Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berapa Lama Setelah Berhubungan Seks Terjadi Kehamilan?

Selama apa prosesnya?

Novy Agrina

Sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang perempuan untuk bisa hamil setelah melakukan hubungan seks? Apakah bisa diketahui? Ini tentu ada penjelasannya.

1. Bagaimana proses kehamilan terjadi?

Unsplash.com/Cassidy Rowell

Kehamilan tidak dimulai pada hari ketika pasangan melakukan hubungan seks, prosesnya dapat membutuhkan waktu hingga enam hari setelah hubungan seksual untuk sperma dan sel telur menyatu dan membentuk telur yang dibuahi.

Kemudian, bisa memakan waktu enam hingga 10 hari untuk telur yang dibuahi hingga sepenuhnya menanamkan dirinya sendiri di dinding rahim. Kehamilan dimulai selama implantasi ketika hormon yang dibutuhkan untuk mendukung kehamilan dilepaskan.

2. Bagaimana cara memastikan kehamilan?

Unsplash.com/Kelly Sikkema

Satu-satunya cara untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan tes kehamilan. Perempuan dapat membeli alat tes kehamilan di toko obat atau pergi ke pusat kesehatan untuk melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin hormone (HCG).

HCG adalah hormon yang mendukung kehamilan dan mulai dilepaskan ketika sel telur yang dibuahi menanamkan dirinya sendiri dan kehamilan dimulai.

3. Catatan bagi perempuan yang belum menginginkan kehamilan

Unsplash.com/Kalea Jerielle

Seorang perempuan yang belum ingin hamil dan masih takut untuk menjalani kehamilan, mungkin ingin perlu mempertimbangkan untuk memakai alat kontrasepsi darurat kondom atau pil KB. Pil KB efektif jika dimulai dalam 120 jam. Jika dimulai dalam 72 jam, EC dapat mengurangi risiko kehamilan sebesar 75 hingga 89 persen. Jadi, semakin cepat dimulai, semakin baik.

Pil KB ini mudah ditemukan, dan bisa dibeli oleh perempuan di atas 17 tahun. Bagi yang usianya masih di bawah itu, tetap bisa mendapatkan pil KB dengan resep. Jika kamu tidak sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya kamu menggunakan kontrasepsi jenis pil KB. Selain menggunakan kontrasepsi, kamu juga bisa menghindari berhubungan seks di waktu ovulasi atau masa subur.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman Popmama dengan judul "Berapa Lama Setelah Berhubungan Seks Terjadi Kehamilan?"

IDN Media Channels

Latest from Sex