Mendapat undangan dari kerabat terdekat adalah hal yang mengejutkan sekaligus membahagiakan untukmu. Sebagai kerabat yang baik, tentu kamu ingin menyambut undangan tersebut dengan sebuah doa yang memberikan kesan.

Meskipun terliihat mudah, tapi nggak banyak yang mengetahui bagaimana memberikan ucapan dan doa pernikahan yang baik. Padahal, doa baik dan tulus akan memberikan kesan tersendiri. Itulah mengapa ucapan selamat menikah juga perlu menjadi perhatian khusus.

Nah, untuk kamu yang sedang bingung, ada beberapa referensi ucapan selamat menikah bahasa Arab dan artinya. Kamu bisa menyimak dan mencontohnya, Bela.

1. Ucapan selamat menikah bahasa Arab dan artinya yang simpel, tapi bermakna

30 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Arab dan Artinyapexels.com/maryam-kamavova

Kamu bisa menambahkan beberapa doa bahasa Arab ini dalam paragraf ucapan selamatmu, Bela. Meskipun singkat, tapi tidak mengurangi makna dari doa itu sendiri.

  1. Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khairin. (Selamat atas pernikahanmu. Semoga Allah selalu memberkahimu dalam segala hal dan mempersatukan kalian dalam kebaikan.)
  2. Alfu mabrukin lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajis-sa’idi. (Selamat kepada kalian berdua atas pernikahan yang penuh kebahagiaan.)
  3. Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma. (Selamat dan harapan terbaik atas kabar pernikahanmu.)
  4. Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-sa’adati. (Selamat, aku berharap kamu akan terus bahagia.)
  5. Alfu mabrukin liahla ‘arusaini fil’alami. (Selamat kepada pengantin yang paling manis dan penuh keberkahan.)
  6. Alfu mabrukin lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajis-sa’idi. (Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan yang bahagia.)
  7. Barakallahu laka. (Semoga Allah selalu memberikan berkah-Nya untukmu.)
  8. Alfu mabruk Ala Alzifaf Alsa'id. (Selamat paling tulus kuberikan untuk pernikahan kalian berdua.)
  9. Mubaruk lakum al zawaj! (Selamat atas pernikahanmu!)
  10. Alfu mabruk wa birrafa wal banin. (Berkahilah pernikahannya dengan kemakmuran dan keturunan.)

2. Ucapan selamat menikah bahasa Arab dan artinya dengan doa

30 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Arab dan Artinyapexels.com/hebert-santos

Selain hanya mengucapkan, kamu juga bisa menyelipkan doa pada ucapan selamat atas pernikahan sahabatmu. 

  1. Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum. (Ya Allah, berikanlah berkah karuniaMu pada mereka, dan ampuni serta sayangi mereka.)
  2. Zifaf maimun damat buyutukum amirah bilafrah. (Semoga selalu bahagia, selalu baik rumah tanggamu dan penuh dengan kegembiraan.)
  3. Zawaj mubarak wa uqba litoulil umri insyaAllah. (Semoga pernikahan kalian penuh keberkahan dan panjang umur, InsyaAllah.)
  4. Atamanni lakumattaufik fi hayatikuma. (Aku berharap Allah selalu memberikan taufik pada hubungan kalian.)
  5. Alalkhairi walbarakati, wa'ala khairi thaair. (Semoga pernikahan ini mendatangkan kemakmuran, berkah, serta membawa pertanda baik bagi kalian.)
  6. Allahumma ghfirlahum, warhamhum, wabarik lahum fiima razaqnahum. (Ya Allah, ampunilah, sayangilah, berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.)

3. Ucapan selamat yang berisikan doa pernikahan

30 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Arab dan Artinyapexels.com/nandi-gustian

Referensi lain selain menggunakan bahasa arab, kamu bisa memberikan ucapan yang berisikan doa pernikahan setulus hati untuk sahabatmu, Bela. 

  1. Pernikahan adalah ibadah yang sangat indah. Apa yang kamu lakukan dengan pasanganmu akan bernilai ibadah. Maka, semoga pernikahanmu senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah. 
  2. Selamat menempuh halaman baru. Jadikanlah pernikahan ini sebagai ajang ibadah mengikuti jejak Rasulullah agar selalu diberi kemudahan.
  3. Lengkaplah separuh agamamu. Warnailah pernikahan kalian dengan saling menyayangi, menghormati, dan saling menolong dalam ketaatan satu sama lain. 
  4. Telah kau temukan tulang rusukmu, maka bahagialah kamu bersamanya. Semoga kehidupan kalian selalu dipenuhi oleh cinta dan keberkahan Allah.
  5. Selamat atas pernikahanmu. Semoga pernikahan ini menjadi alasan kalian untuk saling membahagiakan, dan menebar kebaikan untuk orang-orang sekitar. 
  6. Kudoakan semoga pernikahan kalian diridhai Allah dan menjadi ajang semakin dekatnya kalian dengan-Nya. Semoga Allah menghujani kalian berdua dengan kedamaian dan kebahagiaan abadi!
  7. Selamat menempuh hidup baru. Dia adalah imam terbaikmu yang telah Allah pilihkan. Semoga rahmat Allah selalu tercurah kepada kalian. 
  8. Ya Allah, jadikanlah mereka sebagai pasangan yang selalu mencintai satu sama lain dalam keadaan apa pun. Menjadi pasangan yang selalu mengasihi hingga dipertemukan kembali di surga-Mu. 
  9. Kejarlah ridha Allah dalam rumah tanggamu, maka kamu akan selalu dipenuhi dengan rasa cinta dan syukur yang tiada tara. Berkahlah selalu pernikahan ini. 
  10. Baarakallahu lakum wa baraka 'alaikum. Semoga kehadiranmu selalu menjadi air penyejuk dan bidadari bagi suamimu. Begitu pun dengan ia yang selalu berusaha menjadi imam terbaikmu.
  11. Semoga dengan pernikahan ini, terbukalah pintu kasih sayang, ilmu, hikmah, rasa aman, dan kebahagiaan bagi semua. Selamat menempuh hidup baru yang sakinah, mawaddah, warahmah. 
  12. Selamat atas pernikahanmu, semoga kalian menjadi pasangan sejati dan serasi sampai maut memisahkan, serta dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah.
  13. Rida Allah adalah tujuanmu, syukur adalah kuncimu. Maka, bangunlah rumah tanggamu dengan apa-apa yang telah Allah perintahkan agar senantiasa penuh berkah dan kebahagiaan.
  14. Semoga bahtera pernikahamu ini selalu dilapisi dengan beribu-ribu keberkahan agar senantiasa terjaga keutuhannya. Selamat menempuh hidup baru, sahabatku. 

Itulah ucapan selamat menikah bahasa Arab dan artinya beserta beberapa pilihan doa tulus lainnya. 

Baca Juga: Daftar Nama Hari dalam Bahasa Arab dan Artinya yang Benar

Baca Juga: Doa Pembuka Rezeki Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Baca Juga: 30 Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab dan Artinya