Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Penyebab Utama Rambut Menjadi Lepek

Coba dibaca baik-baik!

Jennifer Alexis

Penampilan yang memukau tentunya didukung oleh gaya rambut yang on point. Namun sayangnya, nggak semua orang dianugerahi rambut indah tanpa masalah. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah rambut yang mudah lepek. Waktu setelah keramas sih rambut masih bagus, tapi setelah beberapa jam rambut langsung terlihat berminyak dan nggak oke lagi. Lalu, apa saja sih yang menjadi penyebab rambut lepek? Coba simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Pemilihan sampo

Popbela.com/Presented by PANTENE

Salah satu penyebab paling umum rambut yang mudah lepek adalah pemilihan sampo yang nggak sesuai. Jika rambutmu kering, coba pilih sampo dengan label moisturizing agar rambut tetap lembab. Jika rambutmu mudah berminyak, pilihlah sampo yang formulanya ringan dan dapat membersihkan minyak di kulit kepala. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan PANTENE Shampoo Anti Lepek. Sampo terbaru dari PANTENE dengan formula yang ringan dan diperkaya pro-vitamin ini mampu membersihkan kulit kepala dan rambut dari minyak berlebih. Liat aja warnanya yang bening! Tidak hanya membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, sampo ini juga menutrisi rambut dan menjadikannya ringan dan halus. Selain itu, busa berlimpah dengan micro cleanser yang dihasilkan mampu membersihkan rambut dari sebum, kotoran, dan polusi dengan lembut. Yuk, gunakan secara teratur agar rambut Bela jadi lebih kuat melawan lepek!

2. Iklim tropis di Indonesia

Pinterest.com

Udara di Indonesia yang cenderung panas menjadi salah satu penyebab rambut menjadi mudah lepek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan melindungi kepala dari panas sinar matahari secara langsung. Pastikan juga kamu selalu menyediakan dry shampoo untuk menyerap minyak berlebih.

3. Terlalu sering disisir

marieclaire.com

Buat kamu yang sering menyisir rambut, mungkin kamu bisa mengurangi hal ini. Pasalnya, menyisir rambut terlalu sering merangsang minyak alami di rambut untuk keluar.

4. Terlalu banyak mengonsumsi lemak

jamienelsonphoto.com

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi ternyata memiliki banyak dampak yang nggak baik untuk tubuh, lho. Selain dapat membuat rambut jadi mudah lepek, konsumsi makanan berlemak tinggi juga jadi penyebab obesitas dan kolesterol.

5. Menggunakan kondisioner dari akar rambut

livestrong.com

Kecuali kamu punya rambut yang sangat kering, sebaiknya aplikasikan kondisioner cukup dari tengah hingga ujung rambut. Mengaplikasikannya dari akar hanya akan membuat rambutmu jadi lebih berminyak dan bisa menimbulkan ketombe.

6. Terlalu sering keramas

hollywoodhairdesignii.com

Ternyata, terlalu sering keramas juga bisa membuat rambut menjadi lepek lho. Ini karena saat kamu terlalu sering mencuci rambut, rambutmu menjadi kering. Saat terasa kering, rambut pun akan mengeluarkan minyak alaminya dan akar rambut pun pasti akan terlihat lepek.

7. Hormon yang nggak seimbang

certainlyher.com

Jika berbagai cara sudah kamu lakukan namun rambutmu tetap selalu berminyak dan lepek, mungkin sudah saatnya kamu memeriksakan dirimu ke dokter. Rambut yang mudah berminyak bisa jadi tanda bahwa keadaan hormon nggak seimbang. Untuk mengatasinya, coba konsultasikan ke dokter yah!

Jadi, supaya rambutmu tidak lagi lepek, hindari kesalahan di atas ya!

IDN Media Channels

Latest from Hair