Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!

Sudah terapkan yang mana saja?

Zahra Ramadhani

Batasan sehat dalam hubungan merupakan salah satu hal penting yang berguna untuk menjaga identitas diri tetap hidup di tengah-tengah kehidupan bersama pasangan. Di samping itu, batasan yang sehat juga dapat membuat hubungan jadi lebih seimbang dan jauh dari kata toxic.

Adanya batasan yang sehat nggak akan membuat hubungan berubah hambar dan berkurang kadar keromantisannya. Jadi, jangan ragu untuk menetapkan batasan-batasan sehat dalam hubungan yang memang kamu dan pasangan perlukan, ya!

Namun, seperti apa sesungguhnya batasan sehat yang harus ada dalam hubungan? Yuk, simak pembahasan berikut ini sampai habis.

1. Menghargai diri sendiri

https://www.pexels.com/@eman-genatilan-3459781/

Pertama, menciptakan batasan sehat dalam hubungan haruslah dimulai dengan sikap menghargai, terlebih kepada diri sendiri! Sebab, dengan menghargai diri sendiri kamu dapat lebih nyaman dan mudah untuk menentukan batasan-batasan apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah hubungan. 

2. Menyeimbangkan kekuatan dalam hubungan

https://www.pexels.com/@cristian-rojas/

Selanjutnya, batasan sehat yang perlu ada dalam hubungan adalah dengan menyeimbangkan kekuatan, peran, dan tanggung jawab masing-masing orang. Sehingga, tidak hanya kamu atau pasangan saja yang dapat mengambil keputusan penting yang memengaruhi jalannya hubungan.

Namun, kalian berdua dapat saling mendengar dan memberi masukan bagi satu sama lain supaya bisa terus bergerak maju. Di samping itu, kekuatan yang seimbang juga dapat membantu kamu dan pasangan untuk memperkokoh kepercayaan sebagai fondasi dalam hubungan.

3. Berhenti berkata “iya” ketika kamu bermaksud “tidak”

freepik.com/tirachardz

Mungkin, hal yang satu ini sudah sering kamu lakukan, bahkan telah menjadi kebiasaan. Akan tetapi, jika kamu tak segera berhenti dan terus menerus mempertahankan kebiasaan ini, cepat atau lambat kamu akan merasa lelah. Pasalnya, kamu selalu berbohong dan tidak pernah benar-benar mengutarakan apa yang menjadi isi hati kepadanya sebagai pasanganmu. Sangat menyesakkan, bukan?

4. Sisihkan waktu untuk diri sendiri

https://www.pexels.com/@cottonbro/

Masih ingat kapan terakhir kamu menghabiskan waktu untuk diri sendiri? Jika kamu merasa sudah terlalu lama tidak melakukannya, maka coba sisihkan waktu sejenak di setiap harinya, deh. Misalnya, dengan minum secangkir kopi dan menulis jurnal harian atau sekadar bersantai di halaman rumah dan merenung. Hal ini dapat membantu kamu untuk merasa lebih baik dan tetap punya kehidupan pribadi meski tengah menjalin hubungan dengan sang kekasih hati, lho.

5. Mintalah bantuan saat membutuhkannya

https://www.pexels.com/@john-diez/

You’re not a superhero, Bela. Jadi, apabila kamu tengah kesulitan dan butuh bantuan, maka mintalah pertolongan kepada pasanganmu. Lagi pula, kamu tak akan terlihat lemah atau merepotkan hanya karena meminta bantuan, kok.   

6. Berhentilah merasa bersalah

https://www.pexels.com/@ivan-samkov/

Menetapkan batasan-batasan yang sehat dalam hubungan merupakan salah satu hal baik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah merasa bersalah karena hendak atau telah melakukannya. Menetapkan batasan adalah hak kamu seutuhnya, kok. Bahkan, ketika tengah menjalin hubungan dengan seseorang sekalipun!

IDN Media Channels

Latest from Dating