Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Arti Mimpi Gagal Menikah, Ada Trauma Masa Lalu!

Mungkin ada perasaan yang kamu simpan dalam hati

Fithriyah Saiidah

Pernikahan menjadi momen yang sangat dinantikan bagi setiap pasangan yang saling mencintai. Dalam pernikahan, masing-masing pasangan mengikrarkan janji suci untuk selalu setia mengarungi bahtera rumah tangga. Namun, di saat momen berharga ini, persiapan pernikahan bisa saja mengalami ujian dan tantangan karena tidak sedikit masalah datang yang menyebabkan pernikahan gagal.

Tak sedikit seseorang yang sedang menyiapkan hari bahagianya juga mengalami keraguan untuk menggelar akad nikah dan duduk bersanding dengan pasangan di pelaminan. Beberapa juga ada yang bermimpi gagal menikah. Ih, menakutkan dan bikin khawatir, ya.

Agar tidak diliputi kecemasan, lebih baik mencari tahu penyebabnya. Inilah artikel 10 arti mimpi gagal menikah yang Popbela rangkum. Simak langsung di bawah ini.

1. Kamu tidak percaya dengan pasangan

bestlifeonline.com

Jika kamu termasuk yang bermimpi gagal menikah, ini bisa menjadi pertanda buruk bahwa kamu tidak percaya dengan pasangan. Rasanya ada hal yang mengganjal sehingga membuatmu tidak percaya kepada pasangan.

Awalnya, mungkin mimpi gagal menikah bisa diabaikan. Namun, ketika mimpi gagal menikah terasa begitu nyata, sudah sebaiknya kamu dan pasangan membicarakan dengan jujur dan saling percaya. Jika memang ternyata semua berjalan baik, tinggal dirimu yang harus tenang dan selalu yakin bahwa arti dia adalah pasangan yang terbaik untukmu.

2. Selalu ragu dan cemas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Arti mimpi gagal menikah selanjutnya bisa jadi kamu merasa ragu dan cemas sepanjang hari. Entah keraguan itu datang dari faktor internal atau eksternal, yang jelas memimpikan suatu hal merupakan kejadian-kejadian yang dirasakan pada hari yang sudah dilewati.

Dengan begitu, perasaan ragu bisa hadir ‘menghantui’ dalam mimpi. Untuk menghilangkan keraguan, cobalah berpikir positif dan rasional. Tanyakan juga pada dirimu dengan jujur apa yang menyebabkan kamu merasa cemas. Jika sudah menemukan penyebabnya, segeralah selesaikan dengan bijak.

3. Ada masalah sebelum ke pelaminan

static.independent.co.uk

Mimpi gagal menikah menjadi momok menakutkan bagi siapa pun. Bagaimana tidak, jika resepsi pernikahan tinggal menghitung bulan, tiba-tiba saja mimpi gagal menikah. Ini bisa disebabkan karena ada masalah percintaan antara pasangan sebelum naik ke pelaminan.

Dari perjalanan menuju hari bahagia, tidak jarang ada perselisihan yang berujung masalah percintaan sehingga menjadi beban dan terus terpikir. Sebaiknya, kamu dan pasangan bisa segera berbaikan.

4. Tanda emosional diri tidak baik

mysticalraven.com

Arti mimpi gagal menikah yang keempat, yaitu menandakan emosional diri tidak baik. Menikah memang merupakan keputusan besar yang dalam rangkaiannya mengandung kebaikan dan kebahagiaan. Namun, tak jarang menuju hari pernikahan, calon pengantin merasakan emosi yang campur aduk hingga diluar kontrol.

Bisa jadi, mimpi gagal menikah menjadi gambaran emosimu yang terlalu takut atau berpikiran negatif tentang pernikahan yang akan datang. Kalau sudah begitu, kamu pelan-pelan cobalah lebih tenang. Bilang pada diri bahwa semua akan baik-baik saja jika disiapkan dengan matang.

5. Takut akan masa depan bersamanya

Freepik.com

Saat proses persiapan menuju pernikahan, ada saja hambatan yang datang. Rasa takut akan masa depan bersama pasangan bisa menjadi salah satu arti mimpi gagal menikah. Setiap hari, mungkin calon pengantin memikirkan kehidupannya setelah menikah yang tidak jarang berakhir pada rasa takut dan kekhawatiran yang berlebih.

Padahal rasa takut dan khawatir dalam pikiran belum tentu menjadi kenyataan. Sebaiknya, jika muncul rasa takut akan masa depan bersama pasangan yang menjadi arti mimpi gagal menikah, kamu bisa bicarakan ke orang terdekat agar membantu menguatkanmu.

6. Sangat gugup hingga terbawa mimpi

pexels.com/Gratisography

Jangan selalu dibawa serius, arti mimpi gagal menikah juga bisa menjadi tanda kalau kamu sangat gugup hingga terbawa mimpi. Rasa tidak tenang dalam pikiran dan hati memang memberikan energi negatif bagi diri.

Makanya, nggak heran kalau saking gugupnya, seorang calon pengantin bisa terus overthinking hingga terbawa mimpi. Kalau hanya karena rasa gugup, arti mimpi gagal menikah bukan menjadi masalah besar.

7. Ada sinyal buruk orang ketiga

pexel.com/rodnae-productions

Arti mimpi gagal menikah yang ketujuh, kamu harus waspada. Bisa jadi ada sinyal buruk bahwa akan datang orang ketiga. Mungkin bukan akan, tetapi sudah ada yang berniat untuk merebut atau niat buruk lainnya. Walaupun terdengar menyedihkan, kamu dan pasangan harus bisa membahas soal orang-orang yang pernah singgah di dalam hatinya dan komitmen kedepannya.

Perlu diingat bahwa pernikahan merupakan ikatan suci yang harus dijaga hingga maut memisahkan. Tentunya, akan banyak masalah yang datang untuk menguji kesetiaan cinta. Jadi, walaupun mimpi gagal menikah bisa menjadi sinyal ada orang ketiga dalam hubungan, tetaplah setia kepada pasangan.

8. Tanda keluarga ada yang tidak setuju

dok.internet

Selanjutnya, arti gagal menikah mungkin merupakan tanda bahwa ada keluarga yang tidak setuju. Keluarga yang dimaksud bisa dari pihak mempelai laki-laki maupun perempuan. Bukan hanya soal mertua dan menantu, tapi juga ipar dan keluarga besar lainnya. Di sinilah pentingnya komunikasi dan bersikap menyenangkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa menikah bukan hanya menyatukan dua insan yang saling mencintai, tapi juga keluarganya. Sangat perlu untuk saling mengenalkan calon suami atau istri kepada keluarganya. Namun, jika ada keluarga yang tidak setuju karena sifatnya yang memang menjengkelkan, kamu harus bisa tetap fokus dan bijak bersikap.

9. Sebagai ujian menuju pernikahan

Freepik.com/senivpetro

Arti mimpi gagal menikah yang kesembilan, yaitu sebagai ujian menuju pernikahan. Jangan terlalu diambil pusing dan serius. Arti mimpi gagal menikah bisa saja hanya sebagai ujian menuju pernikahan untuk melihat bagaimana kemantapan jiwa dan ketulusan cintamu dan pasangan. Jadi, jawaban dari arti mimpi gagal menikah yang merupakan ujian menuju pernikahan adalah keyakinan dalam hati bahwa dia jodoh terbaik bagimu.

10. Ada trauma masa lalu

freepik.com/freepik

Selain karena keadaan yang membuat gugup calon pengantin, arti mimpi gagal menikah bisa menjadi pertanda buruk bahwa ada trauma masa lalu. Ditinjau dari ilmu Psikologi, trauma bisa terjadi karena adanya tekanan negatif sehingga meninggalkan memori sedih, takut, dan hal buruk lainnya dalam kehidupan seseorang.

Trauma masa lalu mungkin datang dari latar belakang keluarga yang orangtuanya sudah bercerai atau dia pernah merasakan kekerasan dan kekecewaan yang mendalam mengenai hubungan pernikahan. Sebaiknya, jauh sebelum hari pernikahan, konsultasikan dengan psikolog agar kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi trauma masa lalu.

Arti mimpi gagal menikah bisa menjadi tanda hati-hati hingga sesuatu yang mengejutkan bagi pasangan manapun yang ingin menikah. Walaupun terdengar mencengangkan, selalu percayalah bahwa rencana Tuhan mempertemukan kamu dan pasangan adalah hal yang terindah dan harus senantiasa dijaga. 

Itu tadi arti mimpi gagal menikah yang semoga bisa menguatkan dan membantumu lebih waspada ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married