Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif 

Be gentle to your skin, Bela!

Shavira Annisa Putri

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat. Tetapi umumnya cara-cara tersebut membuat kulit terasa lebih kering dan memicu timbulnya permasalahan kulit lainnya, jadi nggak cocok diaplikasikan ke kulit yang cenderung sensitif. Hmm, terus gimana, dong? 

Nggak perlu panik atau resah kok, karena Popbela punya lima cara mengatasi jerawat pada kulit kering dan sensitif. Jadi aman banget, deh! Kira-kira apa aja ya caranya? Simak baik-baik!

1. Gunakan face wash yang lembut

Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif/Freepik.com

Kulit kesat dan terasa ketarik bukan menjadi patokan bersih apa tidaknya wajah kamu setelah mencuci muka. Ada baiknya pilih sabun wajah yang bebas dari kandungan sabun dan sodium lauryl sulfate (SLS) karena lebih aman untuk kulit yang sensitif dan kering. Dalam sehari kamu cukup dua kali mencui wajah agar skin barrier tak mudah rusak. 

2. Hindari menggunakan produk eksfoliasi

Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif/Freepik.com

Pasti sudah pada tak asing lagi deh kalau kulit kita butuh eksfoliasi agar sel-sel kulit mati tidak menumpuk. Tetapi untuk mengatasi jerawat pada kulit kering dan sensitif sebaiknya hindari, ya, karena dapat memicu terjadinya iritasi dan membuat kulit kering.

3. Pilih pelembap yang tidak menyumbat pori-pori

Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif/Freepik.com

Menggunakan pelembap sudah menjadi kewajiban bagi kamu pemilik kulit kering. Namun ketika kondisi terlalu lembap, maka dapat memicu terjadinya penyumbatan pori-pori yang bisa menjadi penyebab jerawat. Nah, untuk itu kamu bisa memilih pelembap yang oil free dan non-comedogenic, jadi kulitmu tetap lembap dan bebas jerawat. 

4. Gunakan obat jerawat yang nggak bikin kulit kering

Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif/Freepik.com

Umumnya obat jerawat akan membuat kulitmu kering. Agar hal ini tidak terjadi kamu bisa mencoba menggunakan obat jerawat dengan kandungan benzoil peroksida berdosis rendah. Jika diaplikasikan secara tipis-tipis, jerawat akan cepat kering namun kulit tetap terasa lembap. 

5. Back to basic skincare

Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif/Freepik.com

Yes, menggunakan banyak skincare tidak menjamin kondisi kulit membaik, lho. Pastikan kamu meminimalisir penggunaan produk dan back to basic skin care yang terdiri dari cleanser, toner, moisturizer, dan protection. Penting banget untuk mendengar dan mengetahui apa yang dibutuhkan kulitmu. 

So, itu dia lima cara mengatasi jerawat pada kulit kering dan sensitif. Jangan lupa untuk dicoba dan semoga membantu, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Skin