Pernah mendengar istilah gaslighting?

Gaslighting merupakan sebuah praktik manipulasi yang dilakukan dalam sebuah hubungan sosial, temasuk hubungan asmara.

Seseorang yang mempraktikan gaslighting cenderung ingin terlihat berkuasa dan dapat mengendalikan orang lain atau orang tertentu. Perlakuan ini sangatlah berbahaya, karena ketika kamu sudah terjebak dalam hubungan yang melibatkan gaslighting maka kebebasanmu pun dapat terenggut.

Termasuk saat pacaran, pasangan yang melakukan gaslighting biasanya mengambil kendali penuh pada kekasihnya. Korbannya akan merasa cemas, stres, hingga merasakan mental yang terganggu akibat perbuatan ini.

Namun, terkadang kita sering kali tak sadar bahwa hubungan asmara yang tengah dijalani rupanya menjebak kita dalam manipulasi gaslighting. Untuk itu, berikut beberapa tanda gaslighting dalam hubungan yang wajib diketahui agar kamu bisa langsung menghindar agar tak terjebak terlalu lama.

1. Pasanganmu sering berbohong

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!freepik.com/ freepik

Salah satu tanda adanya gaslighting dalam hubungan adalah ketika pasanganmu sering berbohong bahkan tak malu untuk melakukannya meski ketahuan. Kebohongan merupakan salah satu tanda bahwa pasanganmu termasuk orang yang manipulatif.

Mereka tak segan berbohong untuk kepentingannya sendiri, bahkan mereka terkesan tidak menyesalinya. Hubungan yang sehat bukan berarti bersih dari kebohongan, namun jika pasangan terlalu sering berbohong maka kamu tentu perlu waspada.

2. Dia membuatmu ragu akan realita

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!medicalnewstoday.com

Sebuah hubungan tentu akan mengalami konflik dan permasalahan, tapi justru hal itulah yang membuatmu dan pasangan berkembang. Tapi, ketika pasangan malah menyalahkanmu dan mengungkit kekuranganmu sehingga dirimu sendiri ragu dan merasa gagal maka itu termasuk ke dalam pertanda adanya gaslighting dalam hubungan.

3. Dia kerap mengabaikan perasaanmu

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!pexels.com/Pavel Danilyuk

Pacarmu kerap mengabaikan perasaanmu bahkan ketika kamu terluka?

Hubungan yang sehat tentu mengandalkan komunikasi dua arah yang melibatkan perasaan. Empati terhadap satu sama lain juga penting guna menciptakan hubungan asmara yang bukan hanya romantis namun juga saling mengerti dan menghargai.

Sudah sewajarnya jika pasangan kekasih saling berbagi apa pun termasuk ketika suasana hatinya sedang tidak baik. Ketika keluh kesah kita didengar apalagi oleh orang yang kita sayangi sudah pasti akan membuat lega. Namun jika yang terjadi justru sebaliknya, maka itu menjadi pertanda ada yang tak beres dengan hubungan kalian.

4. Tak pernah meminta maaf meski salah

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!pexels.com/Vera Arsic

Salah satu tanda gaslighting dalam hubungan percintaan yang paling terlihat adalah ketika pacarmu enggan meminta maaf meski dia jelas bersalah. Justru, dia selalu mencari pembenaran atas segala perbuatan buruk yang dia lakukan.

Selain itu dia juga menganggap enteng kesalahannya, sehingga membuatmu merasa jika memintanya untuk mengatakan ‘maaf’ terkesan berlebihan. Ini adalah tanda gaslighting yang perlu kamu waspadai, cepat akhiri hubunganmu, karena jika dibiarkan malah akan membuat perasaanmu kian terluka.

5. Membuatmu merasa kalau kamu selalu ‘kurang’

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!Pexels.com/Ron Lach

Ciri lainnya dari adanya gaslighting dalam hubungan adalah pasanganmu selalu membuatmu merasa tidak cukup baik. Tidak cukup baik dalam hal apa pun, mulai dari sifat, penampilan bahkan hal-hal lain seperti karir atau pendidikan.

Dia selalu mendoktrinmu sehingga kamu percaya bahwa kamu tidak berusaha cukup baik dalam hal-hal tertentu, termasuk hubungan percintaan kalian. Perkataan manipulatifnya dapat mengganggumu secara mental, ini adalah salah satu tanda gaslighting yang berbahaya dan bisa memberi pengaruh negatif untukmu kedepannya.

6. Membuatmu ‘menjauh’ dari orang-orang yang kamu sayang

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!gfitwellness.ca

Jika dia berusaha menjauhkanmu dari orang-orang yang kamu sayang entah itu keluarga ataupun sahabat maka kamu harus bisa segera ‘lepas’ darinya. Dia berusaha untuk mengambil kendali penuh atas dirimu dan melihat orang-orang yang kamu sayang sebagai sebuah ‘ancaman’.

Dia akan memengaruhimu untuk jauh bahkan membenci orang-orang terdekatmu. Kamu akan pelan-pelan menjaga jarak atau bahkan membenci mereka. Jangan telan omongan kekasihmu mentah-mentah, cobalah untuk berpikir jernih dan sadarilah bahwa ini merupakan salah satu pertanda yang cukup serius bagimu untuk mengakhiri hubungan.

7. Membuatmu tidak berdaya

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!Pexels.com/Kira Schwarz

Jika dia berhasil mengambil kendali atas dirimu maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah membuat dirimu tidak berdaya. Mereka memanipulasi dirimu agar kamu merasa tidak cukup baik, tidak memiliki kekuatan, bahkan merasa sendirian hingga kamu hanya bisa bergantung padanya.

8. Membalikan fakta seolah kamu ‘berlebihan’

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!health.com

Ketika dia berbuat kesalahan dan kamu menegurnya dia justru malah menyerangmu dengan mengatakan bahwa reaksimu ‘berlebihan’. Kamu tentu malah jadi meragukan perasaanmu sendiri dan beranggapan bahwa apa yang dikatakan ada benarnya.

Ini juga merupakan salah satu tanda adanya gaslighting dalam hubungan percintaanmu. Dia juga menyerang kelemahanmu dan meyakinkanmu bahwa yang salah justru adalah dirimu sendiri, bukan dia.

9. Membuatmu merasa bersalah

9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!verywellmind.com

Terakhir adalah membuatmu merasa bersalah. Kemampuannya membolak-balikkan fakta dan memanipulasi banyak hal rupanya mampu membuatmu terjerumus ke dalam perasaan bersalah.

Kamu mulai mempertanyakan bahkan mulai tidak mempercayai dirimu sendiri. Ketika kamu mulai dipenuhi perasaan bersalah dan emosi negatif lain dalam dirimu, disitulah kekasihmu akan berusaha mengambil kontrol penuh sehingga kamu hanya bisa mengandalkan dia dan tidak bisa mengakhiri hubungan.

Setelah membaca berbagai pertanda adanya gaslighting dalam hubunganmu dengan pacar, ada baiknya ini menjadi sebuah peringatan bagimu bahwa hubungan yang kalian jalani sesungguhnya tidak sehat. Kamu berhak untuk mendapatkan hubungan yang lebih baik, seseorang yang bisa menghargaimu, dan mau menjalani hubungan timbal balik yang seimbang serta saling menyayangi dengan tulus tanpa merendahkan satu sama lain.

Baca Juga: 11 Kalimat Gaslighting yang Bisa Memanipulasi Dirimu

Baca Juga: 20 Istilah Kencan yang Sedang Tren, Kamu Perlu Tahu!

Baca Juga: 9 Ilustrasi Ini Tunjukkan Cinta Itu Penuh Manipulasi