Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenali 7 Penyebab Depresi 

Wajib tahu ya!

Vidya Nathania

Beberapa penelitian mengatakan bahwa banyak sekali orang di dunia ini yang mudah mengalami depresi. Depresi adalah kondisi seseorang di mana perasaan negatif yang menyerang sangat memengaruhi pikiran, tindakan, perasaan, hingga mental yang terganggu. Saat seseorang sedang mengalami depresi, tentulah orang sekitarnya harus sangat peka terhadap hal tersebut agar dapat segera menangani depresi tersebut. 

Namun, untuk dapat mengatasinya, tentu kamu juga harus mengenal penyebab depresi terlebih dahulu. Apa saja itu? Simak artikelnya sampai habis ya Bela!

1. Gen

elitedaily.com

Percaya atau tidak, sebagai salah satu penyebab depresi yang kerap terjadi ialah karena faktor genetik. Jika di keluargamu banyak yang mengalami depresi, tentu hal tersebut bisa terjadi juga padamu atau saudaramu.

2. Hormon

medlife.com

Selain gen, penyebab depresi lainnya ialah disebabkan oleh hormon dan perempuanlah yang paling sering mengalami depresi. Karena perempuan mengalami mesntruasi, kehamilan, dan melahirkan, sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan depresi.

3. Pola makan yang kurang teratur

test.seven-health.com

Selain hal-hal internal, ternyata pola makan yang kurang teratur juga dapat menjadi salah satu penyebab depresi yang dapat terjadi pada semua orang. Hal tersebut terjadi dikarenakan tubuh yang kurang akan asupan vitamin sehingga dapat memicu depresi.

4. Memendam emosi

jordangrayconsulting.com

Terkadang, ada pentingnya untuk berani mengungkapkan segala sesuatu yang sedang kita rasakan. Karena memendam emosi hanya akan memicu rasa depresi. Salah satu penyebab depresi yang satu ini sering terjadi pada semua. Maka itu, ada baiknya untuk mengekspresikan emosi yang ada pada dirimu dan carilah teman untuk dapat menjadi teman ceritamu.

5. Trauma

womensbrainhealth.org

Trauma dengan sesuatu di masa lalu seperti pernah melihat orangtua bertengkar, mendapat pelecehan seksual, dan kejadian lainnya yang dapat menyebabkan trauma juga menjadi salah satu penyebab depresi yang dapat terjadi pada semua orang. Untuk mengatasinya, kamu butuh konseling dengan orang yang kamu percayai.

6. Mengidap penyakit

everydayhealth.com

Tak dapat dipungkiri, saat seseorang mengidap suatu penyakit, maka hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi stres dan berlanjut menjadi penyebab depresi yang malah membuat tubuh menjadi kurang bugar.

7. Keadaan sekitar

medicalnewstoday.com

Penyebab depresi terakhir yang kerap kali terjadi ialah karena keadaan sekitar seperti sedang banyak kerjaan, dimarahi oleh orang sekitar, hingga mendapat masalah-masalah yang cukup berat.

Ketujuh penyebab depresi ini dapat menyerang siapa saja dan untuk berjaga-jaga, kamu pun juga harus menjaga kesehatan mental dan spiritual agar rasa depresi tidak menyerangmu. 

IDN Media Channels

Latest from Health