Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal Ini Ternyata Penyebab Makeup Mudah Luntur

Sering lakukan no. 3?

Jennifer Alexis

Tampilan dengan makeup yang flawless dan selalu terlihat on point setiap saat pastinya diinginkan oleh setiap perempuan. Namun, sayangnya udara yang panas dan lembap membuat wajah jadi mudah berminyak, sehingga riasan yang diaplikasikan di pagi hari sudah terlihat kurang oke di sore bahkan siang hari.

Tapi ternyata, bukan cuma cuaca saja lho yang jadi penyebab makeup mudah luntur. Ritual makeup-mu juga bisa jadi faktor pendukung yang membuat riasan jadi luntur. Coba intip di bawah ini yuk!

1. Tidak menggunakan pelembap

lorealparisusa.com

Kunci dari makeup yang flawless adalah kulit wajah yang sehat dan lembap. Ketika kamu tidak menggunakan pelembap, maka kulit pun mejadi kering. Untuk membuatnya terhidrasi, kulit wajah pun akan memproduksi minyak lebih banyak. Inilah yang membuat makeup-mu jadi mudah luntur. Jadi, pastikan kamu selalu mengawali riasanmu dengan menggunakan pelembap yah.

2. Melewatkan penggunaan primer

millicentlambert.com

Yang satu ini nggak kalah penting. Bukan cuma untuk yang memiliki kulit berminyak, kamu yang memiliki kulit kering atau normal juga bisa menggunakannya. Primer sendiri berfungsi membuat kulit siap untuk menerima makeup, sehingga makeup menjadi lebih menempel.

3. Tidak menggunakan bedak

hk.asiatatler.com

Kamu memiliki kulit berminyak dan selalu melewatkan penggunaan bedak? Mungkin itu karena kamu tidak pernah menggunakan bedak. Bedak, selain menutupi kekurangan pada wajah, juga berfungsi untuk mengunci makeup. Pilihlah bedak tabur atau translucent powder yang lebih ringan untuk kulit wajah.

4. Menggunakan formula yang salah

pinterest.com

Banyak orang yang kurang dengan label makeup yang mereka pakai. Padahal, label ini memiliki peran penting agar makeup bisa tahan lama di wajah lho. Sebagai contoh, jika kulitmu berminyak pilih produk dengan label oil-free dan non-comedogenic, agar wajahmu tidak tambah beminyak.

5. Menggunakan terlalu banyak produk

tabatatimes.com

Demi mendapatkan tampilan wajah yang terkesan mulus tanpa noda, nggak sedikit seorang yang mengaplikasikan banyak produk seperti foundation dan concealer pada wajah. Padahal, hal ini tidak membuat wajah jadi flawless lho, justru produk yang menempel terlalu banyak pada wajah akan membuat wajah terasa berat dan mudah berminyak. Jadi cepat luntur deh. So, pastikan kamu mengaplikasikan produk secukupnya yah.

6. Terlalu sering menyentuh wajah

beautyheaven.com.au

Hayo ngaku, siapa di antara kamu yang senang memegang wajah dengan tangan? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini yah, Bela. Tak hanya bisa menyebabkan wajah jadi kotor dan rentan berjerawat, minyak dan kuman yang ada di tangan bisa pindah ke wajah sehingga menyebabkan makeup mudah luntur.

7. Menggunakan makeup yang kurang berkualitas

pinterest.com

Kualitas dari produk makeup yang kamu pakai juga jadi penentu apakah makeup akan mudah luntur atau tidak. Biasanya, makeup yang sudah terjamin kualitasnya memiliki daya tahan yang lebih baik pada wajah. Ada harga ada kualitas. Setuju, Bela?

Itu tadi penyebab makeup di wajah jadi mudah luntur. Mana yang masih sering kamu lakukan?

IDN Media Channels

Latest from Make Up