Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mengatasi Pasangan yang Cengeng 

Jangan terlalu cepat memberi komentar padanya.

Raizza Monik Setiawanti

Kita semua pasti pernah menangis. Meski tingkat dan kadar masalahnya berbeda-beda, kita pasti pernah bersedih dan menangis. Namun, kondisi itu tidak pernah berlangsung selamanya. Sebab, kehidupan itu selalu dinamis. Setelah kesedihan akan ada kesempatan dan kebahagiaan baru yang diterima.

Namun apa jadinya kalau seseorang terus menerus merasa sedih dan berakhir menjadi cengeng? Tentu merepotkan, bukan? Apalagi kalau orang itu berada dalam sebuah hubungan. Pasangannya pasti cukup kewalahan.

Kalau kamu sedang berada di posisi itu, tenang! Popbela punya 7 cara mengatasi pasangan yang cengeng.

1. Berusaha untuk menenangkannya

Pexels.com/Gary Barnes

Seseorang yang cengeng itu artinya ia memiliki tingkat sensitivitas emosional yang tinggi, sehingga langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyentuh sisi emosinya. Bantu ia untuk tidak terlalu lama terperangkap dalam pikiran sedihnya dengan cara memberinya ruang untuk menangis dan menemaninya.

Kamu bisa mengatakan padanya bahwa semua akan baik-baik saja. Tambahkan juga sedikit sentuhan fisik dengan mengusap bahu atau tangannya untuk membuatnya merasa lebih tenang.

2. Tanyakan apa yang menjadi masalahnya

https://www.pexels.com/@cottonbro

Meski mungkin kamu tahu bahwa pasanganmu cengeng, bukan berarti kamu selalu tahu apa yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, tanyakan padanya dengan lembut masalah apa yang sedang dihadapi. Dengan begitu, kamu bisa lebih menunjukkan sisi kepedulianmu padanya.

Namun, satu hal yang perlu diingat, Bela. Ketika ia tidak ingin menceritakan apa masalah yang sedang dihadapi, usahakan untuk tidak memaksanya. Ingat kembali untuk beri ruang untuknya, agar suasana hatinya tidak semakin buruk.

3. Jadilah pendengar yang baik

Pexels.com/Juan Vargan

Bagaimana cara untuk bisa tahu apa masalah yang ia hadapi? Kamu tidak hanya perlu aktif bertanya padanya, tapi juga aktif memberikan telingamu untuknya. Maksudnya, jadilah pendengar yang baik atas semua cerita dan keresahan yang ia bagikan.

Tidak semua orang bisa dengan mudah membagikan kisahnya pada orang lain. Untuk menghadapi pasangan yang cengeng, ada baiknya kamu mendengarkan dengan baik dan mencoba melihat juga dari sudut pandangnya apa saja yang menjadi masalah dan keresahannya.

4. Jangan terlalu cepat menghakiminya

Pexels.com/Cottonbro

Saat mendengarkan keluh kesah pasangan, ada beberapa respons yang mungkin saja ia inginkan darimu. Terkadang ia butuh tanggapan, tapi bisa juga ia hanya butuh untuk didengarkan.

Untuk itu, poin selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam hal cara mengatasi pasangan yang cengeng adalah tidak terlalu cepat menilai dan menghakimi. Ingatlah selalu bahwa ia adalah orang yang cukup sensitif. Jadi, salah langkah sedikit, kamu malah membuat suasana hatinya semakin buruk.

5. Memberinya dukungan

Freepik.com

Bukan hanya hadir sebagai pendengar, respons lainnya yang mungkin diinginkan pasangan saat sedang berbagi keluh kesahnya adalah diberikan dukungan. Pahami kesedihannya dan mengapa dia berpikir demikian. Ketika kamu berusaha untuk berpikir dari cara pandangnya, secara tidak langsung dia akan merasa dukunganmu.

Memiliki support system bisa membuat seseorang merasa jauh lebih baik, karena tahu bahwa ia tidak pernah sendiri menghadapi masalahnya. Hal ini pun sangat berlaku untuk pasanganmu yang cengeng. 

6. Menawarkan bantuan atas masalahnya

Pexels.com/Snapwire

Selain dukungan, jika memang masalah cukup rumit sehingga membuatnya terus menerus menangis, tawarkanlah bantuan padanya. Terlebih jika memang masalah itu bisa kalian atasi bersama. Maka, akan terasa lebih mudah dijalani dan hubungan kalian pun bisa makin tambah erat.

Penting untuk diingat, bahwa pasangan memiliki perasaan yang lebih sensitif dari kamu. Jangan terkesan meremehkan apa yang membuatnya sedih, karena hal itu akan membuat dia makin menjauh darimu. Dengan menawarkan bantuan, dia akan merasa bahwa kamu adalah pasangan yang terbaik untuknya.

7. Yakinkan ia bahwa kamu akan selalu ada untuknya

freepik.com/haritanita

Terakhir, cara terbaik mengatasi pasangan yang cengeng adalah dengan menyakinkan dirinya bahwa kamu akan selalu ada dan membantunya. Kapan pun ia membutuhkan telinga atau pundakmu, kamu bisa berikan untuknya. Lalu, seberat apa pun masalah yang dihadapi, kalian akan menghadapinya bersama-sama.

Dengan meyakinkannya seperti ini, kamu bisa membuat suasana hatinya lebih tenang dan menjadi orang yang percaya diri.

Itulah 7 cara mengatasi pasangan yang cengeng. Meski terkadang menyebalkan, hal yang sebenarnya mereka butuhkan hanyalah support dari orang-orang terdekatnya, kok. Jadi, jangan ditinggalkan sendiri ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating