6 Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan

Nomor 5 mitos atau fakta?

6 Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan

Salah satu tujuan pernikahan adalah memperpanjang silsilah dengan memiliki keturunan. Banyak yang harus dipertimbangkan untuk memiliki keturunan. Seperti kesiapan secara financial, psikologi dan sebagainya. Oleh karenanya, ada beberapa pasangan yang menunda kehamilan sampai lebih stabil terlebih dahulu.

Nggak bisa dipungkiri memang, setiap manusia memiliki kebutuhan seksual. Bagi pasangan yang ingin memenuhi kebutuhan seksual tersebut tapi belum ingin memiliki momongan, sebetulnya ada caranya. Berikut cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim.

1. Vasektomi dan Tubektomi

6 Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan

Langkah vasektomi dan tubektomi merupakan langkah terakhir jika memang pasangan sama sekali nggak ingin memiliki kerturunan sampai kapan pun. Vasektomi dan tubektomi merupakan sterilisasi yang dilakukan dengan tindakan medis dan tentu harus dalam pengawasan dokter ahli.

Vasektomi dan tubektomi sendiri merupakan salah satu metode kontrasepsi permanen dengan cara memotong/mengikat saluran bibit pria (vasektomi) atau saluran telur perempuan (tubektomi)  sehingga dapat menghalangi pertemuan sperma dan ovum. Dengan demikian, kehamilan bisa dicegah.

Biasanya vasektomi dan tubektomi ini dilakukan bagi pasangan dengan usia tertentu karena dirasa sudah cukup memiliki anak dan nggak ingin menambah anggota keluarga lagi karena banyak faktor. Jika ingin melakukan vasektomi dan tubektomi, harus sudah dipertimbangkan secara matang.

2. Menggunakan alat kontrasepsi

Alat pengaman memang nggak hanya kondom pria dan perempuan saja. Alat pengaman lainnya yang dapat menjadi pilihan seperti pil KB, IUD atau spiral, implan ataupun KB suntik.

Namun, ketika menggunakan alat kontrasepsi, kehamilan bisa saja terjadi. Masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika pil KB, IUD, implan atau KB suntik harus dibarengi konsultasi medis dan tindakan tenaga ahli, pemakaian kondom merupakan pilihan yang paling simpel.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here