Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ilustrasi Ini Bukti Komunikasi Positif Bisa Buat Hubungan Harmonis

Hindari ya Bela!

Rosita Meinita

Saat kamu menjalani hubungan dengan pasanganmu secara nggak sadar kamu melakukan hal-hal yang membuat hubunganmu nggak sehat. Baik itu yang disengaja ataupun nggak. Alih-alih mendapatkan progress hubungan di masa depan, hal-hal ini justru akan membuatmu atau pasangan merasa nggak nyaman. Inilah beberapa ilustrasi kebiasaan yang sering dilakukan membuat hubunganmu nggak sehat.

1. Selalu insecure terhadap diri sendiri

brightside.me/

Seringkali kamu mengkritik diri sendiri bahkan berpikir bahwa kamu merasa nggak sempurna di depan pasanganmu juga membuat hubunganmu nggak sehat. Bahkan sebenarnya pasanganmu nggak berpikiran hal yang sama sepertimu. Selalu percaya diri, dan percaya setiap orang mempunyai inner beauty-nya sendiri-sendiri.

2. Menghakim orang-orang di sekitar

brightside.me/

Terkadang saat kamu atau pasanganmu melihat hal yang nggak mengenakkan di sekitarmu, sering kali kamu nggak sadar menghakimi mereka. Padahal Bela, menjadi orang yang suka menghakimi akan membuat pasanganmu jengkel mendengar pernyataan negatif darimu.

3. Menolak ajakan pasangan mentah-mentah

brightside.me/

Ketika kamu mempunyai kesibukan sedangkan pasanganmu mengajakmu untuk melalukan sesuatu bersama, secara nggak sadar kamu menolaknya mentah-mentah. Hal ini akan menimbulkan hubungan yang nggak sehat karena pasangan merasa disepelekan. Cobalah untuk memberinya pengertian dan alasan kepadanya secara baik-baik.

4. Kukuh dengan pendapat sendiri

brightside.me/

Biasanya seseorang yang lama single akan memiliki kebiasaan ini. Hal ini dikarenakan mereka nggak terbiasa memiliki seseorang untuk didengarkan pendapatnya. Untuk membuat hubungan semakin sehat, kedua pasangan harus mendengarkan pendapat satu sama lain agar mendapatkan kesepakatan bersama.

5. Selalu curiga dengan pasangan

brightside.me/

Kecurigaan yang berlebihan akan membuat pasanganmu merasa lelah karena kamu nggak memercayainya. Pasanganmu akan merasa selalu diawasi. Jika kepercayaan sudah nggak ada lagi di suatu hubungan, akan sulit menjalani di tahap yang lebih serius.

6. Melakukan hal di luar batas kemampuan

brightside.me/

Mengatur keuangan akan berpengaruh dalam hubunganmu. Mengeluarkan berlebihan lebih dari kemampuan akan membuat hubunganmu cenderung nggak sehat. Penting bagimu dan  pasangan untuk nggak berlebihan dalam melakukan hal bersama.

7. Selalu mengatur apa pun yang dilakukannya

brightside.me/

Kamu nggak bisa mengatur semua yang pasanganmu lakukan. Karena dia juga mempunyai keinginan untuk kehidupannya sendiri. Sebaiknya tanyakan dahulu kepadanya apa yang nggak kamu inginkan, agar komunikasi dapat berlangsung dua arah.

8. Membandingkan pasanganmu setiap saat

brightside.me/

Hal yang paling nggak disukai oleh siapapun yaitu dibanding-bandingkan dengan orang lain. Hal ini akan menjadikan pasanganmu nggak percaya diri dengan apa yang dia lakukan. Daripada membandingkan, beri dia pujian yang ditambah dengan kritikanmu yang membangun.

9. Memendam sesuatu sendirian dan nggak mengatakan apa yang kamu rasakan

brightside.me/

Sering kali kamu sering memberi kode agar dia paham apa yang kamu maksud. Jika kamu melakukannya, kamu salah besar. Laki-laki sebenarnya nggak selalu mengetahui apa pikiran perempuan, oleh karena itu jika ada permasalahan buka pembicaraan apa yang kamu rasakan.

10. Mengungkit kesalahan masa lalu

brightside.me/

Ketika pasanganmu melakukan kesalahan di masa lalu, kamu nggak boleh mengungkitnya sekarang. Karena dia akan berusaha melakukan yang lebih baik pastinya untukmu kedepan. Jangan sampai apa yang dilakukannya sekarang nggak kamu hargai karena kesalahannya dahulu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating