Siapa sih yang nggak risih dengan kehadiran jerawat pada wajah? Pastinya setiap perempuan merasa sangat terganggu dengan jerawat. Untuk itu berbagai cara pasti dilakukan untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. 

Hal paling sering dilakukan ialah langsung mencoba berbagai obat jerawat yang djiual bebas. Padahal kandungan kimia yang terdapat pada obat jerawat belum tentu baik untuk kulitmu lho. 

Untuk itulah, kamu perlu mencoba menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami pilihan yang sudah dipercaya sejak dulu. Mau tahu apa saja bahannya? Yuk baca terus ya!

1. Cuka apel

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami entrepo.co

Sempat menjadi viral, penggunaan cuka apel memang dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Karena cuka apel memiliki kandungan asam organik yang sudah terbukti kehebatannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu dapat menggunakan cuka apel sehabis mencuci wajah sebagai toner alami.

2. Madu dan kayu manis

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami foodsforbetterhealth.com

Madu dan kayu manis merupakan perpaduan bahan alami yang sangat sempurna dalam mengatasi jerawat. Kandungan antibakteri dan antioksidannya mampu menghilangkan jerawat dengan maksimal. 

Cara penggunaannya, campurkan kedua bahan tersebut dengan porsi secukupnya saja, kemudian baurkan pada kulit wajah, tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Lidah buaya

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ayurvedam.me

Gel lidah buaya yang kaya akan manfaat ini tak hanya dapat mengatasi masalah kulit terbakar, tetapi juga dapat mengatasi ruam pada kulit dan masalah kulit lainnya seperti jerawat. Selain itu, kandungan yang terdapat pada lidah buaya juga dapat mengobati segala macam luka termasuk luka jerawat. Cukup gunakan gel lidah buaya sebagai moisturizer alami.

4. Tea tree oil

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami indiamart.com

Minyak yang berasal dari esktrak daun Melaleuca alternifolia ini sangat terkenal dengan kemampuannya dalam melawan bakteri dan peradangan pada kulit. Oleskan tea tree oil pada bagian yang berjerawat saja karena tea tree oil dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kering.

5. Bawang putih

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ndtv.com

Cara menghilangkan jerawat secara alami lainnya dapat kamu lakukan dengan bahan yang satu ini. Bawang putih dikenal dengan kandungan organosulfur-nya yang bekerja sebagai anti-inflamasi yang membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Nah, kalau bahan alami yang satu ini sebaiknya cukup untuk dikonsumsi saja ya sehingga pengobatannya dari dalam. Karena banyak yang tak menganjurkan bawang putih digunakan langsung pada jerawat karena akan membuat kulit menjadi perih.

6. Teh hijau

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami justchangeindia.com

Walau belum ada penelitian yang mengklaim bahwa teh hijau dapat menjadi obat jerawat alami, tetapi banyak pengguna teh hijau yang sudah membuktikan khasiatnya yaitu dapat mengatasi peradangan dan melawan bakteri. 

Hal tersebut terjadi karena teh hijau diperkaya dengan kandungan flavonoid dan tanin. Gunakan teh hijau dengan menjadikannya toner atau semprotkan ke wajah sebagai face spray.

7. Minyak kelapa

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ubudbotany.com

Ternyata, minyak kelapa juga dapat bekerja ekstra dalam menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Karena minyak kelapa mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat mengatasi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Untuk itu, coba oleskan minyak kelapa pada bagian kulitmu yang sedang meradang setiap 2 kali seminggu.

Jadi, itu dia 7 cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang bisa kamu coba di rumah. Pilih bahan alami yang menjadi favoritmu agar dapat maksimal saat dalam proses pengobatan. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: Jangan Dipencet! Ini 4 Cara untuk Menghilangkan Jerawat Batu