Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Disangka, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Jerawat

Mana nih yang masih sering kamu lakukan?

Shavira Annisa Putri

Tidak ada habisnya ya membahas salah satu kondisi kulit yang satu ini. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga sebagai tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Jika kamu sudah mencoba berbagai macam jenis perawatan dan skincare tetapi jerawat tetap hadir di wajah, mungkin tujuh kebisaan yang masih sering kamu lakukan ini adalah penyebabnya. Apa saja?

1. Tidak melakukan double cleansing

thelist.com

Bela, double cleansing ini tidak sekedar menjadi tren saja lho. Di akhir aktivitas, pastikan kamu membersihkan wajah minimal sebanyak 2 kali. Gunakan cleansing oil atau cleansing balm untuk melunturkan riasan lalu dilanjutkan dengan mencuci muka kamu menggunakan cleansing soap. Untuk memastikan bahwa riasan kamu sudah bersih secara menyeluruh, gunakan micellar water untuk memastikan bahwa kulit wajah kamu sudah bersih maksimal

2. Tidak mengaplikasikan sunscreen

health.com

Banyak yang bilang bahwa menggunakan sunscreen dapat memicu timbulnya jerawat. Tetapi ternyata tidak benar lho, Bela! Rutin menggunakan sunscreen ketika memulai aktivitas dapat mencegah jerawat muncul di wajah kamu. Gunakan sunscreen yang diperuntukan untuk kulit mudah berjerawat atau kulit sensitif. 

3. Sering menyentuh wajah

lashlovebb.com

Ketika menyentuh kulit wajah, kamu tidak tahu bakteri apa yang menempel pada tangan. Dengan begitu, bakteri dengan mudah menyebar ke kulit wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat baru. Oleh karena itu, ketika ingin menyentuh kulit wajah pastikan tangan kamu sudah dibersihkan terlebih dahulu. Dan ketika timbul jerawat, jangan menyentuh jerawat tersebut. Karena, jika sering kamu sentuh akan menyebabkan noda hitam yang sulit untuk dihilangkan. 

4. Kurang mengonsumsi air putih

natural-health-journals.com

Pastikan untuk minum air putih sebanyak minimal 2 liter perhari agar kulit kamu tidak kering dan lebih lembap. Dengan banyak minum air putih, tubuh kamu akan lebih mudah mengeluarkan racun melalui urin. Selain terbebas dari jerawat, tubuh kamu juga akan lebih sehat dan terhindar dari dehidrasi. Jangan lupa untuk selalu membawa tumbler kamu ya, Bela!

5. Menggosok terlalu keras ketika mencuci muka

allure.com

Bukan berarti jika kamu menggosok muka kamu dengan keras, wajah menjadi bersih. Justru, jika kebiasaan ini masih kamu lakukan, jerawat akan lebih mudah muncul dan kulit akan menjadi lebih kering. Bersihkan wajah secara perlahan dan lembut, lalukan beberapa kali sampai kamu yakin bahwa kulit wajah sudah bersih.

6. Mengonsumsi makanan dengan gizi yang tidak seimbang

foodrevolution.org

Tidak hanya perawatan dari luar, tetapi kamu juga harus menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Beberapa makanan justru memicu munculnya jerawat. Contohnya seperti telur, junkfood, gorengan, dan lain sebagainya. Jadi mulai saat ini, konsumsi makanan yang sehat dan seimbang ya!

7. Mengeringkan wajah dengan handuk yang kotor

robemart.com

Sama dengan tangan, handuk juga menyimpan berbagai macam bakteri. Dengan menggunakan handuk yang kotor, bakteri bisa berpindah ke kulit wajah kamu. Setelah membersihkan wajah, gunakan tisu kering atau handuk bersih untuk mengeringkan kulit wajah.

IDN Media Channels

Latest from Skin