Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perbedaan Bukan Halangan, Ikuti Cara Ini agar Hubungan Bertahan Lama

Selama masih bisa diperjuangkan, kenapa nggak?

Luthfia Miranda Putri

Menemukan seseorang yang tepat adalah suatu anugerah yang patut disyukuri. Segala hambatan yang terjadi dalam hubungan pasti akan mudah untuk dilalui jika kalian mau bersama-sama menyelesaikannya. Namun apa jadinya kalau kalian menemukan perbedaan sosial dan ekonomi yang bisa menghambat? Apalagi kalau hal tersebut nggak direstui orangtua dan menyebabkan pertengkaran. 

Memang hubungan ini kalian yang menjalani, namun hubungan yang lancar perlu adanya restu dan doa dari orangtua. Perlu kamu tahu semua perbedaan tersebut pasti bisa diminimalisir jika mengetahui caranya. Untuk kamu yang sedang bimbang, beberapa langkah ini bisa kamu lakukan.

Apakah kalian sudah berdiskusi dengan keluarga masing-masing?

lls.org

Peran sebuah keluarga sangat penting untuk dipertimbangkan jika kalian ingin melanjutkan pada tahap yang lebih serius. Restu keluarga terutama orangtua adalah suatu doa agar hubungan kalian bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu cobalah untuk mendiskusikan dengan orangtua pada waktu yang tepat, seperti saat mereka sedang santai atau saat mood mereka baik.

Orangtua akan selalu mengarahkan anaknya pada pilihan yang terbaik, jadi jangan takut dan berpikir berlebihan. Kamu pun bisa menceritakan apa yang kamu inginkan pada keluarga dan pasanganmu kelak agar nggak terjadi kesalahpahaman yang bisa menyebabkan antar pihak merasa tersinggung.

Tanyakan kembali apa yang dia rasakan jika ia berada di pihakmu?

elcrema.com

Setelah berdiskusi dengan orangtua, kalian juga perlu lebih sering meluangkan waktu untuk bertemu. Saat ia bercerita, cobalah menjadi pihak yang mau mendengar dengan mengubah sudut pandangmu agar bisa memahami perasaannya. Sebaliknya, peranannya pun penting untuk memahami apa yang kamu inginkan dalam perbedaan ini. Menjaga kualitas komunikasi sangat penting dilakukan karena adanya budaya keluarga yang berbeda bisa membuat hubungan kalian semakin dekat.

Apakah kamu sudah mempersiapkan segala hal untuk anakmu kelak?

depositphotos.com

Terakhir, sangat penting agar kamu pikirkan secara matang-matang segala keputusan. Memutuskan hidup bersama dengannya berarti kamu juga harus mengambil risiko jika nanti anakmu kelak akan belajar banyak hal dari orangtuanya. Kamu dan pasangan harus sudah membuat rencana yang matang seperti bagaimana cara mendidik anak yang baik, lingkungan seperti apa yang kalian inginkan dan bagaimana caranya agar ia nggak merasa asing dengan perbedaan tersebut. Perbedaan dalam hubungan memang selalu terjadi, namun jika kalian sama-sama dewasa dalam menyikapinya berarti memang sudah berjodoh untuk selalu bersama.

IDN Media Channels

Latest from Dating