Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Punya Batasan Komunikasi dengan Mantan Pacar

Kamu bisa menemukan kebahagiaan yang lainnya

Natasha Cecilia Anandita

Putus dengan pacar? Awalnya mungkin sedikit sulit, tapi beberapa orang juga bisa dengan lega melepaskannya. Hal selanjutnya yang terjadi setelah putus adalah bagaimana hubungan yang akan dirajut? Apakah perlu menjadi teman? Apakah masih perlu berkomunikasi? 

Jika kamu benar-benar mantap untuk putus dan move on, berteman mungkin bisa saja. Tapi, jika masih ada perasaan mengganjal, entah itu masih ada rasa sedih dan sakit hati, berarti kamu belum move on. Untuk itu, kamu perlu beberapa batasan terutama saat berkomunikasi dengannya. 

Memiliki batasan penting untuk kamu di masa depan. Berikut ada 5 manfaat punya batasan komunikasi dengan mantan pacar. 

1. Kamu bisa fokus pada diri sendiri

pexels.com/charlotte-may

Dengan membentuk batasan komunikasi dengan mantanmu, kamu bisa lebih fokus pada diri sendiri. Kamu bisa membenahi hati dan pikiranmu lagi untuk pulih dan meninggalkan bayang-bayangnya. Coba untuk mendengarkan tubuhmu, apa yang diinginkannya, dan apa yang membuatnya lebih bahagia. Dengan begitu, kamu akan lebih menyayangi dirimu sendiri sebelum menyayangi orang lain. 

2. Membuatmu bangkit dari bayang-bayang masa lalu

unsplash.com/istockphoto

Tidak terlalu banyak berkomunikasi dengannya akan membantu kamu lebih cepat move on dan tidak merasa terikat lagi. Ini melepaskan kamu dari bayang-bayang masa lalu kalian dan kamu bisa membuka hati untuk yang lain. 

Penyembuhan emosional dari putus cinta bisa berlangsung lama daripada beberapa luka fisik. Oleh karenanya, memberi dirimu waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri penting, salah satunya dengan tidak berkomunikasi dengannya.

3. Memberi kamu kesempatan untuk menemukan seseorang yang lebih baik

unsplash.com

Dengan menetapkan batasan baik komunikasi atau hubungan dengan mantan, ini memberi kamu kesempatan untuk menemukan seseorang yang lebih baik. Jika kamu masih sering berhubungan dengannya, kamu bisa semakin jatuh kepadanya. 

Saat kamu mulai berhenti membicarakan hal-hal yang tak penting dengan mantanmu, kamu memiliki banyak waktu untuk seseorang yang lebih baik datang dan kamu bisa banyak berkomunikasi dengannya. 

4. Menghindari menyalahkan dan perdebatan tak perlu

pexels.com

Banyak berkomunikasi dengannya bisa membuat kalian saling menyalahkan satu sama lain atau mungkin diri kalian sendiri. Ini bisa membawa pada perdebatan yang tak perlu. Daripada menghabiskan tenaga, emosi, dan waktu untuk hal-hal tersebut, ada banyak hal positif lainnya yang bisa kalian lakukan. Memberikan batasan dalam berkomunikasi dengan mantan dapat memberikan kesempatan untukmu melepaskan cinta dengan cara yang sehat. 

5. Membuatmu menemukan bahagia yang lain

pexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan membatasi komunikasi dengannya, kamu juga bisa menemukan kebahagiaan lain yang sebelumnya kamu tak ketahui. Banyak hal diluar sana yang bisa menggantikan rasa bersemangat dan bahagiamu selain chatting dengan mantan. 

Kamu bisa melakukan hobimu atau berlibur dengan teman-teman tanpa ada yang mengganggu atau harus kamu kabari. Kamu bisa bebas melakukan apa pun yang kamu sukai dan menemukan kebahagiaanmu lagi. 

Itulah 5 manfaat mempunyai batasan komunikasi dengan mantan pacar. Siap untuk move on, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single