Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Kalimat 'Aku Cinta Kamu' dalam Berbagai Bahasa Asing

Mana yang paling sulit diucapkan?

Amalia Azizah

Cinta itu memang nggak terbatas oleh bahasa. Semua orang bisa merasakannya meski nggak diungkapkan. Itulah keajaibannya. Menyatukan yang berbeda, nggak mempermasalahkan jarak bahkan waktu. Begitulah cinta.

Semua bisa merasakannya tapi akan lebih indah apabila bisa diutarakan dan diungkapkan dengan kata-kata. Nggak ada salahnya kita menyatakan perasaan cinta kita pada orang yang kita cintai agar ia lebih yakin bahwa kita benar-benar mencintainya. Nah Bela, berikut kalimat aku cinta kamu dalam berbagai bahasa asing.

1. Aku cinta kamu dalam bahasa Prancis

Je t'aime dibaca Zhuh tem. 

Kalau kamu memiliki pacar atau pasangan orang Prancis, jangan banyak baper ya, Bela. Kebudayaan orang Prancis memang membuat mereka mudah sekali menyatakan Je'taime yang berlaku sebagai pujian yang maknanya bisa berarti mengagumkan.

2. Aku cinta kamu dalam bahasa Korea

사랑해 (saranghae) dibaca sa-rang-e

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika berpacaran dengan orang Korea, Bela. Mungkin budayanya nggak beda jauh dengan gaya pacaran di Indonesia seperti menggunakan barang couple, nggak dikenalkan ke teman atau orangtua ketika belum terlalu serius.

3. Aku cinta kamu dalam bahasa Jepang

愛しています dibaca Aishitemasu atau bisa juga Aishiteru.

Kalau kamu sering nonton serial Jepang atau anime, perempuan menyatakan cinta duluan di Jepang bukan merupakan hal yang tabu. Ketika kencan pun, kebanyakan orang Jepang akan membayar masing-masing, Bela. Jadi jangan kaget ya kalau pacaran dengan orang Jepang dan kita bayar makan dan nonton sendiri.

4. Aku cinta kamu dalam bahasa Mandarin

Unsplash.com/Travis Grossen

我愛你 (Wǒ ài nǐ)

Belakangan di Tiongkok mulai bermunculan sekolah kencan nih, Bela. Ternyata, banyak juga cowok di Tiongkok yang belum pernah berpacaran sehingga membuat mereka agak kaku jika harus berhadapan dengan perempuan. Makannya sekolah kencan di Tiongkok mulai bermunculan. 

5. Aku cinta kamu dalam bahasa Thailand

ฉันรักคุณ (C̄hạn rạk khuṇ).

Suka dengan orang Thailand? kamu harus belajar bahasa dan budayanya ya, Bela. Salah satunya seperti orang Thailand bangga dengan budaya dan kejayaan negerinya. Kalau pasanganmu orang Thailand, Pasangan Thailand menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga mereka.

6. Aku cinta kamu dalam bahasa Rusia

я люблю тебя (ya lyublyu tebya) dibaca Yay loo-bloo teb-yeh.

Salah satu daya tarik lelaki Rusia adalah keromantisannya. Kalau di Rusia, ketika kencan, lelakilah yang membayar. Cowok Rusia akan tersinggung kalau teman kencannya yang membayar.

7. Aku cinta kamu dalam bahasa Italia

Ti amo.

Hampir sama seperti cowok Rusia, cowok Italia pun dikenal dengan keromatisannya. Cowok Italia selain romantis juga nggak tanggung-tanggung memberi segala sesuatu yang terbaik karena memang sudah menjadi budaya. Coba deh perhatikan, jika makanan atau produk dari Italia banyak yang menjaga kualitasnya dengan menggunakan bahan terbaik, serta pembuatnya yang terbaik.

8. Aku cinta kamu dalam bahasa Jerman

Unsplash.com/Candice Picard

Ich liebe dich dibaca ikh libe dikh.

Cowok Jerman dikenal nggak romantis, terkesan skeptis dan terlalu logis. Tapi nggak semua seperti itu, kok. Selain itu, cowok Jerman suka bekerja alias workaholic, jarang bercanda, nggak banyak bicara dan terkesan dingin.

9. Aku cinta kamu dalam bahasa Finlandia

Mina rakastan sinua.

Cowok Finlandia memiliki sifat dasar yang introvert, menyukai ketenangan, personal space, sopan, dan nggak suka berbasa-basi. Jadi, jangan cepat marah ya jika pasanganmu orang Finlandia.

10. Aku cinta kamu dalam bahasa Swedia

Jag älskar dig  dibaca Ya elskar dey.

Kalau kamu tinggal di Swedia dan berpacaran dengan orang Swedia, siap-siap hati-hati ya Bela. Karena di Swedia sendiri banyak aturan ketat tentang pacaran. Orang Swedia juga dikenal nggak romantis, Bela.

11. Aku cinta kamu dalam bahasa Arab

انا احبك (Ana uhibbuk). Untuk ke perempuan adalah Ana Uhibbuka dan untuk laki-laki adalah Ana Uhibbuki.

Memang agak berbeda menjalin kehidupan cinta di Arab dengan negara lainnya, Bela. Di Arab sendiri pacaran nggak diperbolehkan. Kebanyakan mendapat jodoh melalui perjodohan. 

12. Aku cinta kamu dalam bahasa Turki

Unsplash.com/Mari Lezhava

Seni Seviyorum.

Cowok Turki senang memiliki banyak anak. Ketika kamu menikahi cowok Turki, kalau belum punya anak, siap-siap untuk ditanya terus-menerus oleh keluarga suami. selain itu, kebanyakan cowok Turki masih berpandangan konservatif, yakni lebih suka istri di rumah.

13. Aku cinta kamu dalam bahasa Belanda

Ik hou van je.

Kalau kamu dapat orang Belanda, bersyukurlah, Bela. Cowok Belanda termasuk cowok yang beremansipasi. Mereka mau mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti bersih-bersih, merawat anak, mengantar jemput anak ke sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler bahkan belanja ke supermarket/pasar.

14. Aku cinta kamu dalam bahasa India

मैं तुमसे प्यार करता हूँ (main tumase pyaar karata hoon)

Di India sendiri bibit, bebet, dan bobot masih dipegang teguh mengenai kehidupan pernikahan dan cinta. Nggak heran jika perjodohan masih lekat di sana.

15. Aku cinta kamu dalam bahasa Portugis

Amo-te/eu te amo dibaca ah-muh-tuh/oo chee ah-moh.

Karakter cowok-cowok Portugis hampir sama seperti karakter cowok-cowok Spanyol dan Italia. Karakter agresif jika menunjukkan rasa cinta sama pasangan seperti bersedia membayari makan waktu kencan dan nggak malu memberikan bunga meskipun belum jadian.

16. Aku cinta kamu dalam bahasa Serbia

Unsplash.com/Benjamin Robyn-Jespersen

волим те (volim te).

Banyak dari kita nggak terlalu familiar dengan karakter cowok Serbia. Jangan salah Bela, kalau kamu punya pasangan orang Serbia, mereka merupakan tipe yang penuh dengan kehidupan, pekerja keras dan berintelektual.

17. Aku cinta kamu dalam bahasa Afrika

Ek is lief vir jou.

Kalau di Afrika, khususnya suku Wodaabe, ada festival pacaran yang disebut Garewool setiap tahunnya. Cowok suku Wodaabe ini akan melakukan perawatan agar terlihat menarik dan cantik di mata perempuan. Selama satu minggu, para perempuan ini hanya menonton dan menyaksikan cowok tersebut berkompetisi. Perempuan itu mengamati baik-baik baru memilih cowok yang akan dilamar nantinya.

18. Aku cinta kamu dalam bahasa Yunani

Σ 'αγαπώ (S 'agapó) dibaca seg-app-oh.

Orang Yunani sangat bangga sama adat dan keturunannya. Nah, orang Yunani sangat erat kekeluargaannya. Jadi Bela, kalau kamu diterima oleh keluarga orang Yunani, mereka akan sangat welcome terhadapmu.

19. Aku cinta kamu dalam bahasa Slovakia

Milujem ťa.

Bela, kalau kamu berpasangan dengan orang Slovakia, kamu bisa meminta mereka membawamu ke Banska Stiavnic untuk menyimpan tanda kasih sayang kalian di salah satu dari 10.000 laci kecil yang dibuka pada Hari Valentine. 

Unsplash.com/Clarisse Meyer

20. Aku cinta kamu dalam bahasa Hawai

Aloha au iā ʻoe  dibaca a-loh-ha vaoo ea-ah oh-eh.

Mengingat Ohana (keluarga) sangat penting di Hawai, nggak semua orang bisa menjadi bagian dari Ohana, Bela. Jadi jika kamu menikah atau memiliki pasangan orang Hawai, kamu harus bisa berbaur dengan budaya mereka ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating