Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Desainer yang Sukses Rancang Kostum dalam Film Superhero

Ada yang dipercaya banget sama Marvel!

Rara Peni Asih

Desain kostum adalah esensial penting dalam dunia perfilman. Bahkan apa pun alirannya, mulai dari kisah romantis hingga superhero, sutradara nggak mau meremehkan kostum yang dikenakan para aktornya.

Penampilan keseharian aja sangat penting kan untuk membentuk citra seseorang? Nah apalagi dalam film superhero! Desain kostum yang kuat pun dibutuhin banget. Nggak heran kalau sutradara juga selektif banget memilih desainer yang akan merancang kostum khusus untuk film yang digarap.

Saking seriusnya nih, berbagai ajang penghargaan film pun memasukkan nominasi kostum desain terbaik. Kamu tahu nggak siapa desainer yang sukses banget bikin desain kostum superhero ternama? 

Ini lho nama para perancang kostum superhero favoritmu.

1. Black Panther - Ruth E. Carter

www.thefader.com

Ruth E. Carter sudah menjalani karier sebagai kostum desainer selama 30 tahun, Bela. Dari sekian banyak karyanya yang muncul di beberapa judul film, tepat pada tahun 2018, Black Panther dinominasikan sebagai desain kostum terbaik di Oscar. 

Namanya pun makin dikenal berkat rancangan kostum “Black Panther” yang stylish dan kental dengan tradisi African tribal.

2. Batman Begins - Lindy Hemming

www.herocollector.com

Lindy Hemming, terpilih sebagai perancang kostum untuk film “Batman Begins”. Ia nggak hanya mendesain baju Batman aja, tetapi juga Catwoman. Kelihatannya sih kostum desain dalam film superhero ini menggunakan teknologi khusus, ya? 

Tapi ternyata Lindy membuat kostum ini nggak pake material spesial. “There’s no new technology to the actual suit,” tegasnya pada sesi wawancara dengan Collider.

3. Doctor Strange - Alexandra Byrne

www.zimbio.com

Alexandra Byrne mendapatkan penghargaan atas hasil kostum rancangannya untuk film superhero “Doctor Strange”. Rancangannya ini terinspirasi saat ia menemukan coat anak-anak Chinese yang terbuat dari bahan indigo dengan 10 layer!

4. Thor 2011 - Alexandra Byrne

twitter.com/MaryQueenMovie

Yap, lagi-lagi Alexandra Byrne. Justru film “Thor” jadi pengalaman kali pertama bagi Byrne sebagai perancang kostum superhero untuk Marvel. Kini kalau ditotal, Byrne udah dipercaya Marvel sebanyak lima kali, Bela.

Hasil karya Byrne dalam film “Thor” juga mendapatkan penghargaan sebagai desain kostum terbaik di ajang Saturn Award yang diadakan Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films.

5. X-Men: First Class - Sammy Sheldon Differ

www.tatler.com

Desainer Sammy Sheldon Differ sebetulnya nggak cuma jadi perancang dalam film “X-Men: First Class” aja, Bela. Tapi ia juga merancang kostum untuk film superhero seperti Ant-Man dan Hellboy II: The Golden Army.

6. Thor: Ragnarok - Mayes C. Rubeo

deadline.com

Sebetulnya profesi perancang kostum superhero itu nggak mudah dan sangat berbeda lho, Bela. Buktinya saja, Mayes C. Rubeo yang dipercaya menjadi perancang dalam film Thor: Ragnarok ini harus bikin sebanyak 1700 kostum! 

Yap, Rubeo nggak cuma merancang untuk aktor utama, tapi juga untuk para figuran.

7. Wonder Woman - Lindy Hemming

Imdb.com

Nggak hanya merancang kostum Batman, tapi Hemming berhasil mendapatkan penghargaan atas kostum Wonder Woman hasil karyanya. Tahu nggak apa yang membuat perempuan banyak kagum dengan hasil karyanya?

Kuncinya adalah Hemming nggak membuat kostum yang mengutamakan keterbukaan alias nggak mengeksploitasi keseksian semata. 

Hemming membuat kostum superhero yang diperankan Gal Gadot ini menggabungkan kesan seksi nan sporty untuk mewakili karakter Wonder Woman yang tangguh dan independen.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends