Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Model Baju Tenun Perempuan Terbaru, Cocok untuk Pesta!

Tampil makin berkelas

Nafi' Khoiriyah

Salah satu kain khas Indonesia yang menarik untuk dijadikan sebagai baju adalah kain tenun. Kain ini dihasilkan dari proses menenun dengan menyilangkan benang yang disusun vertikal dan horizontal secara bergantian. 

Para warga lokal banyak memakai kain tenun sebagai pakaian untuk acara adat. Namun, kualitasnya yang sangat bagus dan tampilannya yang indah membuatnya bisa digunakan sebagai model baju tenun perempuan terbaru

Untuk melihat kreasi model baju tenun yang kekinian, simak selengkapnya berikut ini ya, Bela!

1. Baju Outer Tenun Pendek Kombinasi Polos

pinterest.com

Model baju tenun perempuan terbaru yang pertama ini berbentuk outer yang memadukan antara kain tenun berwarna merah dan kuning dengan kain polos yang lebih gelap. Baju tersebut tidak membutuhkan kain tenun yang banyak. 

Kamu hanya perlu memakai kain tenun untuk ujung lengan dan bagian tengah baju saja. Nah, bagian tengah baju tersebut dibuat menyerupai scarf yang diarahkan ke belakang kepala dengan panjang melebihi ujung baju. 

2. Baju Outer Tenun Model Kimono

pinterest.com

Masih dengan outer kain tenun, sekarang kamu bisa membuat lengannya lebih panjang dan lebar dengan model kimono. Model ini menggunakan seluruh bahan kain tenun berwarna hitam dan abu-abu. 

Kemudian, sebagai detail, tambahkan tali di pinggang yang bisa mengaitkan antara sisi kanan dan kiri outer. Seperti model kimono pada umumnya, baju ini akan memberikan aksen v-neck di akhir. Sehingga, kamu perlu memakai inner jika ingin tampil dengan hijab.

3. Dress Tenun Panjang Model Straight

pinterest.com

Selanjutnya, model baju tenun perempuan terbaru bisa dibuat lebih kekinian dengan model dress 3/4 sepanjang betis. Model dress ini dibuat dengan model straight yang longgar dan lurus dengan atasan mirip dengan kaus. 

Untuk lengan dan bagian atas dress, kamu bisa membuatnya memakai kain polos putih terlebih dahulu. Baru setelah itu, sambungkan dengan kain tenun berbagai motif sampai ke ujung dress. Supaya makin unik, tambahkan rumbai tali di ujungnya. 

4. Baju Outer Tenun Panjang Aksen Lurik

pinterest.com

Kembali dengan outer, model yang satu ini dibuat lebih formal dan panjang sampai lutut. Bahannya memakai full tenun dengan detail motif lurik di pinggiran bajunya.

Outer tunik panjang ini cukup berbeda dengan model sebelumnya. Sebab, bagian depan dibiarkan terbuka dengan aksen lurik di pinggirannya tanpa kancing maupun tali.

Jika memakainya, tentu kamu perlu menggunakan inner warna polos dengan warna terang seperti warna putih. 

5. Baju Tenun Simpel Aksen Zipper

pinterest.com

Kalau kamu senang dengan model baju tenun perempuan terbaru yang simpel, baju dengan aksen zipper di atas jadi pilihan yang tepat. Baju ini dibuat tanpa model yang bermacam-macam dengan panjang di bawah pinggang dan lengan suai biasa. 

Namun, kamu perlu memperhatikan motif kain tenun supaya bagian tumpalnya diletakkan di bagian perpotongan depan baju. Jadi, aksen zipper yang akan kamu tambahkan bisa diletakkan di sana. 

6. Baju Tenun Model Kebaya dengan Belt

pinterest.com

Untuk kesan feminin dan anggun, baju tenun model kebaya ini sangat cocok dipakai. Baju tersebut dikombinasikan dengan kain polos dengan meletakkan tenun pada lengan, perpotongan, dan belt pada baju. 

Sementara itu, model kebaya yang terlihat pada baju ini adalah pada kerah v-neck dan aksen lurik pada perpotongannya. Supaya makin keren, buatlah belt dengan motif lurik juga. 

7. Baju Outer Tenun One Set dengan Rok

pinterest.com

Bukan hanya atasan saja, baju tenun one set dengan rok bisa menjadi ide busana untuk pesta. Baju ini terlihat unik dan menarik karena memakai seluruh bahan full tenun.

Untuk bajunya, buatlah menjadi outer seperti sebelumnya. Kemudian, rok tenun sebagai padanannya dibuat model straight yang lurus.

Pada ujungnya, tambahkan rumbai tali yang mencirikan kain tenun pada umumnya. Setelah selesai, pasangkan keduanya dengan inner warna gelap yang netral.

8. Baju Tenun Kombinasi Polos Lengan Panjang

pinterest.com

Terakhir, model baju tenun perempuan terbaru bisa dikombinasikan dengan kain polos. Seperti contoh di atas, baju tenun ini dibuat model blouse lengan panjang dengan nuansa warna biru. 

Pertama, buat baju dengan kain polos secara menyeluruh terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan aksen kain tenun pada bagian depan baju melengkung dari bahu sampai ujung bajunya. Gaya ini akan terlihat sangat trendi saat dipadukan dengan celana atau bawahan lainnya. 

Itulah 8 model baju tenun perempuan terbaru yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa mengombinasikan kain tenun dengan kain polos atau yang lainnya.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends