Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bahaya! Inilah Efek Ketika Kamu Terlalu Sering Menggunakan Makeup

Masih mau bergantungan?

Emillia Wardhani

Setiap perempuan pasti selalu ingin tampil cantik dan menarik setiap harinya. Makeup menjadi salah satu senjata untuk menutupi kekurangan diwajah. Tapi perlu diketahui, terlalu sering menggunakan makeup  justru bisa memberi dampak buruk bagi wajah lho. Berikut ini efek yang sering muncul sebab terlalu sering menggunakan makeup

1. Wajah menjadi berminyak

Forbes.com

Masalah pertama yang akan kamu alami adalah wajah menjadi berminyak. Ini disebabkan karena terlalu seringnya menggunakan foundation dan krim wajah yang berbahan dasar oil. Sehingga kulit kamu akan terlihat jauh lebih berminyak, pastinya sangat menggangu penampilan ya.

2. Menimbulkan infeksi kulit

NDTVfood.com

Kebersihan alat makeup juga harus di perhatikan lho. Karena itu bisa jadi tempat berkembang biak nya kuman.  Kulit kalian bisa jadi infeksi, iritasi, dan memunculkan ruam merah di wajah.

3. Merusak kulit

Rd.com

Makeup memang bisa menyamarkan jerawat dan noda hitam, tapi itu hanya efek sementara saja. Jika kamu terlalu sering menggunakannya, jerawat dan komedo kamu justru akan bertambah nih. 

4. Munculnya kerutan wajah

Belleessenceestetica.com.br

Kerutan diwajah, hal yang sangat kamu hindari kan pastinya. Tapi kalau kamu masih sering menggunakan makeup, justru kerutan itu akan muncul secara perlahan. Hal ini di sebabkan karena lapisan kulit kamu tidak dapat bernafas dan mendapatkan udara segar. Sehingga kadar elastitas kulit kamu juga menjadi berkurang karena selalu tertutup makeup. Lebih baik hati-hati ya mulai dari sekarang.

5. Infeksi mata

Pinterest.com

Khusus produk mata, kamu juga harus hati-hati nih. Karena partikel  eyeshadow sangat halus, jadi secara tidak sadar produk tersebut bisa masuk ke dalam mata kamu. Sebelum diaplikasikan ke mata, kamu bisa ketuk brush nya agar tidak fall out saat dipakai ya. Penggunaan maskara dan eyeliner juga bisa membuat infeksi mata kalau kamu tidak membersihkannya secara benar.

6. Kanker kulit

Cosmopolitan.com

Seperti yang diketahui, setiap produk makeup pasti mengandung zat kimia. Hal itu yang dapat mengumpulkan sel-sel kanker dan menjadi racun ditubuh. Ini bisa disebabkan jika kamu memakai makeup terus menerus atau dalam jangka waktu yang panjang.

7. Depresi

Psy.com

Menurut penelitian, kandungan kimia dalam makeup juga bisa mempengaruhi hormon kamu. Makanya orang yang sering mengenakan makeup rentan terkena stres. Ini juga bisa jadi alasan karena muncul masalah lain yang ditimbulkan makeup seperti flek hitam, kulit kusam, dll.

Itu tadi beberapa efek yang mungkin terjadi jika kamu terlalu sering menggunakan makeup. Salah satu tips dari Popbela, jangan lupa, setelah memakai makeup seharian, langsung dibersihkan dengan maksimal ya. Sesekali membiarkan wajahmu bernapas tanpa makeup juga nggak ada salahnya lho!

IDN Media Channels

Latest from Make Up