvertinternet.com

Banyak yang mengatakan kalau museum adalah sebuah tempat yang menyenangkan bagi para introvert. Karena di sana, orang-orang hanya akan berbicara dengan pelan dan penuh rasa hormat. Menjelajah museum akan memberikan banyak waktu menenangkan yang tentunya sangat introvert-friendly. Saat menjelajah, kamu bisa menghabiskan waktu untuk fokus melihat sebuah karya seni dengan mendalam. Setelah selesai, kamu pun jadi punya bahan menarik untuk diobrolkan bersama gebetanmu.

2. Berjalan-jalan di taman kota

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertPexels.com/Pixabay

Pergi dan berjalan-jalan di taman kota adalah hal lainnya yang bisa kamu lakukan saat kencan pertama. Di sana, kamu bisa berjalan sambil ngobrol santai, ditambah dengan melihat berbagai pepohonan hijau yang akan menyegarkan mata. Psst... kalau kamu punya binatang peliharaan, kamu juga bisa lho membawanya. Karena dengan adanya hewan peliharaan, dapat membantumu mengusir ketegangan di momen kencan pertama dengan gebetanmu.

3. Membaca buku di perpustakaan kota

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertPexels.com/Yaroslav Shuraev

Banyak introvert menikmati aktivitas membaca buku lebih dari aktivitas lainnya. Kalau kamu merupakan salah satunya, kamu bisa coba mengajak gebetanmu ke perpustakaan kotamu. Selain perpustakaan merupakan tempat yang sunyi, di sana kamu bisa menemukan berbagai buku menarik baru. Dan satu lagi, coba deh bertukar referensi buku dengan gebetanmu. Dijamin ini bisa jadi jalan agar kalian semakin dekat satu sama lain!

4. Datang ke acara seminar

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertPexels.com/Matheus Bertelli

Jika kamu dan gebetan adalah tipe orang yang suka belajar hal baru, kamu bisa coba datang ke berbagai seminar sesuai dengan topik yang kalian minati. Bisa seputar topik akademis, olahraga, hingga masalah saham dan investasi. Dengan demikian, kalian bisa sama-sama memperluas pengetahuan dan punya pengalaman first date yang nggak akan terlupakan!

5. Piknik

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para Introvertfreepik.com/ freepik

Piknik di alam bebas untuk berkencan merupakan hal yang menyenangkan bagi introvert, karena kamu dan gebetan akan jauh dari keramaian. Mungkin kamu merasa makan di restoran membuatmu nggak nyaman karena dipenuhi dengan banyak orang, tapi piknik jelas bisa jadi solusinya! Bawalah berbagai macam makanan yang kamu dan gebetanmu sukai. Jangan lupa membawa speaker portable dan putarlah musik yang menenangkan.

6. Mendaki gunung

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertPexels.com/Guntur Kresno

Kalau kamu dan gebetanmu suka berpetualang, kalian bisa coba untuk pergi mendaki. Alam dapat memberikanmu banyak ketenangan. Selain merasa tenang, kalian pun tentunya akan merasa lebih bugar dengan mendaki. Jika kalian senang mengamati burung atau mempelajari fauna, cobalah mendaki dengan mengikuti tur berpemandu. Dengan demikian, kalian bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru yang akan memberikan topik percakapan seru. Ditambah, saat mendaki gunung, kalian bisa mendapatkan banyak momen tenang untuk refleksi diri dan pengisian ulang energi!

7. Melakukan hal kreatif

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para Introvertwww.freepik.com

Banyak introvert dikatakan memiliki sifat kreatif, jadi kenapa nggak coba mengasah kreativitasmu saat kencan pertama dengan gebetanmu? Asahlah kreativitasmu dengan melakukan berbagai kegiatan berbasis seni dan kerajinan, seperti melukis, membuat boneka binatang, merajut, hingga membuat peralatan makan dari tanah liat. Selain bisa jadi cara untuk semakin dekat dengan gebetan, kamu pun jadi makin kreatif, deh!

8. Stargazing

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertPexels.com/Sindre Strøm

Stargazing atau melihat bintang bisa menjadi kegiatan yang sangat romantis sekaligus introvert-friendly, lho! Coba deh pergi ke alam terbuka dan bawalah teleskop, lalu lihatlah bintang-bintang yang bertaburan di angkasa. Kamu nggak perlu berbicara banyak dan biarkan dirimu terhanyut dalam pikiran saat melihat keindahan langit malam. Ini adalah aktivitas yang membantumu mengisi ulang energi, sekaligus momen kencan pertama terbaik dengan gebetan.

9. Bersepeda santai

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertFreepik.com

Bersepeda santai adalah aktivitas introvert-friendly lainnya yang bisa kamu coba saat kencan pertama. Kamu dan gebetan bisa membawa sepeda masing-masing, atau meminjamnya di tempat peminjaman sepeda di kotamu. Nggak ada yang lebih mengasyikan untuk menyusuri sudut kota, dibandingkan dengan bersepeda. Selain menyenangkan untuk dilakukan saat kencan pertama, bersepeda juga membantumu untuk tetap bugar dan melepaskan stres.

10. Menjadi sukarelawan

10 Ide Kencan Pertama yang Cocok untuk Para IntrovertPexels.com/Rodnae Productions

Melakukan kegiatan sukarelawan juga bisa jadi opsi lainnya. Jika kamu dan gebetan punya jiwa sosial yang tinggi, cobalah cari berbagai kegiatan sukarelawan yang tersedia. Seperti halnya datang ke tempat penampungan hewan terlantar, ke panti asuhan, atau menemani orang tua yang kesepian di panti jompo. Atau bisa juga dengan memberi makanan gratis kepada orang-orang. Dengan menjadi sukarelawan, selain bisa memberi manfaat bagi banyak orang, kalian pun tentunya jadi semakin dekat satu sama lain.

Nah, jadi itulah 10 ide kencan pertama yang introvert-friendly. Gimana, kira-kira kamu mau coba yang mana dulu nih, Bela?

Baca Juga: Introvert, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini di Hari Pernikahanmu!

Baca Juga: Para Introvert, Ini 7 Tip Saat Melakukan Networking di Dunia Kerja 

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai Introvert