Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Momen Prosesi Ngunduh Mantu dan Tasyakuran Kaesang & Erina

Rangkaian prosesi adat yang berlangsung khidmat

Puspita Ramadhani

Kemeriahan rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono masih berlanjut hingga hari ini, Minggu (11/12/2022). Setelah resmi menikah pada Sabtu (10/12/2022) kemarin di Yogyakarta, hari ini Erina diboyong oleh suaminya untuk melakukan prosesi ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah. 

Kental dengan adat Jawa, beginilah momen ngunduh mantu dan tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina. Yuk, simak!

1. Dimulai dengan prosesi kirab, rombongan Kaesang-Erina beserta keluarga mempelai perempuan mendatangi Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung.

YouTube/Presiden Joko Widodo

2. Setelah melakukan imbal wicara atau dialog penyerahan pengantin, Iriana Jokowi memberikan Kaesang dan Erina secangkir air sebagai bentuk penerimaan sang menantu.

YouTube/Presiden Joko Widodo

3. Prosesi ngunduh mantu yang berjalan khidmat di bawah terik matahari itu, ditutup dengan penyampiran kain sindur di pundak kedua mempelai. Presiden Jokowi dan Iriana beriringan mengantarkan kedua anaknya menuju pelaminan.

YouTube/Presiden Joko Widodo

4. Inilah penampilan Kaesang dan Erina di prosesi ngunduh mantu hari ini (11/12/2022). Keduanya tampak gagah dan anggun menggunakan baju adat Dodotan.

YouTube/Presiden Joko Widodo

5. Usai diterima sebagai bagian dari keluarga besar Joko Widodo, prosesi selanjutnya adalah sungkeman. Prosesi bersimpuh di hadapan orangtua ini bertujuan untuk meminta maaf sekaligus memohon restu kedua orangtua agar rumah tangga mereka selalu diberkahi.

YouTube/Presiden Joko Widodo

6. Terlihat tawa bahagia nan lega dua sejoli ini saat prosesi ngunduh mantu dan sungkeman berjalan dengan lancar.

YouTube/Presiden Joko Widodo

7. Usai menjalani prosesi di Loji Gandrung, kedua pengantin dan juga keluarga besar mereka berjalan menggunakan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran. Menyapa para warga Solo yang telah lama menunggu pun tak lupa dilakukan Kaesang dan Erina.

YouTube/Presiden Joko Widodo

8. Sampailah sang mempelai di Pura Mangkunegaran untuk melakukan rangkaian acara yang terakhir, yakni tasyakuran. Dengan kebaya dan beskap Jawa bernuansa navy, Kaesang dan Erina seakan siap menyambut 6.000 tamu undangan yang telah hadir.

YouTube/Presiden Joko Widodo

9. Seluruh anggota kabinet Indonesia Maju tampak hadir di acara pernikahan dan memberikan selamat kepada anak terakhir Presiden Jokowi itu.

YouTube/Presiden Joko Widodo

10. Tak kalah menarik perhatian pula, para bridesmaids Erina yang berasal dari kerabat finalis Puteri Indonesia yang tampil anggun menggunakan kebaya merah muda. Seluruh tamu undangan tampak bahagia menyambut acara suka cita ini. Selamat kepada Kaesang dan Erina!

YouTube/Presiden Joko Widodo

IDN Media Channels

Latest from Married