Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cerita Novel Persahabatan Terbaik, Ada yang Diangkat Jadi Film!

Ada yang diangkat dari kisah nyata

Astri Amalia

Persahabatan menjadi salah satu genre novel yang digemari. Nggak kalah dengan novel romansa, cerita seputar persahabatan juga mampu membuat hati para pembacanya tersentuh dan terenyuh. Nah, berikut ini Popbela sudah merangkum 7 cerita novel persahabatan terbaik. Scroll artikelnya hingga selesai, ya!

1. Laskar Pelangi

Dok. Internet

Diangkat dari kisah nyata, Laskar Pelangi tampaknya jadi cerita novel persahabatan yang paling populer di Indonesia. Terlebih, novel karya Andrea Hirata satu ini sampai diangkat ke dalam layar lebar yang dirilis pada 2008 silam. 

Laskar Pelangi menceritakan tentang sepuluh murid SD Muhammadiyah Gantong, Pulau Belitung yang punya semangat juang tinggi untuk terus menuntut ilmu. Meski berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu, namun nggak menghalangi semangat mereka dalam menggapai cita-cita. 

Selain menyuguhkan cerita apik perjuangan dalam mengenyam pendidikan, Laskar Pelangi juga memotret dengan apik persahabatan para karakternya, yakni Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun.

2. 5 Cm

Dok. Internet

Ditulis oleh Donny Dhirgantoro, 5 cm merupakan novel yang menyuguhkan cerita seputar persahabatan dan mimpi para karakternya, yakn iGenta, Arial, Riani, Zafran, dan Ian. Meski mereka memiliki sifat dan kepribadian yang sangat berbeda, tetapi itulah yang membuat persahabatan mereka menjadi semakin erat dan menarik. Sama halnya dengan Laskar Pelangi, novel satu ini juga diangkat ke dalam layar lebar pada 2012 lalu dan sukses menyabet lima nominasi Piala Citra, lho.

3. Since You've Been Gone

Dok. Internet

Cerita novel persahabatan karya Morgan Matson satu ini berfokus pada kedua tokoh utamanya, Emily dan Sloane. Plot yang disuguhkan yaitu ketika Emily perlu melakukan 13 tantangan gila untuk bisa bersatu kembali dengan sahabatnya, Sloane, yang menghilang.

Salah satu bagian yang menarik dari novel ini ialah penggambaran karakter Emily yang awalnya canggung secara sosial, lambat laun berhasil menjadi sosok perempuan yang berani dan nggak takut untuk mengambil risiko.

4. A Train in Winter

Dok. Internet

Dengan latar waktu di saat perang dunia kedua, A Train In Winter yang ditulis oleh Caroline Moorehead mengisahkan tentang 230 perempuan yang dituduh sebagai anggota perlawanan Prancis yang dipenjara oleh Gestapo, kepolisian politik Jerman Nazi. Mereka pun ‘terpaksa’ saling tergantung satu sama lain untuk mensukseskan misi mereka yang sama yaitu penyelamatan diri. Dari situasi inilah tercipta hubungan persahabatan dan dorongan kekuatan satu sama lain.

5. The Woman Next Door

Dok. Internet

Mengisahkan tentang dua tokoh utamanya, Hortensia dan Marion, yang awalnya merupakan musuh, tetapi perlahan mengembangkan hubungan persahabatan. Berlatar tempat di Afrika Selatan, hubungan persahabatan mereka berawal ketika Hortensia, yang merupakan orang kulit putih dan menolak untuk melihat segala bentuk rasisme sistematis, efek dari kolonialisme, serta prasangkanya sendiri, merenovasi rumahnya dan secara nggak sengaja merusak rumah milik Marion.

Secara keseluruhan, novel satu ini sangat menggambarkan persahabatan dan begitu menarik untuk dibaca.

6. Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow

Dok. Internet

Cerita dalam novel bergenre persahabatan selanjutnya ini berfokus pada dua karakter tokoh utamanya yang juga merupakan sahabat karib, Sadie Green dan Sam Masur. Hubungan keduanya berubah di saat mereka mengembangkan game bertemakan Jepang. Novel yang berhasil menyabet gelar buku terbaik versi Amazon di tahun 2022 ini diketahui terinspirasi dari kisah nyata lho, Bela.

7. A Man Called Ove

Dok. Internet

Sukses diadaptasi ke dalam film berjudul A Man Called Otto yang diperankan oleh Tom Hanks yang dirilis pertengahan Januari 2023 lalu, novel dengan judul asli A Man Called Ove ini menceritakan seputar seorang laki-laki bernama Ove yang punya sifat pelit dan secara terang-terangan menunjuk orang yang nggak disukainya. Bahkan, tetangga di sekitarnya memanggil Ove dengan sebutan 'tetangga yang kasar'.

Novel karya penulis asal Swedia bernama Fredrik Backman satu ini secara keseluruhan menyuguhkan plot tentang persahabatan yang begitu menghangatkan.

Nah, jadi itulah 7 cerita novel tentang persahabatan terbaik. Ada yang sudah pernah kamu baca belum nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single