Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menambah Nafsu Makan yang Bisa Kamu Coba

Nggak susah kok!

Vidya Nathania

Sebagian orang memang memiliki masalah dengan cara mengurangi makanan, namun di samping hal tersebut, ada juga beberapa orang yang memiliki masalah dengan nafsu makan. Walau kelihatannya cukup sepele, tapi percayalah bahwa kurangnya nafsu makan tentu memiliki pengaruh yang cukup besar pada kesehatan tubuh yang disebabkan kurangnya asupan gizi, tubuh menjadi kurang segar, dan bentuk tubuh terlalu kurus. 

Tak usah khawatir, karena kali ini Popbela akan memberikan cara menambah nafsu makan yang bisa kamu lakukan agar kamu tak susah lagi buat makan. Yuk simak terus artikelnya sampai habis!

1. Jangan melewatkan sarapan

bbc.co.uk

Meski hal yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan banyak orang, namun sarapan sangatlah penting dan tentunya hal tersebut termasuk ke dalam cara menambah nafsu makan. Saat pagi hari sebelum memulai berbagai aktivitas, tubuh sangatlah membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk dapat melakukan aktivitas dengan maksimal. Buat kamu yang sulit makan, cobalah untuk membiasakan sarapan walaupun dengan porsi sangat sedikit. Hal tersebut tentu dapat membantumu untuk dapat menambah nafsu makan.

2. Makan sedikit namun sering

npr.org

Cara menambah nafsu makan lainnya yang cukup terkenal ialah dengan mengonsumsi makanan sedikit demi sedikit namun dalam jangka waktu yang pendek dan sesering mungkin. Beberapa orang yang melakukan cara menambah nafsu makan yang satu ini, bekerja sangat baik untuk menambah nafsu makannya. Mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat favoritmu.

3. Rajin berolahraga

popsugar.com

Selain makanan, tentunya rajin berolahraga juga dapat menjadi salah satu cara menambah nafsu makan yang paling ideal. Selain berolahraga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat, setiap gerakkan yang mengeluarkan kalori dapat memicu rasa rasa yang kemudian meningkatkan nafsu makanmu.

4. Kurangi makanan dan minuman yang mengandung serat

everydayhealth.com

Walaupun makanan atau minuman yang mengandung serat sangatlah baik untuk tubuh, namun tak semua orang harus mengonsumsi makanan atau minuman berserat terutama untuk orang yang susah makan. Karena serat bekerja untuk menghancurkan kalori pada tubuh dan biasa diandalkan saat diet. Untuk menyempurnakan berbagai cara menambah nafsu makan yang sedang kamu lakukan, sebaiknya kurangi makanan atau minuman berserat ya Bela!

5. Buat makananmu semenarik mungkin

timesofisrael.com

Umumnya, faktor alasan orang-orang yang tak memiliki nafsu makan yang cukup dikarenakan oleh tampilan makanan yang dikonsumsi tampak tidak menarik. Untuk itu cara menambah nafsu makan lainnya yang dapat kamu coba ialah memikirkan trik untuk membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik seperti membentuk makananmu dengan berbagai bentuk lucu atau warna yang menarik.Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan cara menambahkan makanan favoritmu seperti keju, saus, kecap, dan lain-lain.

6. Minum berbagai minuman penambah kalori

Boldsky.com

Jika kamu memang malas untuk mengunyah, kamu juga bisa melakukan cara menambah nafsu makan yang satu ini. Dengan mengonsumsi berbagai minuman yang tinggi kalori, tentunya dapat mengganti asupan makanan yang harusnya dikonsumsi. Salah satu jenis minumannya ialah susu protein atau susu penambah berat badan. Seiring waktu berjalan, nafsu makanmu akan bertambah.

7. Mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan

idiva.com

Jika kamu memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menambah nafsu makan, kamu bisa mencoba cara menambah nafsu makan dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin penambah nafsu makan yang dapat menambah nafsu makan secara instan dan permanen. Hal tersebut merupakan cara menambah nafsu makan yang merupakan opsi terakhir jika nafsu makanmu tak kunjung kembali.

Jadi, buat kamu yang susah sekali untuk makan, ikuti saja beberapa cara menambah nafsu makan secara alami yang sudah dibagikan ya Bela. Semoga artikelnya membantu!

IDN Media Channels

Latest from Health