Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Kasus Fashion Brand yang Pernah Jadi 'Copycat' alias Plagiat

Ada brand favortimu?

Rara Peni Asih

Inspirasi bisa didapat dari mana saja. Namun akan jadi masalah, jika kita menjiplak karya orang lain untuk memproduksi brand sendiri. Sebab, yang namanya inspirasi sebetulnya memang seharusnya hanya sebagai referensi, bukan menjadi produk imitasi.

Nah, ini deretan (sebagian kecil) kasus plagiarisme di dunia fashion yang cukup miris. 

1. Koleksi Cedric Charlie (kanan) 'disinggung' meniru desain Vetements. Namun beberapa kritikus menilai keduanya menggunakan bahan berbeda walau siluet desainnya nyaris mirip.

instagram.com/diet_pradA

2. Asos sebagai industri fast fashion diduga meniru topi dari brand Jacquemus (kiri), fashion label asal Paris. Namun ini bukanlah kali pertama isu Asos meniru brand fashion lain.

fashioncopycats.com

3. Bahkan, brand sekelas Dolce & Gabbana saja mengakui mereka menjiplak desain kalung karya desainer kawakan Vivienne West Wood yang sudah ia rilis di tahun 1989! Kamu udah lahir belum?

4. Coat koleksi Celine musim gugur 2013 membuat fashion enthusiat tercengang. Sebab desainnya benar-benar sama persis dengan karya Geoffrey Beene yang udah rilis sejak tahun 2004!

thefashionspot.com

5. Lagi-lagi fast fashion seperti Zara (kanan) meniru fringe skirt dari brand Valentino tahun 2015. Pun ini bukanlah pertama kalinya Zara memproduksi produk fashion yang desainnya sama persis dengan brand mewah.

medium.com

6. Toga Pulla, desainer asal Jepang merilis koleksi yang sama persis dengan koleksi Prada tahun 2008 (kiri). Meski berbeda warna pada celana, namun bagaimana menurutmu?

instagram.com/diet_pradA

Gimana, dari kumpulan kasus 'copy paste' desain di atas ada yang sudah kamu tahu? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends