Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Makanan Penyebab Keputihan yang Harus Kamu Hindari

Wajib dihindari ya Bela!

Vidya Nathania

Sebagian perempuan pasti pernah bermasalah dengan yang namanya keputihan. Tak sedikit dari perempuan yang mengalami keputihan terganggu dengan aroma tak sedap serta rasa gatal. Umumnya, keputihan disebabkan oleh berkembangnya bakteri karena berbagai faktor, salah satunya ialah faktor makanan. 

Ternyata, makanan dapat memicu keputihan juga lho. Untuk itu, sebelum mencari tahu mengenai cara mengatasi keputihan, kamu juga wajib tahu beberapa makanan penyebab keputihan. Jadi, simak terus di artikel yang satu ini karena makanan penyebab keputihan akan dibahas agar kamu bisa menghindarinya.

1. Telur

myrecipes.com

Urutan pertama datang dari makanan penyebab keputihan yang paling dikenal banyak orang sebagai pemicunya. Yang menyebabkan telur menjadi makanan penyebab keputihan ialah kandungan lemak dan protein yang terkandung di dalamnya. Namun, hal tersebut bukan berarti membuatmu tak dapat mengonsumsi telur sama sekali lho. Dianjurkan untuk mengonsumsi telur maksimal 3-4 butir per hari, karena jika kamu mengonsumsi lebih dari jumlah yang disarankan, maka dapat meningkatkan resiko keputihan.

2. Keju

indulgemagazine.net

Siapa sih yang tak suka dengan keju? Hampir semua orang pasti menyukai keju. Namun, tahu nggak sih kalau keju kerap disebut juga sebagai makanan penyebab keputihan? Karena keju merupakan jenis makanan yang dibuat melalui proses fermentasi dan hal tersebut dapat menyebabkan keputihan.

3. Makanan cepat saji

foodbusinessnews.net

Tak dapat dipungkiri, makanan cepat saji memang memiliki rasa lezat yang bikin ketagihan. Tetapi, banyak yang membuktikan bahwa makanan ini sangat tak baik untuk kesehatan tubuh termasuk untuk organ kewanitaan, maka itu makanan cepat saji pun sering disebut sebagai makanan penyebab keputihan. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan cepat saji dan perbanyak mengonsumsi makanan sehat.

4. Mentimun

snaped.fns.usda.gov

Nggak disangka, ternyata makanan alami pun dapat menjadi makanan penyebab keputihan lho! Jika kamu mengonsumsi mentimun secara berlebihan, hormon estrogen di dalam tubuhmu dapat meningkat dan dengan meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh, tentu dapat menyebabkan peningkatan lendir pada area kewanitaan.

5. Bengkoang

Doc istimewa

Selain mentimun, bengkoang juga kerap disebut sebagai makanan penyebab keputihan. Bengkoang yang kaya akan vitamin ini ternyata juga memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan area kewanitaan mengalami keputihan. Walau begitu, bengkoang juga sangat baik untuk kesehatan terutama untuk kulit, jadi kamu tetap dapat memakannya namun tidak berlebihan ya!

6. Soda

Pexels.com

Minuman bersoda memang sangat tidak dianjurkan untuk menjadi minuman yang diminum sehari-hari. Namun, banyak sekali orang yang sangat menyukai jenis minuman yang satu ini. Pasalnya, kandungan soda pun termasuk kedalam kategori salah satu makanan penyebab keputihan. Kandungan gula buatan yang sangat banyak terdapat pada minuman bersoda yang dapat menyebabkan keputihan.

7. Makanan pedas

penntoday.upenn.edu

Nah, makanan penyebab keputihan yang satu ini merupakan makanan favorit banyak orang. Selain rasa pedasnya membuat orang tertantang, rasa pedas juga dapat membuat ketagihan. Namun, siapa sangka, makanan favorit banyak orang ini ternyata juga menjadi salah satu makanan penyebab keputihan yang wajib untuk kamu hindari. Karena makanan pedas memiliki zat capsicum yang terkandung di dalamnya dan dapat menyebabkan keputihan.

Jadi, itulah beberapa makanan penyebab keputihan yang ternyata merupakan makanan favorit yang wajib untuk dikurangi agar terhindar dari keputihan. Apakah di atas terdapat makanan favoritmu juga?

IDN Media Channels

Latest from Health