Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Perlu Malu Ajak Gebetan Jalan Duluan, Ini 10 Alasannya

Jangan sampai kamu terlalu lama menunggu ya, Bela

Elga Windasari

Pernahkah kamu punya gebetan yang sudah lama PDKT, tetapi tidak pernah mengajak kamu jalan atau bertemu di luar berdua saja? Interaksi yang selama ini dilakukan hanya chatting, menelepon, atau video call. Tak lebih dari itu.

Padahal, kamu suka banget sama dia dan kamu yakin dia juga merasakan yang sama. Nah, kalau sudah begini, lebih baik kamu yang ajak dia jalan duluan ya, Bela. Tidak ada alasan menunggu lebih lama lagi.

Dilansir dari Bolde, berikut adalah beberapa alasan untuk mengajak gebetan jalan duluan, jika kamu sudah yakin kalau dia memang suka sama kamu.

1. Sudah terlalu lama menunggu

Pexels/Shvets Production

Apakah kamu mau menghabiskan waktu menunggu gebetan mengajakmu jalan duluan? Padahal, jauh lebih baik jika kamu mengetahui dengan pasti bagaimana perasaannya padamu daripada membuang waktu untuk bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Lagi pula, jika kamu tidak mengajaknya jalan duluan, bukan tidak mungkin ada orang lain yang melakukannya atau dia yang berubah pikiran. Itu berarti kesempatan yang kamu miliki mungkin sudah tidak ada lagi.

2. Laki-laki suka dengan perempuan yang percaya diri

Freepik.com/teksomolika

Jika kamu mengajak laki-laki berkencan, dia akan berpikir kamu makhluk paling seksi. Dibutuhkan keberanian untuk mendekati seorang laki-laki, apalagi mengajaknya jalan duluan. Itulah mengapa dia akan berpikir kamu sangat menarik.

Selain itu, sikap ini juga menunjukkan kalau kamu tidak bergantung pada tradisi kuno yang membiarkan laki-laki mengambil keputusan. Ini juga menunjukkan kamu percaya dengan diri sendiri dan tahu bagaimana caranya untuk bersikap.

3. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah dia menolakmu

Pexels.com/Elijah O'Donnell

Jika gebetan dengan sopan menolak saat kamu mengajaknya jalan, kamu tidak perlu merasa malu. Jika dia menertawakan kamu, maka itu tanda dia bukan orang yang tepat untukmu.

Lebih baik kamu mengetahui hal ini sebelum serius berhubungan dengannya daripada harus lama menunggu dirinya yang bergerak duluan.

4. Kamu yang menentukan langkah selanjutnya

Shutterstock/fizkes

Jika gebetan setuju untuk jalan denganmu, kamu mungkin akan memulai kisah cinta dengannya atau mungkin saja kamu jadi tahu kalau kalian berdua tidak terlalu click di dunia nyata dan lebih cocok berteman. Jika dia menolakmu, kamu bisa langsung melanjutkan hidup dan menemukan seseorang yang benar-benar berharga untukmu.

Tidak ada satu pun dari pilihan tersebut yang akan buruk padamu. Malah, terus menunggu adalah keputusan buruk karena kamu hanya akan terus berharap padanya.

5. Ini sudah zaman modern

unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa laki-laki harus mengajak perempuan berkencan duluan. Apalagi jika gebetan tipe laki-laki pemalu, maka sepertinya harus kamu yang mengambil langkah pertama.

Selain itu, perempuan sudah telah meminta kesetaraan gender selama beberapa dekade ini. Nah, ini salah satunya. Mengapa laki-laki harus mengambil semua keputusan ketika menyangkut untuk urusan hubungan? Jika kamu menginginkannya, maka lakukanlah.

6. Mengurangi stres yang kamu rasakan

pinterest.com

Mengajak gebetan jalan duluan mungkin terdengar menakutkan atau sulit untuk dibayangkan. Namun, itu jauh lebih daripada kamu terus-menerus merasa stres karena dia tidak melakukan kemajuan.

Daripada kamu menganalisis setiap chat yang dia kirim, lebih baik kamu memberanikan diri dengan mengajaknya jalan agar kamu jadi lebih tahu bagaimana perasaan sebenarnya kepadamu. Jadi kamu tidak perlu bermain detektif.

7. Dia berhak untuk tahu perasaanmu

unsplash.com/Chermiti Mohamed

Bahkan jika dia tidak merasakan hal yang sama denganmu, bukan tidak mungkin dia akan tersanjung saat mengetahui kalau kamu menyukainya. Bagaimanapun, diajak kencan oleh seorang perempuan adalah pujian yang sangat besar untuk laki-laki.

Kemungkinan lainnya adalah gebetan juga menyimpan perasaan untukmu, tetapi merasa terlalu gugup untuk menyatakannya. Jika ini kasusnya, maka dia akan sangat senang saat kamu mengajaknya jalan karena memiliki kesempatan denganmu.

8. Kamu akan merasa menyesal jika tidak melakukannya

Pexels.com/Liza Summer

Meski kamu sudah merasa dekat dengannya, tetapi status dia saat ini masih sebatas gebetan, bukan pacar. Bayangkan bagaimana perasaanmu jika tiba-tiba dia juga dekat dengan orang lain?

Salah satu cara untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan mengajaknya kencan secepatnya. Apa pun hasilnya (ditolak atau diterima), kamu tidak akan memiliki penyesalan dan terus berandai-andai di masa depan.

9. Mengejar apa yang kamu inginkan adalah hal yang sehat

Shutterstock/Antonio Guillem

Apa pun itu, baik untuk urusan pendidikan, pekerjaan, bahkan percintaan. Jika kamu menginginkan sesuatu dan kamu harus berusaha untuk mendapatkannya, ini hal yang wajar dan sehat untuk dilakukan.

Jadi, jangan ragu mengajak gebetan berkencan duluan dan kamu mungkin akan terkejut dengan apa yang dia katakan.

10. Kamu tahu kamu menginginkannya

Shutterstock/Josep Suria

Coba jujur pada diri sendiri, apa hal yang paling kamu inginkan saat ini? Jalan-jalan dan berkencan dengan gebetan? So do it. Kalau dia tidak juga mengajakmu kencan, maka kamu yang harus melakukannya.

Jangan sampai keinginan ini menjadi obsesi dan jadi menganggu pikiranmu. Kalaupun kamu ditolak, paling tidak kamu tidak akan lagi memikirkan hal tersebut dan obsesimu terhadap hal tersebut akan hilang.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kumpulkan keberanian mengajak gebetan jalan duluan. Daripada kamu terus-menerus menunggu, lebih baik kamu yang mengambil tindakan duluan ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating