Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Asal! Ini 4 Urutan Mandi yang Benar, Sudah Begini? 

Hayo, siapa yang baru tahu?

Asri Muspita Sari

Seperti makan dan tidur, mandi adalah rutinitas yang biasa kita lakukan setiap hari. Nggak hanya asal menggosokkan sabun ke badan dan membilasnya, ternyata mandi juga ada urutannya lho Bela.

Sayangnya, masih banyak orang yang nggak aware tentang hal ini. Padahal, mandi itu harus dilakukan dengan tepat supaya tubuh kita bersih dari kotoran, bakteri, dan kuman sehingga menyehatkan.

Pertanyaannya, apakah urutan mandi yang kamu lakukan selama ini sudah benar, Bela? Apakah kamu yakin gak ada step mandi yang terlewat? Nah kalau kamu masih ragu, ada baiknya untuk simak artikel dari Popbela berikut ini yuk!

Simak sampai habis dan pastikan jangan sampai ada yang ke-skip ya, Bela. Soalnya ada informasi penting dan rekomendasi produk dari Popbela yang bakal membuat kulitmu terlihat lebih sehat, cerah, dan lembap di akhir artikel. Penasaran? Keep reading, Bela!

1. Keramas menggunakan sampo dan kondisioner

Shutterstock/TORWAISTUDIO

Udah pasti step pertama yang harus kamu lakukan saat mandi adalah membasahi seluruh tubuh dengan air. Ingat, selalu bersihkan bagian tubuh dari bagian paling atas ya, Bela. So, kamu bisa memulainya dengan keramas terlebih dahulu.

Tuanglah sampo secukupnya dan usapkan ke telapak tangan hingga berbusa. Aplikasikan sampo pada rambut, dimulai dari kulit kepala sampai ujung rambut. Jangan lupa sambil dipijat secara perlahan, baru kemudian dibilas.

Oh iya, supaya rambutmu semakin halus, lembut, dan sehat, nggak ada salahnya lho Bela untuk mengaplikasikan kondisioner pada permukaan rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas. Pastikan nggak ada residu sampo dan kondisioner ketika kamu selesai keramas ya.

2. Bersihkan tubuh dengan sabun

Shutterstock/TORWAISTUDIO

Langkah selanjutnya, kamu bisa menyabuni seluruh badan menggunakan sabun mandi. Di sini, kamu bisa pakai sabun cair atau yang batangan ya, Bela. Pokoknya sesuaikan saja dengan jenis kulitmu. Biar tubuhmu bersih maksimal, kamu pun dapat menggunakan penggosok badan seperti shower puff atau loofah

Aplikasikan sabun ke seluruh tubuh dan gosok mulai dari bagian leher, bahu, hingga kaki. Jangan lupakan bagian lengan dan punggung. Last but not least yang juga nggak boleh kamu skip, yaitu bagian area genital, belakang telinga, tengkuk, dan sela-sela jari kaki. Setelah itu, bilas tubuh dengan air untuk menghilangkan busa dan kotoran yang menempel pada tubuh.

3. Gosok gigi dan cuci wajah

Shutterstock/aslysun

Seusai keramas dan membersihkan badan, sekarang saatnya membersihkan bagian mulut. Bersihkan gigi menggunakan sikat dan pasta gigi dengan gerakan melingkar berlawanan jarum jam. Setelah itu, berkumurlah supaya sisa-sisa pasta gigi hilang. Lengkapi step ini dengan berkumur dengan obat kumur antiseptik.

Bela bisa mengakhiri kegiatan mandi ini dengan mencuci wajah. Yap, step ini memang disarankan untuk dilakukan paling terakhir agar dapat membersihkan sisa-sisa dari sabun, sampo, atau pasta gigi yang sekiranya masih menempel di wajah.

Okay Bela, let’s move on to the next step!

4. Keringkan tubuh dan aplikasikan body lotion

Shutterstock/PBXStudio

Keringkan tubuh dengan handuk dengan gerakan lembut. Mulai dari bagian rambut, wajah, dada, perut, pinggul, kaki, hingga area genital. Ritual mandi memang sudah selesai. Tapi jangan sekali-sekali skip untuk pakai body lotion ya, Bela! 

Kamu bisa langsung mengaplikasikan body lotion setelah mandi agar kulitmu tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Bicara soal body lotion, ada sebuah produk yang mau Popbela rekomendasikan untuk kamu pakai nih, yaitu Vaseline UV Extra Brightening.

Vaseline UV Extra Brightening mengandung Niacinamide (Vitamin B3) alami yang dapat membantu kulitmu tampak lebih cerah. Ada pula kandungan triple sunscreen untuk mencegah terjadinya penggelapan dan kerusakan kulit lebih lanjut. Sementara kandungan Petroleum Jelly dapat membuat kulitmu lembap sepanjang hari.

Dok. Vaseline

Cara pakainya juga gampang banget kok, Bela. Kamu hanya perlu tuangkan body lotion ke telapak tangan secukupnya. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kulit tubuh 2-3 menit setelah mandi. Tenang, Vaseline UV Extra Brightening punya formula yang cepat meresap tanpa meninggalkan rasa lengket.

Jadi buat yang nggak suka body lotion yang terlalu heavy, Vaseline UV Extra Brightening cocok banget deh untuk kamu pakai. Sampai sini paham ‘kan, Bela? Oh iya, jangan lupa gunakan body lotion ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk kamu yang tertarik mau coba Vaseline UV Extra Brightening, produk ini tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 100ml, 200ml, dan 400ml. Seluruhnya bisa kamu dapatkan di toko offline terdekat atau di e-commerce ya.

Gimana Bela, sekarang sudah tahu ‘kan bagaimana urutan mandi yang benar? Kamu juga jadi tahu kapan waktu terbaik dan manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau rutin pakai body lotion.

So, kalau kamu memang ingin mendapatkan kulit yang bersih dan sehat, nggak ada salahnya kok mencoba langkah-langkah di atas. Semoga artikel dari Popbela kali ini bermanfaat dan bisa langsung kamu praktikkan ya, Bela! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Skin