Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berdasarkan Shio, Ini Perilaku Toxic yang Kamu Miliki

Hati-hati, shio Ular bisa menjadi pendendam!

Raizza Monik Setiawanti

Disadari atau tidak, terkadang setiap orang memiliki beberapa kebiasaan buruk atau ciri kepribadian negatif yang melekat dalam diri. Kebiasaan ini bisa terus muncul kembali dan memengaruhi hidup kita dalam segala aspek kehidupan. 

Nah, kebiasaan buruk ini nyatanya juga bisa dilihat dari tanda zodiak China yang memengaruhi. Ada 12 tanda shio yang kita kenal, yaitu Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi yang memiliki karakter serta kepribadian yang berbeda, tak terkecuali perilaku toxic.

Inilah dia perilaku toxic kamu berdasarkan shio! Simak yuk!

1. Tikus: Menjadi orang yang pesimis

Canva.com/Andhina Effendi

Terkadang bersikap sedikit negatif boleh saja, shio Tikus adalah tipikal mereka yang mudah jatuh ke dalam kebiasaan, dan membawa pesimisme mereka ke tingkat yang tidak sehat. Kebiasaan ini tidak hanya menyeret mereka, tetapi juga orang-orang di sekitarnya yang mungkin mulai merasa negatif hanya dengan berada di sekitar mereka.

Jadi, demi diri mereka sendiri, demi teman, dan keluarga mereka, penting bagi orang-orang dengan shio Tikus untuk menyadari kecenderungan ini, serta melakukan apa yang mereka bisa untuk menyeimbangkannya. Mereka harus bisa bersosialisasi dan memiliki sistem pendukung yang baik sehingga dapat melepaskan diri dari kebiasaan ini.

2. Kerbau: Keras kepala

Canva.com/Andhina Effendi

Meskipun bagus bahwa shio Kerbau itu memiliki ciri khas terorganisir, sayangnya mereka bisa menjadi toxic ketika mereka tidak dapat melihat cara lain dalam melakukan sesuatu. Yup, mereka kemudian menjadi sangat keras kepala dan tertutup terhadap saran apa pun.

Pemilik shio Kerbau mungkin tidak dapat melihat melewati batasan mereka sendiri dan juga bisa sulit bergaul di tempat kerja, karena alasan sikap keras kepalanya ini.

Itulah sebabnya, sangat penting membantu Kerbau untuk tetap sadar akan sifat keras kepala mereka dan berusaha untuk menantangnya. Belajar membungkuk adalah cara terbaik bagi mereka untuk berkembang dengan lebih baik.

3. Macan: Terlalu ambisius

Canva.com/Andhina Effendi

Macan sering dilihat sebagai sosok yang pemberani, pemberontak, dan ambisius. Mereka terlahir sebagai pemimpin alami, atau setidaknya berprestasi dalam karier mereka. Namun, ketika karakter alaminya ini sudah dibawa ke tingkat ekstrem, ambisi mereka secara tidak sadar dapat memudahkan mereka untuk mendorong orang lain.

Perilaku toxic mereka adalah ambisinya sendiri yang terkadang bisa menjadi agresif atau kejam. Bahkan, bisa saja orang lain akan merasa seperti Macan melangkahi mereka di lingkungan kerja, dalam upaya mereka untuk mencapai tujuannya.

Jadi, untuk menyeimbangkan sisi ambisius mereka dengan keadilan, pemilik shio Macan harus mengingat gagasan akan kerja tim. 

4. Kelinci: Bisa tidak bertanggung jawab

Canva.com/Andhina Effendi

Kelinci sering menjadi orang yang sangat sensual dan spontan. Namun, seperti semua hal baik, sifat-sifat positif ini bisa lepas kendali. Shio Kelinci bisa menjadi sepenuhnya didorong oleh naluri alaminya dan lupa akan tujuannya. Yup, perilaku toxic mereka yaitu bisa berubah menjadi orang yang tidak bertanggung jawab. 

Kecenderungan ini dapat meluas ke pendekatan mereka dalam hubungan cinta, karena Kelinci bisa menjadi 'kupu-kupu' yang sering hinggap ke beberapa orang. Perilaku genitnya ini bisa menyebabkan pasangan merasa sakit hati.

Maka dari itu, penting agar Kelinci meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dan mempertimbangkan orang yang mereka cintai, sebelum melompat ke berbagai hal. Jika mereka ingin memiliki hubungan yang sukses, mereka harus mengingat perasaan pasangannya, dan berpikir sebelum bertindak.

5. Naga: Terjebak dalam fantasi

Canva.com/Andhina Effendi

Shio Naga memiliki keterampilan kepemimpinan yang luar biasa, yang merupakan salah satu alasan mengapa mereka menjadi bos yang hebat. Tetapi hanya karena mereka tampak berkepala dingin dan pekerja keras di kantor, tidak berarti mereka selalu berkepala dingin dalam kehidupan pribadinya, lho.

Pada dasarnya, justru mereka adalah orang yang mudah tersesat di dunia fantasi batin mereka yang kaya. Mereka adalah binatang mitos karena suatu alasan, dan kadang-kadang bisa percaya bahwa dunia hanya menjawab mimpi mereka. Bahkan, mereka bisa sepenuhnya hilang kontak dengan kenyataan, yang mengisolasi mereka dari seluruh dunia.

Cara berpikir ini, bila tidak dijaga keseimbangannya, dapat mengarah ke jalan yang sulit, di mana Naga mungkin mulai percaya bahwa aturan masyarakat tidak berlaku untuk mereka. Jadi, akan sangat membantu jika mereka mengingat kecenderungan ini dan melawan dengan pemikiran yang lebih logis.

6. Ular: Menyimpan dendam

Canva.com/Andhina Effendi

Untuk ular, kecenderungan perilaku toxic mereka mungkin ditemukan dalam ketidakmampuan mereka untuk melepaskan sesuatu. Ketika Ular terluka, mereka mungkin saja merencanakan balas dendamnya selama bertahun-tahun, dan akan menggigit lawannya di titik terlemah. 

Shio Ular sangat mungkin menyimpan dendam, dan dapat dengan mudah dimakan oleh emosinya sendiri. Itulah mengapa akan lebih baik jika Ular berusaha untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan jangan biarkan dirinya 'dimakan' oleh rasa dendam.

7. Kuda: Menjadi impulsif

Canva.com/Andhina Effendi

Shio Kuda adalah salah satu tanda zodiak China yang paling kuat. Di sisi lain, sayangnya mereka juga bisa impulsif, dan itu bisa membuat mereka mendapat masalah. Sikap spontanitasnya bisa berubah menjadi keterusterangan yang sering menyakitkan bagi shio lainnya. Jika mereka memiliki sesuatu di pikirannya, mereka cenderung akan mengatakannya, tidak peduli apa yang terjadi pada orang lain secara emosional.

Inilah mengapa para Kuda perlu berlatih berpikir sebelum berbicara. Setidaknya mereka harus memahami bahwa tidak semua kebenaran baik untuk dikatakan, atau setidaknya mereka harus memilih waktu dan cara untuk mengatakannya dengan bijak.

8. Kambing: Bertindak ceroboh

Canva.com/Andhina Effendi

Shio Kambing adalah orang yang riang, tetapi mungkin melewati batas menjadi ceroboh jika mereka tidak hati-hati. Yup, mereka bisa menjadi egois dan ini sering kali dapat membatasi evolusi karier mereka, atau membuatnya kesulitan dalam menemukan pasangan.

Untuk memastikan Kambing tidak menghalangi jalannya sendiri, mereka harus belajar menyalurkan energi riang mereka menjadi sesuatu yang membangun. Begitu mereka menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan diri, Kambing dapat mulai mengubah cara mereka yang berpotensi ceroboh, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang positif.

9. Monyet: Tidak menganggap segalanya serius

Canva.com/Andhina Effendi

Shio Monyet adalah orang yang sangat menyenangkan sekitarnya, dan mereka hebat dalam menghibur orang lain dengan sikap positif mereka. Namun sayangnya sikap suka bercandanya ini dilakukan dengan kadar yang berlebih, sehingga mereka sulit untuk menjadi orang yang serius.

Sangat umum bagi mereka untuk menjadi terlalu main-main, dan dianggap tidak dewasa. Shio Monyet bahkan bisa mencoba melarikan diri dari tanggung jawab dengan lelucon dan trik, dan hampir tidak menganggap sesuatu yang cukup serius.

10. Ayam: Menganggap dirinya adalah pusat dunia

Canva.com/Andhina Effendi

Shio Ayam bersifat magnetis, dan ketika dalam peran kepemimpinan, sering dikagumi oleh orang lain. Namun sayang, perhatian yang didapatkan ini sangat mudah untuk sampai ke kepala mereka, sehingga mereka mungkin percaya bahwa seluruh dunia hanya berputar di sekitar mereka. Sulit bagi shio Ayam untuk menjadi pemain tim yang baik, karena mereka selalu merasa dirinya adalah yang utama.

Untuk menyeimbangkannya, shio Ayam harus ingat bahwa kebaikan, kemurahan hati, dan kerendahan hati juga merupakan sifat yang mengagumkan. Dengan mempraktikkan hal-hal ini, mereka akan memenangkan lebih banyak perhatian.

11. Anjing: Kurang motivasi

Canva.com/Andhina Effendi

Sama seperti Monyet, Anjing tidak memiliki terlalu banyak sisi "gelap", atau sifat apa pun yang dapat dengan mudah ditunjukkan sebagai sesuatu yang toxic. Biasanya, shio Anjing dikenal akan kesetiaan dan sikapnya yang selalu suportif pada orang sekitar.

Namun, sejatinya, ada dua hal yang perlu shio Anjing lakukan dan ingat selalu, yaitu mengawasi setiap kecenderungan agresif yang mungkin dimiliki, serta kurangnya motivasi dalam diri. Yup, inilah dua sifat bayangan yang mungkin dialami beberapa shio Anjing.

Mereka memiliki terlalu banyak agresivitas, atau tidak cukup dorongan untuk berhasil dan menjadi sama sekali tidak berambisi.

12. Babi: Mudah terperangkap dalam kesenangan duniawi

Canva.com/Andhina Effendi

Shio Babi menyukai hal-hal yang lebih baik dalam hidup, dan tahu bagaimana menikmati saat-saat indah. Namun mereka mungkin berlebihan, sehingga menjalani kehidupan yang terlalu santai jika mereka tidak hati-hati.

Sisi toxic Babi adalah terperangkap dalam kesenangan duniawi dan melupakan sikap disiplin untuk maju atau berusaha memenuhi potensi mereka sendiri. Berita baiknya adalah seperti semua tanda shio lainnya, Babi dapat dengan mudah menyeimbangkan kecenderungan negatif mereka, dengan berusaha mengambil jalan tengah.

Itulah dia perilaku toxic yang mungkin saja terjadi dan melekat dalam diri seseorang berdasarkan tanda shio yang menaunginya. Hayo, kamu gimana? Semoga hal-hal positif dari informasi di atas bisa menjadi bahan evaluasi diri agar lebih baik, ya!

IDN Media Channels

Latest from Zodiac