Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Keramas yang Benar, Jangan Asal Gosok!

Jangan-jangan selama ini salah?

Tisa Ajeng

Pasti sudah familiar banget ‘kan dengan statement “rambut adalah mahkota para wanita”? Popbela yakin, sebagian besar dari kalian akan setuju dengan ini. Bagaimana tidak, istilah bad hair day memang terbukti bisa merusak mood kita di hari itu.

Tapi tahukah kamu, bahwa di balik rambut yang indah itu harus diimbangi dengan cara keramas yang benar. Ingat Bela, jangan asal gosok ya! Semua ada caranya, termasuk saat kamu keramas.

1. Pijat lembut di area kulit kepala

Shutterstock/TORWAISTUDIO

Suka sebel ya kalau kulit kepala terasa kotor? Alhasil saat keramas, malah lebih fokus menggosok kulit kepala yang kotor menggunakan kuku dengan keras. Ternyata cara ini salah lho.

Justru area kulit kepala harus dipijat secara lembut saat keramas. Pijat dengan lembut kulit kepalamu dari bagian ujung rambut, lalu ke kepala bagian atas lalu arah belakang. Jangan menggunakan kuku melainkan ujung jari. 

Memijat pada kulit kepala ini bertujuan agar nutrisi dari sampo dapat meresap dengan baik. Jangan sampai salah, karena justru bisa membuat kulit kepala jadi berminyak dan rambut jadi lepek.

2. Disarankan menggunakan air hangat saat keramas

Shutterstock/TORWAISTUDIO

Keramas menggunakan air dingin memang segar, tapi ternyata air hangat lebih bermanfaat untuk rambutmu lho, Bela. Dikutip dari Hellosehat, para ahli menyarankan untuk mencuci rambut dengan air hangat. 

Hal ini karena air hangat membantu menghilangkan sebum (minyak) dan kotoran dari kulit kepala. Ingat ya, air hangat, bukan air panas. Karena keramas menggunakan air panas justru dapat membuat kulit kepala jadi lebih kering. 

3. Pilih kandungan sampo yang tepat

Shutterstock/Lin Xiu Xiu

Selanjutnya, penting banget memilih sampo yang tepat untuk rambutmu. Pastikan sampo yang dipilih memiliki kandungan alami yang cocok dengan masalah rambutmu ya Bela. Sebelum membeli cari tahu dulu formula mana yang tepat untuk jenis rambut yang Bela miliki.

Jika rambutmu mudah rontok, carilah sampo yang dapat menjaga kelembapan rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Jangan lupa terbuat dari bahan alami sehingga bisa digunakan sehari-hari, seperti Hold Me Tight Shampoo by lavojoy. 

lavojoy Hold Me Tight Shampoo ini memiliki formula Asam Amino, silikon 0% dan sulfat 0%, menciptakan busa yang menyegarkan untuk membersihkan kulit kepala dengan lembut dan menyeluruh, serta menyehatkan kulit kepala dan mengurangi kerontokan rambut sehingga menjadi lebih kuat dan nggak gampang patah.

Dok. Lavojoy

Kandungan lactobacillus membantu menyeimbangkan pH kulit kepala, serta Ceramides dan Centella Asiatica untuk menutrisi kulit kepala dan membantu mengurangi kerontokan rambut. Aroma buah dan bunga membuat rambutmu terasa semakin menyegarkan. 

Wah, wajib masuk list kamu nih, Bela!

4. Menuangkan sampo pada telapak tangan terlebih dahulu

Shutterstock/Parilov

Ternyata cara menuangkan sampo juga berpengaruh pada hasil keramas lho Bela. Bela sebaiknya tidak langsung menuangkan sampo ke kepala, karena ternyata dapat membuat helaian rambut menjadi kering.

Cara menuangkan sampo yang tepat adalah, dengan menuangkannya ke telapak tangan dulu. Kemudian usap sampo hingga berbusa, baru ratakan ke seluruh rambut. Untuk step yang satu ini, Bela nggak usah takut telapak tangan jadi kering. 

Karena kalau Hold Me Tight Shampoo by lavojoy terbuat dari bahan alami yang aman digunakan sehari-hari. Rambut lembut, rontok hilang, tangan bebas kering!

5. Menggunakan kondisioner setelah membilas rambut

Shutterstock/metamorworks

Sebagai penutup, jangan lupa gunakan kondisioner untuk hasil maksimal. Sama seperti memilih sampo, pastikan bahan yang terkandung dalam kondisioner menggunakan bahan-bahan alami seperti SOS Nourishing Conditioner by lavojoy.

SOS Nourishing Conditioner dari lavojoy ini memiliki kandungan bahan alami seperti minyak organik terdiri dari minyak argan, minyak biji jojoba, dan minyak biji anggur. Kombinasi bahan-bahan ini memberikan perlindungan tahan lama untuk merevitalisasi rambut rusak.

Dok. Lavojoy

Selain itu, bahan-bahan ini juga menutrisi rambut rusak secara mendalam dan membantu mencegah kerusakan. Bela bisa cek info lengkap Hold Me Tight Shampoo dan SOS Nourishing Conditioner by lavojoy di sini! Happy trying! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Hair