Dibintangi oleh Song Kang dan Han So Hee, drama Korea Nevertheless yang mengisahkan kisah asmara Yoo Na Bi dan Park Jae Eon menjadi 'buah bibir' di kalangan warganet. Bukan hanya chemistry mereka yang kuat, tetapi alur ceritanya juga unik dan cukup realistis. 

Baru tayang lima episode, drama Korea Nevertheless sudah memberikan banyak pesan cinta termasuk gaslighting hubungan. Sebelum bertemu Park Jae Eon (Song Kang), Yoo Na Bi (Han So Hee) pernah menjalin hubungan asmara dengan sosok laki-laki bernama Yu Hyeon U. 

Mirisnya, Yoo Na Bi terjebak dalam gaslighting yang dilakukan oleh mantan kekasih. Gaslighting hubungan bisa terjadi kepada siapa saja. Lalu, seperti apa tanda gaslighting dalam sebuah hubungan? Bagaimana mengatasinya? Lewat drama Korea Nevertheless, Popbela kasih bocorannya di bawah ini. 

1. Sulit membuat keputusan

Bikin Trauma, 5 Tanda Gaslighting Hubungan di KDrama 'Nevertheless'Hancinema.net

Pada episode pertama, Yoo Na Bi (Han So Hee) dikisahkan sebagai perempuan muda yang berkuliah di jurusan seni. Ia berpacaran dengan laki-laki berparas menawan bernama Yu Hyeon U. Selama berpacaran, Yoo Na Bi seolah-olah diperlakukan penuh perhatian, tanpa menyadari sang kekasih secara halus melakukan gaslighting terhadapnya.

Yoo Na Bi baru sadar setelah kekasihnya ketahuan berselingkuh dan membuat luka di hatinya. Ada kilas balik adegan di mana Yoo Na Bi kesulitan membuat keputusan sekecil apa pun. Yoo Na Bi seperti tidak memiliki ruang sendiri di hadapan Yu Hyeon U. 

Jika kekasih kamu melakukan hal serupa seperti Yu Hyeon U dan mengatakan, "Jangan suka membuat keputusan sendiri", mungkin perlu dilihat lagi apakah hubungan tersebut patut dipertahankan atau sebaiknya diakhiri sebelum terjebak gaslighting lebih lama. 

2. Melimpahkan kesalahan

Bikin Trauma, 5 Tanda Gaslighting Hubungan di KDrama 'Nevertheless'Hancinema.net

Tidak hanya mengendalikan pendapat Yoo Na Bi, Yu Hyeon U juga senang melimpahkan kesalahan ke Na Bi seolah-olah Na Bi yang salah dan tidak menganggap Yu Hyeon U. Hal ini bermula saat Na Bi memakai cat kuku berdasarkan rekomendasi orang lain. 

Alih-alih tertarik, Yu Hyeon U malah memarahi Na Bi, "Mereka? jika aku, aku akan meminta pendapat pacar lebih dahulu. Apa kamu menganggapku orang lain?". Dari ucapan tersebut, tampak bahwa Yu Hyeon U berupaya melindungi dirinya sendiri dari kesalahan yang disembunyikan

Yu Hyeon U membuat Na Bi berpikir bahwa ia memang salah, tidak izin kekasihnya dahulu. Kalau sudah begini, kamu tidak perlu takut dan pertahankan apa yang menurutmu benar. Jangan biarkan seorang manipulator mengendalikan pikiran dan perasaan kamu, Bela.

3. Menyentuh ranah privasi tanpa izin

Bikin Trauma, 5 Tanda Gaslighting Hubungan di KDrama 'Nevertheless'Hancinema.net

Gaslighting tidak terjadi satu atau dua kali, tetapi hampir setiap waktu. Puncaknya, saat Yoo Na Bi melihat patung perempuan yang cukup vulgar dan diberi nama Na Bi. Ternyata, patung tersebut merupakan patung Yoo Na Bi yang dibuat oleh Yu Hyeon U.

Tentu saja, hal itu membuat Na Bi menangis, tetapi Yu Hyeon malah meremehkan perasaan sang kekasih dengan berkata, "Apakah kamu malu dengan karyaku?". Padahal, Na Bi hanya meminta Yu Hyeon U izin ke dirinya sebelum membuat patung tersebut.

Namun, tetap saja Yu Hyeon U tidak meminta maaf dan semakin menyudutkan Na Bi. Jika kamu atau teman terdekat mengalaminya, kumpulkan bukti percakapan saat pasangan mulai menyudutkan. Dengan begitu, kamu bisa melihat siapa yang memanipulasi dan siapa yang dimanipulasi. 

4. Bingung menetapkan batasan

Bikin Trauma, 5 Tanda Gaslighting Hubungan di KDrama 'Nevertheless'Hancinema.net

Usai kejadian pameran, kondisi psikologis Yoo Na Bi mulai terganggu. Ia mulai bingung menetapkan batasan dalam hubungan. Apalagi, teman-teman perempuannya menganggap jika patung itu istimewa. 

Teman-temannya mengungkapkan jika seharusnya Na Bi bangga, karena patung tersebut merupakan bentuk cinta Yu Hyeon U terhadap Na Bi. Dari ucapan temannya tersebut, Na Bi mulai mempertanyakan tindakan yang diambilnya tepat atau tidak. 

Oleh karena itu, penting untuk mencari dan berkumpul dengan lingkungan yang secara tulus mendukung kamu agar bisa keluar dari tindakan gaslighting. Bukan malah menjerumuskan lebih dalam ke hubungan yang salah.  

5. Rasa percaya diri berkurang

Bikin Trauma, 5 Tanda Gaslighting Hubungan di KDrama 'Nevertheless'Hancinema.net

Tak hanya di-gaslighting, tetapi Na Bi juga diselingkuhi oleh sang kekasih. Na Bi yang terus-menerus memaklumi hubungan beracunnya dengan Yu Hyeon U membuat rasa percaya dirinya berkurang. Parahnya, ia tidak lagi percaya pada sesuatu bernama cinta. 

Pernah berada di hubungan beracun tentu membuat kamu lelah dari waktu ke waktu. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar jika kondisi psikologis mulai terguncang dan trauma terhadap hal yang berhubungan dengan laki-laki atau kehidupan asmara. 

Namun, sebaiknya tidak berdiam diri saat kondisi psikologis sudah terganggu. Ada baiknya menghubungi tenaga profesional untuk meringankan beban yang kamu alami sebelumnya.

Itulah beberapa tanda gaslighting dalam hubungan yang terungkap lewat drama Korea Nevertheless. Selain menyajikan kisah cinta anak muda, drama Korea Nevertheless juga menyuguhkan banyak pesan cinta yang bisa diambil agar kamu tidak terjebak dalam hubungan yang salah. Tertarik untuk menontonnya, Bela?

Baca Juga: Intim di Nevertheless, Song Kang & Han So Hee Diisukan Pacaran

Baca Juga: Harga Pakaian Han So Hee di Drama Korea Nevertheless, Serba 'Mahal'

Baca Juga: Siap-siap Baper, Ini 10 Pasangan KDrama Paruh Kedua 2021