Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Memilih Model Busana yang Tepat untuk Menghadiri Pemakaman

Supaya nggak "saltum" simak di bawah ini terlebih dahulu ya!

Lindyra Cesara

Pemakaman biasanya identik dengan upacara sakral dengan momen penuh haru. Oleh karena itu pentingnya memperhatikan busana yang kamu kenakan ketika menghadiri pemakaman baik keluarga maupun kerabat. Nggak sekedar mengandalkan kaos dan celana jeans tentu saja karena tidak sopan, Bela! 

Popbela telah merangkum beberapa pilihan busana yang tepat kamu pakai ketika menghadiri pemakaman. Nggak cuma memilih busana dengan warna hitam, berikut detailnya yang wajib kamu tahu. Let's check this out! 

1. Andalkan busana warna hitam

Styledumonde.com

Tentu saja kamu sudah pada tahu kalau busana warna hitam menjadi pilihan wajib saat menghadiri pemakaman. Salah satu alasanya karena warna hitam memiliki makna sebagai simbol berbelasungkawa. Meskipun warna hitam kamu kamu juga wajib memperhatikan model busana yang akan dikenakan!

  • Pilihlah pantsuit atau blazer dengan bawahan celana palazzo agar terkesan rapi. 
  • Kemeja atau blouse yang dipasangkan dengan trousers juga dapat dipakai saat ke pemakaman.
  • Hindari kaos dan celana jeans karena nampak terlalu kasual.

2. Wajib hindari busana colorful!

pinterest.com

Hindari busana dengan warna-warna terang seperti hijau, kuning, merah, hingga orange. Karena dianggap warna terang melambangkan keceriaan sehingga tak sopan jika dipakai dalam suansa berduka. Namun, jika ada permintaan khusus dari pihak keluarga untuk memakai salah satu dari warna-warna terang tersebut tak masalah. 

3. Pilih busana tanpa corak

Styledumonde.com

Usahakan memakai busana tanpa motif ketika hadiri pemakaman ya! Jika kamu tetap ingin memakai atasan atau bawahan yang bercorak pilihlah corak-corak minimalis seperti misalnya, corak bunga-bunga yang kecil. Fyi, selain warna hitam kamu juga bisa memakai warna-warna gelap lainnya seperti navy blue dan abu-abu. 

4. Model dress yang bisa dipakai saat hadiri pemakaman

Model busana lainnya yang bisa menjadi pilihanmu ialah dress, Bela! Kesan rapi dapat timbul dari busana yang satu ini. Sebelum memakai dress, wajib perhatikan beberapa hal ini ya:

  • Hindari dress dengan potongan yang membentuk tubuh seperti misalnya bodycon dress (Untuk menjauhkan dari kesan seksi).
  • Pilihlah long sleeve dress (dress yang berlengan)
  • Dress berbahan satin atau chiffon buat look rapi nan elegan.

5. Lebih rapi memakai block shoes

Net-a-porter.com

Nah, untuk melengkapi pakaianmu yang sudah tampak rapi alas kaki model block shoes sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Ingat! Kamu wajib memperhatikan model sepatu yang rapi sekaligus nyaman dipakai ke pemakaman. Stiletto dan kitten heels milikmu harus disimpan kedalam lemari dahulu nih, Bela. 

6. Aksesori wajib dipakai: Scarf

Net-a-porter.com

Yup, selain pakaian dengan warna hitam saat menghadiri pemakaman scarf menjadi aksesori yang nggak boleh tertinggal! 

7. Aksesori lainnya sebagai pelengkap busana

Net-a-porter.com

Terakhir untuk menyempurnakan tampilanmu, aksesori kalung dapat kamu pakai lho. Namun kamu tetap harus memperhatikan model kalung yang akan dipakai. Kalung klasik mutiara salah satu pilihan yang tepat! 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends