Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tanda Gaslighting dalam Pertemanan, Patut Waspada!

Kadang kamu tak menyadarinya

Alicia Diahwahyuningtyas

Gaslighting adalah sebuah perilaku ataupun tindakan yang mana pelakunya dapat memanipulasi seseorang yang akan membuat mereka merasa ragu atas dirinya sendiri, bahkan sampai kehilangan kepercayaan diri lho! Nah, bahaya banget kan!

Bahkan lebih parahnya, gaslighting juga termasuk pelecehan mental dan bentuk manipulasi untuk segala jenis hubungan, nih! Gaslighting bisa terjadi pada hubungan asmara, keluarga, rekan kerja bahkan dalam circle pertemananmu juga lho!

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait tindakan gaslighting apa saja  yang sering terjadi dalam circle pertemanan, yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Temanmu sering meremehkan pendapatmu

Unsplash.com/Trung Thanh

Dalam pertemanan, tentu akan selalu ada cekcok ataupun perbedaan pendapat saat akan memutuskan sesuatu. Nah, jika kamu mendapati temanmu yang sering mengabaikan pendapat dan perasaanmu dan malah mengatakan hal-hal yang menyakiti perasaanmu maka kamu telah mendapatkan perlakukan gaslighting dalam circle pertemananmu, nih!

Perbedaan pendapat memang umum dan sering terjadi, namun di samping itu kamu juga perlu mempertimbangkan pendapat temanmu dan cara penyelesaiannya.

2. Suka membuat cerita negatif tentang temannya sendiri

Pixabay.com/Baruska

Gaslighting adalah tindakan yang cenderung memanipulasi korban. Pelaku dari gaslighting dalam circle pertemanan biasanya akan memiliki perasaan negatif terhadap orang-orang yang tidak ia sukai. 

Saat bersamamu pelaku mungkin akan bersikap baik, namun saat ia tak bersamamu ia cenderung membicarakan hal-hal negatif tentangmu yang bahkan dapat mengadu domba beberapa pihak.

Perilaku ini sangatlah berbahaya jika kamu tak segera keluar dari circle pertemanan seperti itu. Jadi kamu harus hati-hati, ya, saat bercerita dengan temanmu!

3. Pelaku enggan meminta maaf, justru ia akan menyalahkan dirimu

Liza Summer/Pexels

Dalam sebuah pertemanan selalu ada pertengkaran yang mungkin akan menyebabkan hubungamu dengan temanmu menjadi canggung. Namun, sudah hal semestinya jika melakukan kesalahan harusnya meminta maaf bukan? 

Jika kamu mendapati temanmu yang sering melakukan kesalahan, namun ia enggan meminta maaf dan justru menyalahkan dirimu, maka itu merupakan tindakan gaslighting yang patut untuk kamu sadari. 

Selain dapat memanipulasi pikiran, pelaku cenderung akan membuatmu meragukan dirimu sendiri dan membuatmu merasa bersalah atas semua yang terjadi. So, segera tinggalkan, ya, teman yang seperti itu!

4. Pelaku membuatmu menuruti semua perkataannya

Pexels.com/RODNAE Production

Ciri utama dari tindakan gaslighting seperti yang dijelaskan di atas bahwa pelaku cenderung memanipulasi korbannya dan setelah itu ia akan mengambil penuh kendali atas dirinya.

Hal tersebut tak hanya terdapat dalam hubungan asmara saja, namun dalam circle pertemananpun juga ada, lho! Temanmu akan membuatmu merasa terus-menerus mengandalkannya lalu setelah kalian menjadi dekat dan kamu mulai mempercayainya, temanmu akan bertindak seenaknya atas dirimu.

Jika tindakan tersebut terus berulang lebih baik kamu segera keluar dari circle pertemanan tersebut ya.

5. Memperlakukan teman secara tak adil

unsplash.com/Brooke Cagle

Memiliki teman yang hobi melakukan gaslighting memang sangatlah mengganggu dan membuat tak nyaman, terlebih jika circle pertemanan memiliki banyak anggota.

Pelaku gaslighting biasanya akan memperlakukan seseorang secara beda dan tak adil. Pasti kamu akan merasa asing dan dibedakan dari temanmu yang lain. Biasanya hal tersebut terjadi saat ada seseorang yang dominan dalam circle pertemanan tersebut. Circle pertemanan seperti sangatlah tidak sehat dan akan berdampak buruk jika kamu terus bertahan didalamnya!

6. Selalu menganggap semua hal sebagai bercandaan

Unsplash.com/Chris Murray

Pelaku gaslighting biasanya akan mengalihkan pembicaraan ataupun menganggap komentar atau perilaku negatif mereka dengan label, "hanya bercanda, gitu aja baper". Nah, itu juga merupakan contoh tindakan gaslighting yang sering terjadi dalam circle pertemanan, lho!

Pelaku gaslighting akan dengan mudah sarkas, memberimu nama panggilan konyol, mengejekmu, membuat candaan yang menyinggung, dan selalu bersembunyi di balik kata ‘hanya bercanda’.

Dalam bercanda juga ada batasan yang harus kamu jaga, jangan sampai kamu melukai perasaan temanmu dan kamu menganggapnya menjadi hal bercandaan ya.

Tindakan gaslighting memang sangat berbahaya jika kamu tak segera menyadarinya dan terus bertahan pada kondisi tersebut. Dalam berteman, ada baiknya kamu selalu bersikap selektif, ya, agar kamu tak mendapatkan teman yang hobi gaslighting.

 

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "6 Tanda Gaslighting dalam Circle Pertemanan, Pernah Mengalaminya?"

IDN Media Channels

Latest from Dating