Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Arti Mimpi Tunangan, Bisa Jadi Pertanda Buruk!

Kamu pernah mimpi seperti ini nggak, Bela?

Fithriyah Saiidah

Tunangan atau lamaran merupakan momen bahagia yang dinantikan oleh semua perempuan dewasa. Ketika dirinya sudah lama berpacaran dan merasa siap membangun rumah tangga dengan kekasih tercinta, tentu tunangan menjadi momen yang dimimpikan untuk segera dilaksanakan.

Rasa bahagia dan keinginan mendalam tentang hubungan asmara yang lebih serius dengan tunangan memang didambakan oleh perempuan. Tunangan dalam hubungan asmara berarti pernikahan akan segera dilangsungkan dengan mengikrarkan janji suci untuk melabuhkan cinta terakhirnya. Betapa bahagianya, bukan?

Dengan keinginan besar untuk segera tunangan, terkadang seseorang bisa terus memikirkannya hingga alam bawah sadar seperti terbawa mimpi. Hmm, kira-kira apa arti mimpi tunangan yang memberikan rasa bahagia itu, ya? Langsung simak 12 arti mimpi tunangan di bawah ini.

1. Arti mimpi tunangan dengan pacar

Freepik.com/senivpetro

Walaupun mimpi tunangan dengan pacar merupakan sesuatu yang didambakan, ternyata arti mimpi tunangan dengan pacar memberikan tanda buruk bahwa akan ada kemalangan atau sesuatu yang buruk. Entah bagaimana hal tersebut bisa terjadi, tapi mimpi tunangan dengan pacar tidak selamanya baik. Bisa saja, itu terjadi karena keinginanmu yang tergesa-gesa.

2. Arti mimpi tunangan dengan sahabat

pexel.com/danu-hidayatur-rahman

Menurut primbon Jawa, arti mimpi tunangan dengan sahabat tandanya kamu akan mengalami hal yang sangat baik. Bisa saja kamu mendapat hal tak terduga yang membahagiakan. Namun, di sisi lain, arti mimpi tunangan dengan sahabat juga merupakan tanda bahwa ada seorang teman dekat yang mungkin menyayangimu lebih dari pacar. Tidak perlu dicari tahu dalam-dalam, kalau jodoh tidak ada yang tahu bukan?

3. Arti mimpi tunangan dengan mantan pacar

Unsplash.com/Jeremy Wong Weddings

Perlu hati-hati, arti mimpi tunangan dengan mantan pacar ternyata bisa menandakan hal buruk yang akan terjadi. Arti mimpi menikah dengan mantan pacar ini berarti dalam waktu dekat, kamu mungkin mendapat hal yang tidak terpuji dari seseorang. Namun, jangan terlalu diambil pusing. Kamu bisa terus menjaga hubungan baik dengan siapa pun.

4. Arti mimpi tunangan dengan teman jauh

Unsplash.com/Anna Utochkina

Mimpi tunangan dengan teman jauh mungkin menjadi hal yang mengagetkan. Pasalnya, teman jauh atau teman lama sudah jarang berinteraksi dengan kita, bukan? Namun, tiba-tiba saja datang ke mimpi sebagai pelamar. Eits, arti mimpi tunangan dengan teman jauh bisa menandakan rasa rindu seseorang kepadamu. Terlepas kamu sudah punya pasangan atau masih single, arti mimpi tunangan dengan teman jauh menandakan masih ada yang menyimpan rasa cinta pada pertemuan lama denganmu. Bisa saja teman masa SMA atau kuliah.

5. Arti mimpi tunangan dengan orang tak dikenal

Unsplash.com/Taylor Harding

Selanjutnya, arti mimpi tunangan dengan orang tak dikenal atau asing ternyata memberikan tanda buruk dalam kehidupan. Menurut primbon Jawa, arti mimpi tunangan dengan orang tak dikenal bisa jadi seorang yang memimpikan akan terkena penyakit yang cukup parah. Entah bagaimana ini bisa terjadi, tidak perlu terlalu dipikirkan, yang terpenting tetap jaga kesehatan fisik maupun pikiranmu ya, Bela.

6. Arti mimpi acara tunangan dihadiri banyak tamu

Pexels.com/Trung Nguyen

Arti mimpi acara tunangan dihadiri banyak tamu merupakan mimpi yang indah seperti kenyataan. Arti mimpi acara tunangan dihadiri banyak tamu memberikan tanda baik bahwa kamu dan pasangan mungkin akan segera menuju hari bahagia pernikahan. Yang menyenangkan lagi, arti mimpi tunangan yang dihadiri banyak tamu bisa menandakan kalau hubunganmu dengan pasangan disukai dan direstui banyak orang.

7. Arti mimpi tunangan yang tak dihadiri mertua

iStock photo

Jangan terkejut kalau kamu mimpi tunangan yang tak dihadiri mertua. Sejauh ini, coba cek bagaimana kondisi hubunganmu? Apakah sehat dan direstui orangtua maupun mertua? Jika tidak, mimpi tunangan yang tidak dihadiri mertua bisa menandakan bahwa mereka tidak menginginkanmu menjadi teman hidup anaknya. 

Sebaiknya, mulai saat ini kamu bisa mencoba mengambil hati dan berkomunikasi yang baik dengan keluarga pasangan. Namun, kalau ternyata hubunganmu dengan keluarga pasangan baik-baik saja, mimpi tunangan yang tak dihadiri mertua berarti hanya sebatas mimpi dan ujian menuju jenjang hubungan yang lebih serius.

8. Arti mimpi gaun tunangan belum selesai dijahit

pexels.com/Daniel Moises Magulado

Momen tunangan atau lamaran menjadi hari yang terindah bagi setiap pasangan. Namun, apa jadinya jika gaun indah untuk digunakan saat tunangan belum selesai dijahit? Arti mimpi gaun tunangan belum selesai dijahit memberikan tanda bahwa kamu terburu-buru menginginkan ada seseorang yang melamar, namun dari dirimu sendiri belum siap secara mental dan pengetahuan menuju hubungan yang lebih serius.

Dengan begitu, ketidaksiapan dari masing-masing pasangan membuat hari tunangan menjadi berantakan. Walaupun ini menjadi mimpi yang cukup buruk, tidak mengapa untuk diambil maknanya kalau apa pun harus dipersiapkan secara matang dari segi materi, mental, spiritual, dan kesehatan.

9. Arti mimpi tamu undangan tunangan ribut

iStock Photo

Arti mimpi tunangan selanjutnya, ketika ada tamu undangan yang ribut. Mungkin ini menjadi tanda yang mengherankan karena bagaimana bisa terjadi keributan di tengah momen bahagia tunangan seseorang.

Nah, arti mimpi tamu undangan tunangan ribut menjadi tanda bahwa hubunganmu dengan pasangan akan diuji di kemudian hari. Tidak peduli seberapa sulit, sudah menjadi tugas setiap pasangan untuk selalu menjaga keharmonisan dan kelanggengan hubungan.

10. Arti mimpi cincin tunangan hilang

Pexels.com/Nika Zhorzholiani

Arti mimpi tunangan yang kesepuluh, yaitu kamu kehilangan cincin tunangan. Arti mimpi ini bisa menandakan hal buruk pada hubunganmu. Arti mimpi cincin tunangan hilang berarti kamu sedang dilanda rasa cemas berlebih, takut, dan terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Tanda lain juga muncul pada arti mimpi cincin tunangan hilang bahwa seseorang akan kehilangan sesuatu seperti kepercayaan dan kehormatan dari pasangannya.

11. Arti mimpi cincin tunangan palsu

freepik.com

Cukup mengagetkan, arti mimpi cincin tunangan palsu ternyata menjadi tanda bahwa sikap dan perilaku pasangan tidak seperti yang sebenarnya. Selama menjalin asmara, pasangan hanya berpura-pura dengan segala hal baik yang dilakukannya. Penting bagi kamu untuk tetap belajar mengenali pasangan sebelum ke jenjang lamaran. Jangan terburu-buru, pertimbangkan dengan matang dan diskusikan bersama orangtua untuk mendapat saran terbaik dari pengalaman mereka.

12. Arti mimpi tunangan yang tak dihadiri pihak laki-laki

unsplash.com/Marius Muresan

Hampir sama dengan mimpi cincin tunangan palsu, arti mimpi tunangan yang tidak dihadiri pihak laki-laki menjadi tanda buruk. Kalau arti mimpi cincin tunangan palsu memberikan tanda bahwa pasangan menunjukkan kepribadian yang tidak sebenarnya, arti mimpi tunangan yang tidak dihadiri pihak laki-laki menjadi tanda bahwa selama ini cinta dia bohong.

Maksud cinta pasangan itu bohong, selama ini mungkin dia hanya sedang memanfaatkan atau menginginkan sesuatu selain cinta darimu. Mungkin memang dia tidak menunjukkan kebohongan dalam hal kepribadian. Namun, yang lebih sakit, ternyata pasangan tidak mencintaimu dengan tulus. Kalau tiba-tiba bermimpi hal ini, coba tanyakan kejelasan pasangan terkait hubungan dan ujilah sedikit ketulusan cintanya kepadamu.

Itulah 12 arti mimpi tunangan yang mengejutkan. Beberapa ada yang membawa tanda baik dan juga buruk. Apa pun yang terjadi, semua tergantung bagaimana kita merespons setiap kondisi yang dihadapkan. Berakhir senang atau sedih, kitalah yang mengendalikannya. Arti mimpi soal asmara bisa benar atau hanya sebuah kemungkinan. Yang pasti, kebahagiaan dalam menjalin hubungan adalah tanggung jawab setiap pasangan. 

Semoga kamu dan pasangan selalu diliputi kebahagiaan, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Married