Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Polusi Udara Terburuk Terjadi di Jakarta, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Menjadi penyebab kematian nomor 3 di dunia!

Emillia Wardhani

Pencemaran lingkungan yang terus terjadi tentunya menganggu kesehatan makhluk hidup terutama manusia. Polusi udara ini bisa terjadi di mana saja, seperti salah satunya adalah di kota Jakarta, yang saat ini menjadi salah satu kota dengan kualitas udara terburuk, menempati posisi ke tiga setelah Santiago. 

Tanpa disadari, menurut para ilmuwan dampak dari polusi udara bukan hanya merusak pernapasan namun juga bisa berisiko pada paru-paru dan kesehatan lainnya semakin parah. Kira-kira apa saja dampak dari polusi udara? Simak artikel dibawah ini ya!

1. Kamu harus tahu, dampak dari polusi udara menjadi penyebab kematian nomor tiga di dunia.

Bangkokpost.com

2. Menurut penelitian dari European Respiratory Journal, salah satu dampak yang krusial adalah fungsi paru-paru kamu akan menurun. Bahaya banget!

Keranews.org

3. Setiap 5 mikrogram dari partikel polusi udara akan setara dengan penambahan usia dua tahun pada jantung. Wah, kamu harus hati-hati ya.

Nationalgeographic

4. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, perempuan yang tengah mengandung dan sering terpapar polusi udara bisa melahirkan bayi yang kurang sehat.

refinery29.com

5. Kualitas udara yang buruk dan sudah tercemar ternyata dapat menyebabkan inflamasi pada paru-paru yang akhirnya mempersempit aliran udara dalam tubuh dan membuat kesulitan bernapas.

Independent.co.uk

6. Menurut sebuah riset, walaupun sebagian besar disebabkan oleh obesitas dan gaya hidup kurang yang sehat, namun ternyata polusi udara juga bisa menyebabkan diabetes. Ini karena polusi bisa memberi pengaruh buruk pada pankreas yang memproduksi insulin.

refinery29.com

7. Yang lebih mengerikan, polusi udara juga dapat meningkatkan risiko pada stroke dan menimbulkan penyakit kanker paru-paru lho.

Dailymail.com

Itu tadi 7 dampak buruk polusi udara yang bisa terjadi pada tubuhmu. Jangan lupa gunakan masker saat sedang keluar ya, Bela! Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health