Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Pasir

Pernah mengalami?

Vidya Nathania

Hampir setiap orang pasti pernah bermasalah dengan masalah kulit yang paling mengganggu yakni jerawat. Selain dapat membuat tak nyaman, jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Jerawat memiliki banyak jenis, salah satunya ialah jerawat pasir. Jenis jerawat yang satu ini sangatlah tak asing dan dialami hampir setiap orang. Jerawat pasir biasanya berbentuk kecil. berjumlah banyak, dan biasanya berisi nanah berwarna putih.

Hmm namun, seperti apa sih ciri-cirinya dan cara menghilangkannya? Tenang saja Bela, di artikel kali ini Popbela akan membahas tentang cara menghilangkan jerawat pasir!

 

Apa itu jerawat pasir?

bustle.com

Jerawat pasir atau yang biasa dikenal dengan nama bruntusan ialah jenis jerawat yang berukuran paling kecil diantara semua jenis jerawat dan biasanya akan muncul di kulit wajah secara bersamaan sehingga kehadirannya sangatlah mengganggu. Jenis jerawat yang satu ini pun biasanya muncul pada bagian wajah yang paling berminyak seperti hidung, T-zone, dahi, atau dagu. 

Ciri-ciri jerawat pasir

flo.health

Selain bentuknya yang kecil seperti pasir, ciri-ciri dari jerawat pasir ialah menimbulkan rasa gatal yang berlebih sehingga kulit benar-benar terasa tak nyaman. Biasanya muncul dalam jumlah yang banyak, jerawat pasir pun dapat menyebabkan peradangan pada kulit yang membuat kulit wajah tampak kemerahan.

Penyebab jerawat pasir

veganfoodandliving.com

Penyebab munculnya jerawat pasir pun cukup beragam lho, faktor utama penyebabnya ialah kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih pada kulit sehingga dapat menyumbat pori-pori dan timbulnya komedo pada kulit wajah yang kemudian membentuk jerawat pasir. Selain faktor tersebut, jerawat pasir juga disebabkan oleh ketidakcocokkan dengan kandungan skincare yang sedang digunakan.

Cara menghilangkan jerawat pasir

allure.com

Sebelum kamu melakukan cara menghilangkan jerawat pasir, tentunya kamu harus mengerti terlebih dahulu penyebab jerawat pasir yang terjadi pada dirimu. Berikut cara menghilangkan jerawat pasir:

  • Perhatikan kandungan skincare atau makeup yang sedang kamu gunakan
  • Berhenti menyentuh kulit wajah terus menerus
  • Jangan lupa untuk menjaga kelembapan kulit wajah
  • Gunakan produk yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih
  • Lakukan masker wajah menggunakan bahan alami
  • Rajin melakukan eksfoliasi kulit

Itulah ciri-ciri, penyebab dan cara menghilangkan jerawat pasir dengan mudah. Semoga artikelnya bermanfaat ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin