Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menuju Body Goals 2023, Ini 5 Cara Mewujudkan Resolusinya

Jangan sampai tahun ini gagal lagi ya Bela

Tisa Ajeng

Tahun 2023 sudah mulai kita jalani nih, Bela. Pasti ada banyak harapan dan resolusi baru maupun lama yang ingin dicapai di tahun yang baru, setuju dong? Salah satunya adalah soal tubuh kita sendiri nih.

Beberapa dari Bela pasti memiliki body goals impian yang ingin dicapai. Semua itu demi kenyamanan dan rasa percaya diri. Tapi kalau mau menuju body goals impian, gimana cara mewujudkannya ya? Harus mulai dari mana? 

1. Set target body goals yang ingin dicapai

Ilustrasi workout di rumah (Shutterstock/JR-50)

Sebelum memulai progress menuju body goals kamu, yang pertama perlu kamu lakukan adalah menentukan target. Kalau kamu punya artis favorit, mereka bisa dijadikan target untuk mendapatkan body goals impian.

Misalnya kamu suka sama idol Korea seperti Jennie Blackpink, boleh tuh dijadikan target supaya lebih semangat untuk workout. Hasilnya nggak harus seperti Jennie kok, Bela.

2. Catat progress-mu saat sudah mulai program

Ilustrasi mencatat progress workout (Shutterstock/Jacob Lund)

Setelah menargetkan goals, saatnya kamu untuk mencari aplikasi untuk mencatat progress workout kamu. Jadi, target body goals kamu tercatat rapi dan bisa Bela evaluasi di lain hari. 

Mencatat progress ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi, jika tidak Bela juga bisa mencatat secara manual. Bebas kok, yang penting Bela tahu hari ini sudah latihan sejauh apa. Sekedar informasi nih Bela, berdasarkan sebuah studi tentang kesehatan menjadi kebiasaan, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 8 minggu untuk membentuk kebiasaan sehat dan menjadi lebih sehat.

Jadi, mencatat progress membuat Bela menjadi terbiasa dan semakin semangat mengejar target. No pressure, ok

3. Mulai olahraga pelan-pelan tapi konsisten

Workout with STRONG Nation® (Dok. STRONG Nation®)

Satu perubahan kecil bisa membantu Bela untuk mencapai tubuh impian. Bela bisa memulai dengan program yang akan memberi kamu pilihan untuk memulai dari tingkat yang paling ringan sekalipun. Walaupun perubahannya kecil, itu akan bermanfaat bagi kesehatanmu Bela. Tujuan utamanya adalah melakukan latihan setidaknya 1% lebih baik dari hari sebelumnya, setiap hari.

Bela bingung mulai darimana? Bela bisa mulai dengan olahraga teratur, walau hanya 20 menit sehari. Salah satu contoh latihan yang cocok untuk pemula adalah High Intensity Interval Training (HIIT).

Latihan intensitas tinggi yang sangat bagus untuk semua kalangan dan akan sangat efektif bagi pemula untuk mendapatkan hasil yang instan dan nyata. Program latihan HIIT untuk pemula ini cukup sederhana namun efektif karena akan meningkatkan detak jantung Bela dan mendapatkan manfaat kardiovaskular.

HIIT dapat digunakan dengan semua jenis olahraga seperti berlari, lompat tali, menaiki tangga, dan banyak lagi. Idenya adalah untuk mendorong diri Bela sampai pada level yang intens untuk jangka waktu tertentu, dan kemudian melambat untuk periode pemulihan. 

Dalam hal ini, Bela bisa coba nih HIIT yang sangat unik, STRONG Nation®. Program olahraga ini menggunakan musik yang telah dirancang khusus dan disesuaikan dengan setiap gerakan serta mendorong Bela hingga batas kemampuan di setiap lagu. Program ini dirancang untuk memaksimalkan hasil dan tidak memerlukan peralatan tambahan. Bela akan memiliki opsi untuk memulai dengan gerakan terendah, sampai maju ke gerakan yang lebih besar dan lebih kuat.

STRONG Nation® ini juga menyajikan video seri latihan 20 menit selama 7 hari yang akan memandu Bela menjalani latihan HIIT seluruh tubuh setiap hari selama seminggu. Program ini bisa dilakukan sendiri di rumah lho, Bela. Tapi pastikan Bela sudah berkonsultasi dengan dokter jika Bela memiliki kondisi medis apa pun, sebelum memulai program latihan apa pun.

Bela bisa mencoba program ini, setelah Bela siap, Anda bisa mencari kelas live atau virtual di strongnation.com yang akan membuat Bela terus bersemangat dan mencoba tantangan STRONG Nation® yang baru.

Setiap bulan, para instruktur akan memberikan rutinitas baru untuk memastikan Bela terus melampaui batas kemampuan diri. 2023 gampang banget ‘kan kalau mau hidup sehat? Kepo dengan STRONG Nation®? Ingin join? Klik di sini ya Bela!

4. Mulai atur dan jaga makanan, mulai dari jenisnya sampai porsinya

Menjaga pola makan untuk gaya hidup sehat (Shutterstock/Hananeko_Studio)

Hal selanjutnya yang harus Bela lakukan untuk menuju body goals 2023 adalah menentukan pola makan. Jangan sampai olahraga yang sudah dilakukan menjadi nggak maksimal hasilnya, karena Bela nggak mengatur asupan makanan.

Bela bisa mulai dengan mengatur sarapan, makan siang dan makan malam yang tepat waktu. Kurangi porsi bukan berarti nggak makan nasi ya. Perubahan pola makan lebih baik dilakukan bertahap, agar lambung nggak kaget dan fokus pada nutrisi yang seimbang ya Bela.

5. Minum air putih jangan sampai di-skip ya!

Rajin minum air putih (Shutterstock/Hananeko_Studio)

Yang terakhir ini terdengar sepele, tapi penting banget lho untuk mencapai target body goals Bela segera tercapai. Minum air putih yang cukup nggak hanya membantu menghidrasi tubuh, tapi juga menyehatkan. 

Jadi, Bela siap untuk mencapai target body goals 2023 ini? (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Health