Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan, Nggak Nyangka Bikin Awet Muda

Cukup dikompres saja

Syarifah Noer Aulia

Kesegaran dan dinginnya es batu ternyata tak hanya cocok disandingkan dengan sirup melainkan dengan kulit wajah. Khasiat es batu terhadap peremajaan kulit memang telah diketahui sejak lama, namun banyak orang yang masih menganggap itu sebagai mitos. Padahal dalam sejarah pengobatan tradisional Tiongkok, es batu telah dijadikan sebagai perawatan wajah dan terapi kesehatan.  

Berikut ini fakta-fakta es batu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk membantu wajah tampak awet muda. 

1. Mencerahkan kulit

Freepik.com

Wajah yang yang bersih merupakan awal dari kulit yang sehat. Kamu bisa memijat area wajah dengan es batu. Hal ini berguna untuk memperlancar sirkulasi darah ke seluruh kulit wajah. Bahkan, metode ini dikenal dengan istilah facial ice cube dan telah populer di Korea Selatan. 

2. Mengatasi jerawat

Freepik.com

Bosan dan capek banget mengatasi jerawat membandel dengan berbagai macam obat kimia. Kamu bisa menggunakan es batu untuk membantu mengobati dan melindungi kulit dari tumbuhnya jerawat. Siapkan es batu dan handuk kecil, kemudian kompreskan pada area kulit wajah yang terdapat jerawat. Lakukan secara rutin maka jerawat akan mengempis. 

3. Meminimalkan kerutan wajah

Freepik.com

Kerutan menjadi permasalahan yang banyak dialami ketika memasuki usia matang. Oleh sebab itu, oleskan es batu di seluruh ulit wajah seminggu 2 kali untuk meminimalisir kerutan. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan kulit kusam akibat pigmenentasi kulit.

4. Menyamarkan lingkaran mata hitam

Freepik.com

Begadang jadi kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan. Aktivitas tinggi kerap jadi alasan. Akibatnya lingkaran mata tampak kehitaman mirip mata panda. Untuk mengatasinya, kamu cukup memutar es batu di sekeliling area mata. Suhu dingin mampu membuat otot dan jaringan kulit rileks.  

5. Menenangkan kulit akibat terpapar sinar matahari

Freepik.com

Tinggal di negara tropis membuat kulit rentan mengalami sunburn, seperti ruam dan terbakar. Kondisi ini akan membuat kulit memerah disertai perih. Kamu bisa mengandalkan es batu untuk pengobatan sederhana. Kompres area kulit yang terbakar dengan es batu untuk meredakan iritasi atau peradangan kulit.  

Itulah manfaat es batu pada kulit wajah. Meski begitu, jangan terlalu sering menggunakan es batu pada wajah ya, karena bisa memicu kulit kering, pecah-pecah dan peradangan. 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin