Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sedang Jadi Tren, Ini 5 Manfaat Jus Seledri yang Perlu Kamu Tahu

Baik untuk kecantikan dan kesehatan lho!

Vidya Nathania

Sayuran yang sering terdapat pada sup ini awalnya sempat diragukan manfaatnya, namun seiring berkembangnya zaman, banyak yang menjadikan sayuran yang satu ini sebagai jus untuk detox. Beberapa penelitian pun banyak yang mendukung akan manfaatnya sebagai detoksifikasi, sumber vitamin B dan vitamin C. Kemudian jus yang satu ini menjadi sangat viral lho, bahkan banyak influencer pun yang menjadikan jus seledri sebagai salah satu minuman kecantikan karena diklaim bagus untuk kesehatan kulit. Maka itu, kenali 5 manfaat jus seledri di bawah ini yuk!

1. Dapat menghidrasi tubuh dengan maksimal

httpprovidencewomenshealthcare.com

Seledri terdiri dari 95 persen air dan akan mengeluarkan banyak air ketika dalam proses pembuatan jus seledri. Sama seperti minuman elektrolit, sehabis meminum jus seledri, tubuh kamu akan terasa jauh lebih segar karena kandungan air yang tinggi dapat menggantikan cairan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Tidur lebih nyenyak

morroccomethod.com

Karena manfaatnya dalam menghidrasi tubuh, tentunya tubuh terasa lebih nyaman dan berpengaruh cukup besar saat tidur. Malammu pun akan terasa lebih nyenyak, selain itu juga dapat mengurangi insomnia pada malam hari.

3. Memperkuat tulang

entitymag.com

Mengandung kalsium dan natrium yang sangat tinggi, seledri juga dapat membantu meregenerasi dan memperkuat tulang yang rusak lho. Vitamin K yang terkandung juga berperan penting dalam metabolisme tulang dan perlindungan terhadap osteoporosis.

4. Bekerja sebagai anti inflamasi

NutritionFacts.org

Sayuran yang satu ini juga diperkaya akan senyawa khusus yaitu polyacetylene dan luteolin yang bekerja ekstra dalam mengatasi peradangan. Luteolin sangat kuat dalam menghambat efek enzim tertentu yang mengaktifkan gen yang bertanggung jawab untuk respon inflamasi. Oleh karena itu, minum jus seledri dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan radang sendi, osteoarthritis, penyakit jantung, kanker, Alzheimer, multiple sclerosis, asam urat dan bahkan penyakit kulit.

5. Membersihkan darah

christinebailey.co

Senyawa kumarin yang ditemukan dalam seledri dapat mempromosikan aktivitas sel darah putih dan membantu sistem pembuluh darah, mengurangi tekanan darah dan membersihkan racun pada darah. Seledri kaya akan vitamin A, C, zat besi, dan magnesium. Kombinasi ini membantu menyehatkan dan membangun kembali sel darah merah dan membantu mereka yang menderita rematik, tekanan darah tinggi, radang sendi, dan anemia.

Wah, ternyata seledri kaya akan manfaat ya. Tentunya kamu bisa mencoba untuk mengonsumsinya tanpa gula dan bisa menggantikannya dengan madu agar jus jauh lebih sehat.

IDN Media Channels

Latest from Health