Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Mudah untuk Dilakukan

Tetap sehat di saat hamil!

Vidya Nathania

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tak hanya berlaku untuk sebagian orang saja, pasalnya seseorang yang sedang hamil pun wajib untuk melakukan olahraga. Hal tersebut sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu serta bayi di dalam kandungannya. 

Maka itu, buat kamu yang sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya lakukan olahraga untuk ibu hamil yang aman dan dapat dilakukan dengan mudah. Kira-kira olahraga seperti apa saja yang dapat dilakukan untuk ibu hamil tersebut? Yuk simak terus artikelnya ya Bela!

1. Berjalan ringan

youaremom.com

Olahraga untuk ibu hamil yang paling mudah untuk dilakukan ialah berjalan ringan. Selain minim resiko, berjalan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lakukan hal yang satu ini secara rutin dan jangan lupa menggunakan sepatu yang nyaman agar memudahkanmu saat berjalan.

2. Bersepeda

bicycling.com

Selain berjalan ringan, bersepeda pun kerap disebut sebagai olahraga untuk ibu hamil yang aman untuk dilakukan. Bersepeda dapat memperkuat kaki serta rahim perempuan. Selain itu, bersepeda memang cukup mengasikan sehingga dapat mengurangi rasa stres yang dihadapi ibu hamil. Jika kamu tak ingin bersepeda di luar ruangan, kamu juga bisa bersepeda dengan menggunakan alat yang berada di tempat gym.

3. Yoga

lauras-corner.com

Kalau jenis olahraga untuk ibu hamil yang satu ini tentunya sudah tak asing bukan? Yoga memang terbukti sangat ampuh dalam mengatasi tekanan serta rasa stres yang dihadapi. Setiap gerakannya pun dipilih untuk menguatkan janin yang ada di kandungan. Yoga juga termasuk kedalam salah satu olahraga untuk ibu hamil yang cukup aman dilakukan.

4. Berenang

hebump.com

Olahraga untuk ibu hamil yang juga dapat kamu lakukan ialah berenang. Kegiatan olahraga yang satu ini memang cukup beresiko untuk ibu hamil, maka itu perlu sekali melakukan pengawasan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Di samping itu, berenang memang sangat baik untuk kesehatan jantung dan melatih otot tubuh menjadi lebih kuat.

5. Senam kegel

pampers.com

Buat sebagian orang, olahraga untuk ibu hamil yang satu ini nampaknya sudah tak asing. Merupakan olahraga andalan ibu hamil, senam kegel memang bermanfaat sebelum dan sesudah melahirkan. Selain dapat membantu proses persalinan berjalan dengan lancar, gerakan senam kegel juga dapat mengencangkan otot rahim.

6. Aerobik

tuturma.ma

Buat kamu para peremuan yang energik, bisa juga lho mencoba olahraga untuk ibu hamil yang satu ini. Tak perlu khawatir, gerakan senam aerobik untuk ibu hamil tentu sangat berbeda dibandingkan gerakan senam aerobik pada umumnya. Dengan sedikit mengontrol gerakan, senam aerobik dapat membuat membuat seluruh tubuh menjadi lebih bugar.

7. Jogging

runnersworld.com

Olahraga untuk ibu hamil terakhir yang bisa kamu lakukan ialah jogging. Namun, perlu diperhatikan, bahwa gerakan jogging yang kamu lakukan harus dikontrol untuk menjaga keselamatan janin di dalam kandungan. Walau, cukup mengasikan, jogging hanya dapat dilakukan untuk sebagian ibu hamil dengan usia kandungan yang masih muda.

Nah, jadi buat kamu yang sedang mengandung, tentu saja melakukan olahraga itu juga cukup penting dan kamu bisa memilih jenis olahraga untuk ibu hamil yang sudah Popbela bagikan. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health