Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Meningkatkan Chemistry dengan Pasangan, Bikin Makin Bergairah!

Wajib kamu praktikkan!

Astri Amalia

Dalam hubungan asmara, chemistry diartikan sebagai koneksi emosional yang dirasakan oleh setiap pasangan. Namun, menurut konselor hubungan yang berbasis di New York dan seksolog klinis bersertifikat, Dr. Michael DeMarco, chemistry bisa juga diartikan sebagai keintiman yang bercampur dengan gairah serta minat.

Pasangan yang terlihat mesra dan nyaman satu sama lain seringkali dianggap memiliki chemistry yang luar biasa. Akan tetapi, sebenarnya chemistry bukanlah suatu hal yang selalu ada dari waktu ke waktu, melainkan bisa saja menghilang ataupun menurun. Maka dari itu, penting bagi tiap pasangan untuk terus berusaha meningkatkan chemistry.

Berikut ini Popbela telah merangkum 7 tips meningkatkan chemistry dengan pasangan, yang dikutip dari laman Bustle khusus untukmu. Simak baik-baik ya, Bela!

1. Menjadwalkan waktu untuk berhubungan seks

insidehook.com

Menurut seorang pakar kesehatan seksual, serta CEO dan pendiri The Bloomi, Rebecca Alvarez Story, penjadwalan waktu untuk berhubungan seks nggak hanya mampu mempertahankan momentum dalam hubungan, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan pasangan melakukan hubungan seks dadakan.

"Jika Anda belum melakukannya secara teratur, rasanya menakutkan untuk memulai lagi," kata Rebecca.

"Berusaha menjaga seks sebagai bagian dari rutinitas mingguan Anda membantu membangun dan mempertahankan momentum," tambahnya.

2. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Pexels/ Andrea Piacquadio

Menurut seksolog, Dr. Jess O'Reilly, untuk menumbuhkan chemistry dengan pasangan, diperlukan waktu yang dihabiskan hanya dengan diri sendiri. Sebab, dengan tetap memiliki waktu dan kehidupan sendiri, akan membuat waktu yang kamu habiskan bersama pasangan menjadi terasa lebih bermakna.

"Jika Anda ingin merasa lebih bersemangat dan bergairah dengan pasangan Anda, Anda mungkin perlu menciptakan ruang untuk menumbuhkan misteri, kerinduan, dan sensasi yang tidak diketahui," ujar Dr. Jess.

Ia kemudian melanjutkan, "Anda akan berencana untuk hadir dan memupuk hubungan, daripada hanya berada di ruangan yang sama atau menjalankan tugas bersama."

3. Bermain peran

pexels.com/Katerina Holmes

Poin satu ini terdengar cukup menarik dan sedikit membingungkan. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan bermain peran?

Nah, bermain peran ialah mencoba menjadi sosok yang serupa dengan dirimu di masa lalu ketika baru bertemu dengan pasangan. Untuk memulai tips yang satu ini, Rachel Wright, seorang psikoterapis dan pelatih hubungan terapeutik menyarankan agar kamu bisa memikirkan kembali momen bertemu dengan pasangan pertama kali.

Kemudian kamu bisa berikan beberapa pertanyaan reflektif kepada dirimu sendiri, seperti, apa yang membuatmu tertarik padanya? Bagaimana cara ia berperilaku saat itu? Bagaimana perasaanmu?

Lalu tulislah jawabanmu di secarik kertas dan cobalah untuk memainkan peranmu.

4. Lakukan sesuatu di luar zona nyamanmu

Pexels/Carlos Cruiz

Mencoba sesuatu hal di luar zona nyaman ternyata bisa membantumu meningkatkan chemistry dengan pasangan, lho. Menurut Susan Trombetti, seorang matchmaker dan CEO dari Exclusive Matchmaking, ini bisa berupa mencoba berbagai hal yang menguji adrenalinmu. 

"Saya selalu mengatakan lakukan sesuatu seperti sky diving, bungee jumping, atau film horor karena ini memacu adrenalin Anda," ujar Susan. Kemudian ia menambahkan, "Itu mengimitasi gairah dan kemudian Anda merasakan percikannya."

Akan tetapi, kalau kamu merupakan tipe orang yang takut melakukan hal ekstrem semacam itu, tenang saja, Bela, kamu masih bisa melakukan hal lainnya, kok. Menurut Susan, yang penting kamu berusaha untuk melakukan sesuatu di luar dari kebiasaan sehari-hari.

5. Sesekali, ucapkanlah kalimat seksi pada pasangan

Freepik.com/Racool Studio

Memberikan lebih banyak waktu untuk berhubungan seks memang terbukti mampu meningkatkan chemistry di antara pasangan. Namun menurut Rachel, ada hal lain yang lebih mudah untuk kamu lakukan, yakni menjaga percakapan seksi dengan pasangan dari waktu ke waktu.

"Ini bisa terlihat seperti teks di sana-sini, percakapan seks, atau sekadar memberi tahu pasangan bahwa menurut Anda bokongnya terlihat bagus pada jeans yang ia kenakan," katanya.

6. Tanyakan pertanyaan yang mendalam

Freepik.com/cookie_studio

Dr. Jess berpendapat bahwa padamnya gairah dalam hubungan biasanya terjadi ketika kita menurunkan jenis percakapan menjadi percakapan sehari-hari, seperti hanya membicarakan seputar jadwal harian masing-masing.

Kendati percakapan semacam itu mampu menjaga hubungan tetap berjalan, nyatanya itu nggak menciptakan gairah seperti halnya yang dihasilkan dari percakapan mendalam yang lebih bermakna.

Cobalah untuk mulai bertanya pada pasanganmu tentang ketakutan terbesarnya, kapan dia merasa paling dekat denganmu, atau apa yang ingin ia lakukan saat berhubungan seks.

"Saat Anda mempelajari sesuatu yang baru atau mendapatkan wawasan unik tentang pasangan Anda, hal itu dapat mengubah cara Anda memandangnya," ungkap Dr. Jess.

7. Sisihkan waktu paling tidak 5 menit untuk saling menatap mata satu sama lain

pexels.com/katerina-holmes

Tips terakhir ialah dengan menyisihkan waktu 5 hingga 10 menit setiap hari untuk memegang tangan pasangan dan menatap matanya. Walau terdengar klise, tapi cara ini memang benar-benar ampuh dalam meningkatkan chemistry antar pasangan.

"Ini mungkin terdengar murahan, tetapi ini sebenarnya merupakan bagian dari pekerjaan rumah terapi seks yang saya berikan kepada banyak pasangan yang ingin terhubung kembali," kata Katie Ziskind, seorang terapis perkawinan dan keluarga berlisensi.

"Cukup dengan menatap mata pasangan Anda selama lima menit, dapat membuat perubahan positif yang besar dalam chemistry hubungan Anda," tambahnya.

Itulah tadi 7 tips meningkatkan chemistry dengan pasangan. Gimana, siap untuk mempraktikkannya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married