Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Maksimal, Ini Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Workout

Jangan sampai terlewat ya!

Vidya Nathania

Sangat mudah untuk dilakukan dimana saja, workout sangat diminati banyak orang. Dengan gerakan yang ringan dan mudah dilakukan, workout dipilih menjadi olahraga pilihan. Namun, agar kegiatan workout-mu tidak sia-sia, ada beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan sebeum dan sesudah melakukannya. Walaupun beberapa hal tersebut cukup sederhana, namun ternyata memiliki pengaruh yang besar dalam progress dan hasil workout-mu lho. Apa saja ya? Keep scrolling!

Sebelum Workout

1. Persiapkan tubuh dengan kualitas tidur yang baik

dialdish.com

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk mempersiapkan energi untuk workout. Waktu tidur terbaik yang disarankan 7 sampai 8 jam. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat mengontrol tubuh agar tidak mudah lapar. Untuk kamu yang susah tidur, hindari barang elektronik di sekitarmu agar tidurmu nyenyak.

2. Jangan lupa untuk menghidrasi tubuh sebelum workout

BT.com

Seperti mengisi bahan bakar pada kendaraan, begitu juga asupan air yang sangat dibutuhkan pada tubuh sebelum melakukan workout. Tentunya tubuhmu butuh air yang cukup sebelum berkeringat saat workout.

3. Lakukan pemanasan dengan pakaian yang nyaman

businessinsider.sg

Agar terhindar dari kesalahan saat melakukan workout, pemanasan adalah hal wajib yang harus dilakukan. Meregangkan otot-otot yang tegang dan tentunya memudahkanmu untuk melakukan gerakan demi gerakan. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang nyaman saat workout agar leluasa saat bergerak.

Sesudah Workout

1. Lakukan strecthing agar lebih segar

fascialfitness.net

Setelah usai melakukan workout, tentunya tubuh akan kehabisan energi. Agar tubuhmu tidak terlalu letih, lakukan gerakan stretching untuk mendinginkan tubuh, cukup selama 15 menit sjaa.

2. Konsumsi makanan yang bernutrisi

purelyinspired.com

Tak hanya lelah, setelah melakukan workout, tubuh juga membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Namun, jangan sembarangan makan ya Bela. Pasalnya, makan sembarangan hanya akan menghancurkan workout yang sudah dilakukan. Perhatikan makanan yang akan kamu konsumsi, dari mulai nutrisi yang terkandung hingga manfaatnya.

3. Dinginkan tubuh dengan cara mandi menggunakan air dingin

independent.co

Saat workout, tubuh akan menjadi overheated dan tentunya kamu harus mengembalikan suhu tubuhmu dengan mandi menggunakan air dingin. Selain membuat tubuh terasa lebih segar, secara mental tubuhmu akan merasa lebih nyaman.

Semoga dengan tips yang sudah dibagikan akan membantumu untuk mendapatkan hasil workout yang maksimal.

IDN Media Channels

Latest from Health