Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Sulit, Ini 7 Tips Merawat Kulit Berjerawat

Biar wajah makin mulus nih!

Vidya Nathania

Agar kulit wajah terjaga kesehatannya, setiap perempuan memang wajib untuk merawat kulitnya. Semua jenis kulit membutuhkan perawatan yang maksimal, terlebih untuk jenis kulit berjerawat. Karena jerawat sudah termasuk dalam permasalahan kulit, tentunya dibutuhkan penanganan yang cukup esktra. 

Dimulai dari langkah penggunaan skincare dan lebih detail dalam memerhatikan kandungan bahan di dalam skincare yang hendak dipakai, selain itu penting juga untuk memerhatikan setiap kesalahan saat merawat kulit yang berjerawat agar jerawat nggak semakin parah. 

Nah, pada artikel kali ini, kita bisa sama-sama belajar untuk dapat merawat kulit berjerawat yang bisa kamu coba langsung di rumah. Yuk ikuti terus ya Bela!

1. Pilih pencuci wajah dengan kandungan anti jerawat

stocksy.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat kulit yang berjerawat ialah selektif dalam memilih pencuci wajah. Pilihlah produk pencuci wajah dengan kandungan acne fighting seperti salicylic acid, zinc, BHA, AHA, tea tree oil, dan lain-lain. Karena bahan tersebut dapat membasmi bakteri penyebab jerawat pada kulitmu sehingga kulitmu bersih dengan maksimal.

2. Gunakan obat jerawat yang cocok dengan kulitmu

kewdermatology.com

Melihat banyaknya obat jerawat yang dijual di pasaran maupun hasil racikan dokter kulit, namun kamu tetap harus memerhatikan cocok atau tidaknya produk yang kamu gunakan pada kulitmu. Untuk mencari obat jerawat yang tepat, kamu tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat beralih dari satu produk ke produk lainnya.

3. Jangan lupa untuk menggunakan toner usai mencuci wajah

medispamontroyal.com

pH air yang kita gunakan, terkadang tak cocok pada kulit berjerawat dan ditambah dengan kebersihan air yang sangat minim. Untuk itu, kulit berjerawat sangat membutuhkan toner pada rangkaian perawatannya.Toner memiliki fungsi untuk dapat menyeimbangkan pH wajah dan memastikan kulit wajah lebih bersih.

4. Pakai sunscreen sebelum menjalani aktivitas di luar ruangan

puraorganics.com

Jangan lupakan bagian yang satu ini sebagai salah satu cara merawat kulit yang berjerawat. Penggunaan sunscreen sangat dianjurkan agar terhindar dari bekas jerawat yang menghitam dan kulit yang meradang. Pilih produk sunscreen dengan tekstur yang mudah menyerap agar tak menutupi pori-pori wajahmu.

5. Rajin melakukan eksfoliasi wajah

womenshealthmag.com

Salah satu cara merawat kulit yang berjerawat ialah dengan melakukan eksfoliasi wajah. Penting sekali lho melakukan hal yang satu ini untuk mengangkat penumpukan kulit mati penyebab jerawat meradang. Bagi kulit wajah yang berjerawat, pilih produk eksfoliasi dengan jenis chemical agar bahan lebih bekerja maksimal di kulit yang bermasalah. 

6. Banyak minum air putih

carilionclinicliving.com

Bagi pemilik kulit berjerawat, jangan pernah lupakan bagian perawatan yang satu ini. Karena dengan meminum banyak air putih, tubuhmu otomatis akan mengeluarkan racun, sirkulasi darah lancar, dan tentunya dapat menjaga kulit wajah agar tetap bersih.

7. Jangan lupa untuk rajin berolahraga

GoodFon.com

Nggak hanya baik untuk tubuh, berolahraga juga sangat baik untuk merawat kulit yang berjerawat. Dengan mengeluarkan keringat, otomatis sisa minyak dan kotoran akan keluar melalui pori-pori wajahmu sehingga kulit wajahmu tampak lebih mulus.

Jadi itu dia 7 cara merawat kulit berjerawat yang wajib kamu lakukan agar kulitmu terawat dengan benar. Agar hasilnya lebih maksimal, jangan lupa juga untuk menjaga gaya hidupmu ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin