Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tips Menjaga Kesehatan Mental selama Social Distancing 

Tetap merasa happy walau di rumah

Shavira Annisa Putri

Merebaknya COVID-19 membuat pemerintah Indonesia gencar menghimbau para masyarakat untuk melakukan social distancing. Upaya ini merupakan salah satu solusi paling efektif untuk mengurangi penularasan virus corona. Self distancing sendiri adalah menjaga jarak sosial dengan orang lain.

Social distancing dapat dilakukan dengan cara tidak mendatangi kerumunan dan selalu memastikan berada di jarak aman dengan orang lain. Setidaknya, berjarak dua meter. Oleh sebab itu, beberapa perusahaan telah menjalankan sistem bekerja di rumah atau work from home.

Tetapi, sayangnya self distancing juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Bekerja di rumah, membatasi bertemu orang terkasih, dan no psychical interaction akan membuat kamu menjadi lebih mudah stres. Lalu, bagaimana agar hal ini dapat kamu hindari? Sembilan tips ini mungkin akan membantu kamu untuk tetap sehat secara mental selama self distancing.

1. Atur rutinitas harian kamu menjadi lebih teratur. Satu jam untuk olahraga, tujuh jam untuk bekerja dan delapan jam untuk istirahat.

freepik.com

2. Ini saat yang tepat untuk eksplor kemampuan kamu. Bisa melalui kursus online atau membaca buku tentang pengembangan diri. Pasti akan sangat menyenangkan!

freepik.com

3. Yuk, kembali menjalankan hidup yang lebih seimbang. Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan berpikir positif.

pinterest.com

4. Kurangi menonton atau membaca berita mengenai virus corona. Hal ini dapat membuat kamu merasa lebih tenang selama self distancing.

freepik.com

5. Tetap manfaatkan teknologi sebaik-baiknya. Jika ada meeting mendadak, video call bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

freepik.com

6. Melakukan kegiatan seru, untuk menjaga pikiran dan tubuh kamu tetap aktif. Contohnya: Membersihkan rumah sambil menyanyi dan menari!

7. Jangan mengisolasi diri kamu sepenuhnya. Ada baiknya kamu tetap keep in touch dengan teman atau saudara. Dengan begini, kamu bisa tetap bertukar cerita walau tidak berjumpa.

freepik.com

8. Tetap membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Siapa sangka, membantu orang lain dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Dan saat ini banyak sekali penggalangan dana online yang turut membantu pencegahan COVID-19.

freepik.com

9. Social distancing dapat membuat sebagian orang merasa cemas dan depresi karena merasa terisolasi. Jika hal ini terjadi di kamu, segera meminta pertolongan pada orang yang tepat ya!

freepik.com

IDN Media Channels

Latest from Health