Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu! Ini 7 Gejala Baru Virus Corona 

Lebih waspada lagi ya, Bela.

Shavira Annisa Putri

Rasanya pandemi virus corona belum menunjukan titik terang. Bahkan, virus ini sudah merenggut lebih dari 100 jiwa di seluruh belahan dunia. Oleh karena itu, ada baiknya semua masyarakat mengikuti himbauan untuk melakukan langkah pencegahan. 

Selain itu, kamu juga harus lebih mengenal gejala virus corona agar dapat dideteksi sedini mungkin. Sejak awal kemunculannya, batuk, demam dan sesak napas merupakan gejala umum yang dirasakan penderita. Namun kini, ditemukan tujuh gejala baru virus corona. Apa saja? Simak baik-baik ya, Bela! 

1. Mata Merah

freepik.com

Menurut beberapa penelitian, menunjukan sekitar 1 hinga 3 persen penderita COVID-19 juga mengalami gejala mata merah muda. Ketika kondisi ini terjadi, maka sudah ada potensi untuk menularkan virus tersebut. Sehingga, kondisi mata merah muda dapat dicurigai sebagai tanda positif virus corona ketika diikuti beberapa gejala lainnya. 

2. Diare

freepik.com

Selain itu, diare juga bisa menjadi gejala awal seseorang yang terpapar virus corona. Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Gastroenterology mengatakan gejala diare dialami oleh beberapa pasien COVID-19.

3. Munculnya nyeri otot

freepik.com

Para peneliti menemukan adanya hubungan antara nyeri otot dan kasus COVID-19 selama analisis terhadap 53 pasien di Wenzhou, Tiongkok. Menurutnya, beberapa pasien yang positif, merasakan adanya nyeri pada bagian otot. 

4. Sakit kepala dan sakit tenggorokan

freepik.com

Menurut laporan WHO, mereka juga menemukan, hampir 14 persen dari hampir 6.000 pasien COVID-19 yang berada di China mengalami gejala sakit kepala dan sakit tenggorokan. Sementara, hampir 5 persen mengalami hidung tersumbat. Meskipun gejalanya seperti influenza, namun bisa saja ini menjadi gejala awal terpapar virus corona. 

5. Kulit gatal serta kemerahan

freepik.com

Ahli kesehatan dari Perancis baru-baru ini mengatakan bahwa virus corona dapat menyebabkan gejala pada permukaan kulit, seperti pseudo-frostbite (radang dingin semu), kulit kemerahan yang menyakitkan dan terasa gatal. Banyaknya pasien COVID-19 yang mengeluhkan rasa gatal, semakin menguatkan bahwa ini menjadi salah satu gejala virus corona.

6. Gangguan indera perasa dan penciuman

freepik.com

Kabarnya pasien corona COVID-19 juga mengalami gangguan indra penciuman. Mereka sulit mencium aroma, bahkan yang menyengat sekalipun. Selain itu, pasien positif corona juga merasakan lidah mati rasa, sehingga menurunkan nafsu makan. 

7. Kelelahan

freepik.com

Pada awal kemunculannya, gejala virus corona memiliki gejala yang serupa dengan penyakit flu pada umumnya. Namun, jika diulik lebih jauh, ternyata ada beberapa gejala yang berbeda. Salah satunya adalah kelelahan. WHO melaporkan, hampir 40 persen dari 6.000 orang positif COVID-19 mengaku mengalami kelelahan. 

Itu dia tujuh gejala virus corona yang baru ditemukan. Yuk, patuhi arahan pemerintah untuk melakukan social distancing dan jalani hidup sehat! 

Baca Juga :

Tak Terduga, Ini 7 Cara Penularan Virus Corona
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 

IDN Media Channels

Latest from Health