Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Alasan Kamu Nggak Boleh Sharing Makeup dengan Orang Lain

Bahaya berbagi makeup dengan orang lain!

Roselinda

Pernah nggak sih kamu lupa membawa makeup lalu berinisiatif untuk meminjam makeup teman atau saudara? Berbagi makeup memang bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan, terutama dalam kondisi darurat. Namun tahukah kamu bahwa kebiasaan berbagi makeup dengan orang lain ternyata membawa dampak buruk?

Ya, sharing makeup ternyata bisa berakibat fatal pada kondisi kesehatan. Wajah yang semula mulus tiba-tiba bisa jadi jerawatan setelah kamu meminjak bedak temanmu. Uh! Tentu kamu nggak ingin mengalami hal seperti ini, kan?

Yuk, ketahui alasan kamu nggak boleh sharing makeup dengan orang lain. Ada banyak dampak buruk mengintai dirimu jika kamu tetap mempertahankan kebiasaan sharing makeup ini.

1. Bakteri pada aplikator maskara

harpersbazaar.com

Aplikator maskara bisa menjadi sarang bakteri, lho. Kalau kamu terpaksa meminjam maskara milik temanmu, usahakan untuk memakai aplikatormu sendiri. Makeup untuk bagian mata sangat rentan dengan bakteri. Kebiasan sharing makeup mata, terutama maskara, bisa meningkatkan risiko iritasi mata.

2. Bahaya virus yang berpindah dari lipstik

deseret.com

Lipstik adalah jenis kosmetik yang paling sering dipinjam. Mau lipstik jenis apapun, sebaiknya kamu nggak berbagi kosmetik ini dengan orang lain. Berbagi lipstik hanya meningkatkan risiko perpindahan virus. Adapun virus yang biasa ‘berpindah’ dari lipstik adalah flu sampai dengan herpes.

3. Jerawatan karena berbagi bedak

popsugar.com

Selain lipstik, bedak juga menjadi salah satu kosmetik yang sering dipinjam. Si peminjam nggak akan tahu bahwa pemiliknya ini selalu menjaga kebersihan spons bedaknya atau tidak. Spons bedak yang sering dipakai sebaiknya dicuci dengan sabun secara rutin. Apabila spons tersebut nggak pernah dicuci, maka spons bedak bisa menjadi sarang bakteri.

Nah, salah satu bakteri yang biasa mendiami spons bedak adalah bakteri penyebab jerawat. Nggak usah heran jika tiba-tiba kamu jadi jerawatan setelah meminjam spons bedak temanmu. Kemungkinan besar temanmu tersebut memang sedang jerawatan atau tidak pernah mencuci spons bedaknya.

4. Infeksi mata karena eyeshadow

femina.in

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, riasan area mata seharusnya tidak untuk di-sharing dengan orang lain. Mata adalah bagian wajah yang sangat sensitif dan rentan terinfeksi bakteri. Selain maskara, eyeshadow juga tidak untuk dipinjami ke orang lain.

Risiko berbagai eyeshadow adalah infeksi mata. Alih-alih mata menjadi cantik setelah memakai eyeshadow milik orang lain, yang ada justru mata bisa menjadi merah atau bengkak karena terinfeksi bakteri.

5. Bahaya virus dan bakteri karena alat cukur

goodhousekeeping.com

Yang satu ini juga nggak kalah bahaya dengan kosmetik lain. Ya, apalagi jika bukan alat cukur. Baik itu alat cukur alis atau bulu, keduanya sama-sama tidak layak untuk di-sharing. Pasalnya, alat cukur sangat berpotensi menularkan virus dan bakteri.

Coba bayangkan sejenak, alat cukur bisa menjadi sarana untuk memindahkan darah atau cairan tubuh dari pengguna sebelumnya ke pengguna berikutnya. Wah, ngeri banget, kan?

6. Berbagi minyak dan sel kulit mati lewat brush

Brush atau kuas makeup juga termasuk peralatan rias wajah yang sering dipinjam dari satu orang ke orang yang lain. Sama seperti ketika sharing spons bedak, brush juga bisa membawa minyak dan sel kulit mati dari kulit pengguna sebelumnya. Nggak banget rasanya kalau harus berbagi sel kulit mati dan minyak (sebum) bersama orang lain, kan!

Solusi terbaik untuk terhindar dari masalah-masalah ini adalah menghindari kebiasaan sharing makeup dengan orang lain. Lebih baik gunakan makeup atau alat makeup milik sendiri agar lebih aman dan terhindar dari masalah kesehatan.

IDN Media Channels

Latest from Make Up