Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Makanan Ini Dapat Membantu Produksi Kolagen dalam Tubuh

Baik untuk kulit, rambut, dan sendi lho!

Popbela.com

Jika berbicara mengenai kecantikan dan kesehatan kulit, kolagen hampir tidak pernah lepas dari topik diskusi. Dikutip dari Byrdie, seorang ahli diet senior di UCLA Medical Center, Dana Hunnes, Ph.D., MPH, RD, menjelaskan bahwa kolagen adalah salah satu komponen utama yang membentuk kulit kita. Elastisitas atau kemampuan kulit untuk kembali kencang dan terlihat muda sebagian terkait dengan kandungan kolagen pada kulit. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tidak akan meningkatkan kadar kolagen pada kulit, karena kolagen akan langsung dipecah menjadi protein atau asam amino dasar, yang membentuk otot. Kalau kamu ingin meningkatkan kolagen, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dapat digunakan tubuh untuk memproduksi kolagen, seperti makanan yang tinggi kandungan vitamin A, vitamin E atau zinc. Jadi, apa saja yang bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh memproduksi kolagen? Simak artikel berikut ini, Bela!

1. Jeruk

Salah satu kandungan tertinggi pada jeruk adalah vitamin C. Buah-buahan seperti grapefruit, lemon, dan jeruk sangat terkenal karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C merupakan komponen kunci bagi tubuh untuk mensintesis kolagen.

2. Ikan

Ikan baik dikonsumsi bagi kesehatan dan pertumbuhan otak. Khususnya ikan salmon yang memiliki kandungan zat zinc yang cukup tinggi, dapat membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit.

3. Paprika Kuning

Dapatkan lebih banyak dorongan untuk meningkatkan Kolagen dengan mengonsumsi paprika kuning. Vitamin A dan Vitamin C yang terkandung pada paprika kuning merupakan pilihan yang tepat.  

4. Edamame

Ganti camilanmu yang biasanya tinggi gula, dengan camilan sehat yang berkhasiat bagi kesehatanmu, seperti edamame. Kelompok kacang-kacangan ini mengandung zinc yang juga tinggi, seperti ikan.

5. Ayam

Lauk yang biasa kita makan sehari-hari ini ternyata bisa mempercepat produksi kolagen. Ayam kaya akan asam animo non-esensial tertentu yang dapat digunakan tubuh untuk meningkatkan jumlah kolagen yang dihasilkannya.

6. Labu

Labu dapat dikonsumsi berupa sayur dan buah. Keduanya memiliki kebaikan yang hampir sama. Kandungan Vitamin A pada labu sama seperti kandungan vitamin A pada makanan lainnya yang bagus untuk mempercepat produksi kolagen.

7. Stroberi

Kandungan vitamin C yang tinggi pada stroberi, membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen dan berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas.  

8. Ubi

Warna oranye pada ubi berasal dari tingginya kadar beta-karoten alias vitamin A. salah satu peran penting vitamin A bagi kesehatan kulit adalah membentuk kolagen dalam tubuh. 

9. Daging

Sama seperti ayam, daging mengandung asam amino non-esensial yang membantu produksi kolagen. Kamu bisa mengolah daging sesuai selera.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu produksi kolagen. Makanannya enak-enak dan sehat pula!

Penulis: Filza Intan Mariezka

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin