Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

130 Kata-Kata Sedih Kehidupan Keluarga yang Menyentuh Hati

Dengan mengungkapkannya dapat membuat hati kamu tenang

Fikriah Nurjannah

Dalam kehidupan keluarga, setiap orang tentu pernah melewati berbagai momen bahagia maupun konflik yang terjadi. Pada momen tersebut, tak jarang seseorang akan mengungkapkan perasaan maupun emosinya melalui ucapan dan kata-kata. Dengan mengungkapkannya, seseorang akan merasa lebih tenang dan lega karena beban pikiran atau emosi yang dirasakan telah dikeluarkannya. 

Apakah saat ini kamu juga sedang merasakannya, Bela? Jika kamu bingung untuk mengutarakan isi hatimu, berikut Popbela sudah menyiapkan 130 kata-kata sedih kehidupan keluarga yang menyentuh hati.

1. Kata-kata sedih yang diliputi rasa kecewa

pexels.com/kindel-media

Kamu pasti pernah mengalami saat di mana rasa kecewa meliputi dirimu atas perilaku anggota keluarga. Ketika itu terjadi, kamu akan berusaha mengkomunikasikan perasaanmu. Namun, sebelumnya kamu mungkin memerlukan waktu untuk menyendiri agar lebih tenang dan dapat mengelola rasa emosi kecewa yang kuat.

Selama kamu menyendiri dan merenung, kamu mungkin akan memikirkan cara untuk mengungkapkan rasa kecewamu kepada mereka. Berikut adalah contoh deretan kata-kata sedih untuk keluarga yang dapat mewakili rasa kecewamu.

1. "Sejujurnya, aku sangat kecewa melihatmu bersikap seolah tidak terjadi apa-apa setelah kata-kata jahat keluar dari bibirmu. Apakah aku memang anak yang seburuk itu?"

2. "Terkadang, perkataan orang memang benar bahwa tidak semua rumah adalah tempat pulang."

3. "Tidak ada manusia yang sempurna, baik kamu maupun diriku. Namun, membenarkan perilaku buruk terus-menerus bukankah tanda ketidakdewasaan? Mengapa kamu tidak memiliki kemampuan belajar dan berbenah diri?"

4. "Mengapa orang mudah sekali menghakimi seseorang sebagai anak durhaka, tapi meminggirkan kemungkinan bahwa orangtua juga bisa durhaka?"

5. "Aku tidak sadar sampai kapan, tapi semua perasaanku masih tentang sikap dan perilakumu yang membuatku terluka."

6. "Orang bilang darah lebih kental dari air. Namun, sering kali aku hanya butuh air dalam hidup ini. Darah tak selamanya dibutuhkan seseorang."

7. "Kesadaran tanpa kewarasan adalah jebakan yang menyebabkan seseorang salah mengambil keputusan. Apakah sekarang aku juga sudah keliru mengambil tindakan?"

8. "Sampai kesabaran ini terus menjadi alasan untuk bertahan di kondisi yang sebenarnya sudah sangat menyakitkan?"

9. "Selama ini, aku hanya berusaha tegar di rumah, di depan keluarga. Aku tidak ingin menunjukkan sisi-sisi lemah pada mereka bila akhirnya hanya akan dihakimi."

10. "Aku kadang bertanya-tanya, 'Apakah orangtua memang mengasihiku meski penuh kekurangan dan tak seistimewa anak orang lain?'"

11. "Saat ini, aku hanya bisa percaya pada diri sendiri. Ketika sedih, akulah yang pertama harus memeluk diri ini dengan penuh kasih dan kelembutan. Aku tidak bisa menggantungkan rasa cinta pada orang lain, termasuk keluarga."

12. "Menjadi orangtua memang butuh keberanian untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan."

13. "Aku tidak tahu sampai kapan menahan semua ini. Namun, rasanya begitu menyesakkan dan menyakitkan. Rasanya seperti bernapas dalam air laut yang sunyi dan dalam."

14. "Meskipun berat, aku berusaha keras tidak melakukan hal buruk seperti kamu memperlakukanku dengan buruk. Mengapa? Aku tidak ingin tumbuh menjadi orang jahat."

15. "Ada keinginan yang besar untuk memanggilmu seperti anggota keluarga lain. Namun, ada kekecewaan yang amat dalam sehingga aku tidak ingin melakukannya lagi."

16. "Bagaimana caranya aku menghadapi kenyataan bahwa keluarga ini menjadi sumber kecewa dan luka yang mendalam?"

17. "Apabila kecewaku dapat diabaikan dengan mudah, apakah kita bisa disebut keluarga? Kita tidak bisa menghadirkan diri sebagai sosok penenang satu sama lain."

18. "Betapa sulit menerima keluarga yang tak utuh ini. Sementara aku sangat ingin merasakan keluarga hangat yang utuh seperti orang lain."

19. "Pengabaianmu menjadi luka sepanjang hidup dan aku tidak tahu harus menyembuhkannya dengan cara apa lagi."

2. Kata-kata sedih kehidupan keluarga yang penuh dengan makna

pexels.com/pavel-danilyuk

Bukan hanya dapat meluapkan kekecewaan, kamu juga bisa mengungkapkan perasaan dan emosi yang dirasakan dengan penuh makna melalui kata-kata sedih kehidupan keluarga. Kamu dapat memilih kata-kata berikut yang sangat menggambarkan keadaan perasaanmu. 

1. "Keluarga tanpa komunikasi ibarat rumah tanpa pondasi."

2. "Surga yang nyata saat ini yang bisa kita rasakan adalah rumah kita yang dipenuhi kehangatan dari keluarga kita."

3. "Satu hal yang aku pelajari, satu kebohongan cukup untuk mempertanyakan semua kebenaran."

4. "Bukankah ini lucu? Orang-orang yang sangat ingin aku jaga adalah orang-orang yang tidak menginginkanku ada di dunia."

5. "Masalah apa pun di dalam keluarga, besar maupun kecil, biasanya dipicu komunikasi yang buruk. Sehingga hal-hal sederhana menjadi masalah besar."

6. "Ketika merasa lelah dan kecewa, kemudian kamu sadar bahwa kamu sendirian dan jauh dari keluarga, artinya kamu sedang belajar tentang kehidupan dan kenyataan sesugguhnya."

7. "Apakah kasih sayang dalam keluarga tidak bisa sama rata? Mengapa hanya aku satu-satunya dijauhi dan diabaikan? Apakah aku tidak layak dicintai?"

8. "Aku tidak ingin mengatakan ini, tapi keluargaku terasa asing. Aku seperti hidup satu atap dengan orang-orang yang sama sekali tidak kukenal atau mengenaliku."

9. "Orangtua yang tidak bisa berdamai dengan dirinya akan menumbuhkan anak-anak penuh luka."

10. "Apa itu keluarga? Bagaimana bila keluarga bukanlah tempat untuk menumpahkan lelah dan bahagia? Keluarga ini terasa kosong dan hampa. Tidak napas-napas kehidupan di dalamnya."

11. "Akhirnya, aku menyakini bahwa keluarga yang baik dibangun dengan cinta, dimulai dengan kasih sayang, dan dipelihara dengan kesetiaan."

12. "Percayalah, keluarga adalah tempat terbaik untuk berbagi."

13. "Tahukah kamu? Salah satu yang aku ingin lakukan adalah membuat keluarga bahagia. Namun, aku tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain. Aku bertanggung jawab pada kebahagiaanku sendiri."

14. "Terkadang aku menangis dan iri ketika seorang teman menceritakan kehangatan bersama keluarganya."

15. "Banyak orang bilang, keluarga adalah tempat terbaik untuk kita belajar tentang sebuah pengorbanan. Sayangnya, keluargaku tidak demikian."

16. "Aku sedang belajar mempraktikkan ungkapan 'tunjukkan senyum di hadapan orang banyak, tangis di hadapan sahabat, pengorbanan di hadapan keluarga, dan rasa beryukur di hadapan Tuhan'."

17. "Benarkah jika kita ikhlas dalam berupaya untuk kebahagian hidup keluarga, Tuhan akan memudahkan dan menunjukkan jalan."

18. "Kebahagiaan kadang berawal dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat seperti keluarga."

19. "Apakah keluarga memang tempat kembali yang paling aman? Bagaimana bila keluarga adalah sumber ketidakamanan yang menyebabkan kita pergi ke psikolog setiap waktu."

20. "Keluarga akan selalu berada di dekatmu hingga kamu bisa bergerak berhasil ataupun terjatuh, karena memang mereka selalu mencintaimu apa adanya."

21. "Zaman memang sudah berubah, tapi manusia tetap sama. Kita tetap butuh cinta, kebahagiaan, dan kehangatan sebuah keluarga."

22. "Orang-orang bertanya kenapa aku susah sekali memercayai mereka. Lantas, bagaimana bisa aku menaruh percaya pada keluarga yang tidak bisa dipercaya? Bukankah mereka sering mengabaikan janji dan menganggapnya seolah tidak ada?"

23. "Lebih baik hidup sederhana tapi bermakna, daripada hidup mewah tapi mengorbankan cinta keluarga."

24. "Apalah arti keluarga bila harta dan tahta dapat merusak keutuhan yang sudah bertahun-tahun terjaga."

25. "Sesibuk apa pun kamu, keluarga merupakan tempat pulang. Uang dan popularitas tak mampu membayar kebersamaan dengan keluarga."

3. Kata-kata sedih kehidupan keluarga yang menyayat hati

pexels.com/karolina-grabowska

Saat keluargamu dilanda masalah, tak jarang kamu ingin mengungkapkan emosimu. Meski menyayat hati, kamu ingin dengan jujur menyampaikan apa yang dirasakan. Berikut deretan kata-kata sedih kehidupan keluarga yang menyayat hati.

1. "Terlalu rusak untuk disatukan, terlalu hancur untuk diperbaiki."

2. "Belati yang paling tajam adalah ucapan, dan ucapan paling menyakitkan adalah ucapan yang berasal dari orang terdekat."

3. "Lucu rasanya ketika ikatan darah itu tak lagi memiliki arti, jika nyatanya bersama orang asing jauh terasa lebih aman dan menyenangkan hati."

4. "Seorang anak lebih membutuhkan kasih sayang kedua orangtua daripada diberikan uang jajan."

5. "Ajari aku bagaimana caranya menerima keadaan tanpa membenci kehidupan."

6. "Terlalu banyak kepahitan yang menjadi skenario dalam drama kehidupan ini."

7. "Ketika teman-teman menceritakan tentang indahnya keluarga. Aku hanya mendengarkan karena tak paham."

8. "Tolong! Jangan hancurkan dinding kebahagiaan yang sudah kubangun sendiri tanpa dukungan kalian."

9. "Secara batin aku terluka, secara emosi aku kacau, secara mental aku depresi, secara fisik aku tersenyum."

10. "Bisa membuat keluarga bahagia adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup ini."

11. "Untuk apa memiliki keluarga banyak kalau hanya yang dicari itu harta dan tahta, bukan kebersamaan bersama."

12. "Surga yang nyata saat ini yang bisa kita rasakan adalah rumah kita yang dipenuhi kehangatan dari keluarga kita."

13. "Lebih baik hidup sederhana tapi bermakna, daripada hidup mewah tapi mengorbankan cinta keluarga."

14. "Keluarga yang baik dibangun dengan cinta, dimulai dengan kasih sayang, dan dipelihara dengan kesetiaan."

15. "Komunikasi di dalam suatu keluarga akan senantiasa terpelihara selama komunikasi dengan Tuhan juga tetap terjaga."

16. "Katanya keluarga adalah rumah ketika kita pulang dan merasa lelah. Nyatanya, keluarga bagai neraka. Tak ada cinta di dalamnya."

17. "Jika kesabaran tak cukup menyadarkan, mungkin kehilangan yang akan menyadarkan."

18. "Kau bisa tinggal di rumah yang rubuh, bermain dengan mainan usang, tapi kau tak bisa menyayangi dengan hati yang rusak."

19. "Masalah apa pun di dalam keluarga, besar maupun kecil, selalu diawali dengan komunikasi yang buruk satu sama lain."

20. "Beberapa orang yang susah dijauhi adalah anggota keluarga. Tapi sering kali justru mereka yang paling ingin kita jauhi."

21. "Hujan tak pernah tahu untuk apa ia jatuh. Tapi air mata selalu tahu untuk siapa ia jatuh."

22. "Keluarga bahagia itu pilihan."

23. "Aku pernah kecewa dan aku pernah terluka. Tapi di balik semua, aku yakin dan percaya itu adalah cara Tuhan untuk membuatku dewasa."

24. "Orang bilang darah itu lebih kental dari air. Tapi, sering kali hanya air yang ada ketika kita butuh. Sementara darah entah ada di mana."

25. "Aku tahu di rumah ini sebagai siapa, tapi tolong beri sedikit waktu saja agar aku bisa bernapas dengan tenang."

26. "Setiap anak ingin keluarga yang sempurna, tapi tidak semua anak memilikinya."

4. Kata-kata sedih kehidupan keluarga oleh tokoh terkenal

s.yimg.com/ny

Kata-kata sedih kehidupan keluarga juga tak jarang diungkapkan oleh beberapa tokoh terkenal. Ini bisa menjadi inspirasi bagimu untuk mengungkapkan perasaan atau emosimu. Berikut deretan kata-kata sedih kehidupan keluarga oleh tokoh terkenal.

1. "Keluarga adalah salah satu mahakarya alam." - George Santayana

2. "Saya pikir kebersamaan adalah unsur yang sangat penting untuk kehidupan keluarga." - Barbara Bush

3. "Informalitas kehidupan keluarga adalah kondisi diberkati yang memungkinkan kita semua menjadi yang terbaik sambil melihat yang terburuk." - Marge Kennedy

4. "Dalam kehidupan keluarga, cinta adalah minyak yang meredakan gesekan, perekat yang mengikat makin erat, dan musik yang menghadirkan harmoni." oleh Friedrich Nietzsche

5. "Saya diberkati memiliki begitu banyak hal besar dalam hidup saya, seperti keluarga, teman, dan Tuhan. Semua akan ada dalam pikiran saya setiap hari." - Lil 'Kim

6. "Bersukacitalah dengan keluargamu di tanah kehidupan yang indah." - Albert Einstein

7. "Keluarga saya yang diutamakan. Mungkin itulah yang membuat saya berbeda dari laki-laki lain." - Bobby Darin

8. "Anda harus membela kehormatanmu dan keluargamu." - Suzanne Vega

9. "Saya seorang minimalis. Saya tidak terlalu membutuhkan banyak untuk menikmati liburan yang baik, hanya keluarga saya dan kebutuhan pokok." - Jean Reno

10. "Keluarga adalah kompas yang membimbing kita. Itu adalah inspirasi untuk mencapai ketinggian yang luar biasa dan kenyamanan kita ketika kita kadang-kadang goyah." - Brad Henry

11. "Bagi saya, tidak ada yang lebih diutamakan daripada menjadi seorang ibu dan memiliki keluarga dan rumah." - Jessica Lange

12. "Seorang laki-laki seharusnya tidak pernah mengabaikan keluarganya untuk bisnis." - Walt Disney 

13. "Seseorang berkeliling dunia untuk mencari apa yang dia butuhkan, dan kembali ke rumah untuk menemukannya." - George Moore

14. "Keluarga dan teman adalah harta terpendam, cari mereka dan nikmati kekayaan mereka." - Wanda Hope Carter

15. "Hal-hal lain mungkin mengubah kita, tapi kita mulai dan diakhiri dengan keluarga." - Anthony Brandt

16. "Saya pikir kebersamaan adalah unsur yang sangat penting untuk kehidupan keluarga." - Barbara Bush

17. "Ketika semuanya menjadi kacau, orang-orang yang berdiri di dekatmu tanpa gentar, yakni keluaragmu." - Jim Butcher

18. "Saya orang yang beruntung karena saya sangat dicintai. Saya memiliki keluarga yang hebat." - Monica Bellucci

19. "Menjadi sebuah keluarga berarti kamu adalah bagian dari sesuatu yang sangat indah. Itu berarti kamu akan mencintai dan dicintai selama sisa hidupmu." - Lisa Weed

20. "Keluarga adalah hal terpenting di dunia." - Lady Diana

5. Kata-kata sedih kehidupan keluarga yang menyakitkan

pexels.com/shvets-production

Tak hanya kekecewaan, tak jarang masalah dalam kehidupan keluarga juga dapat menyakitkan hatimu. Kamu dapat mengungkapkan perasaan sakit hatimu dengan kata-kata sedih berikut ini.

1. "Seseorang terkadang berpura-pura bahagia agar orang yang dia sayang seperti keluarga tahu bahwa dia baik-baik saja."

2. "Sejak kapan pulang menjadi kata terindah untuk mereka yang sudah berhasil menemukan jalan pulang?"

3. "Ternyata, jauh lebih gampang memaafkan seorang musuh daripada memaafkan keluarga."

4. "Jika menyakitiku bisa membuatmu bahagia, maka lakukanlah sesuka hatimu. Aku tidak peduli."

5. "Kebahagiaan keluarga bukan terletak pada apa yang dicapai tetapi sikap hati terhadap apa yang dicapai."

6. "Pengkhianatan dari keluarga itu adalah luka yang paling dalam."

7. "Seharusnya, keluarga adalah tempat perlindungan kita. Namun, justru keluarga menjadi tempat kita merasakan sakit."

8. "Kehidupan keluarga bahagia yang kuimpikan selama ini seketika sirna ketika masalah tak terduga muncul."

9. "Hiduplah sedemikian rupa sehingga kamu tidak akan merasa malu ketika orang lain berbicara tentang keluargamu."

10. "Jangan pernah melupakan orang-orang yang sudah membantu saat kita sedang mengalami masalah yang besar, yakni keluarga."

11. "Jangan pernah merasa sedih ketika ditinggalkan. Karena kamu masih memiliki sahabat dan keluarga yang selalu ada."

12. "Hal terpenting di dunia ini adalah sebuah keluarga dan cinta kasih."

13. "Ibu, merindukanmu adalah hal yang tersulit karena rasa sakit ini tidak pernah pergi."

14. "Aku merasa gagal menjadi orangtua, mungkin ini terjadi karena sebagai orangtua aku terlalu banyak memanjakan dia."

15. "Seribu kata maaf yang keluar dari mulut keluarga, kadang tak akan mampu untuk mengobati setitik luka dalam hatiku."

16. "Membangun keluarga bahagia adalah pilihan. Lantas, apakah mereka tidak ingin merasakan keluarga bahagia? Apakah tidak lelah dengan pertengkaran yang terjadi setiap harinya."

17. "Pertengkaran keluarga adalah hal yang menyakitkan. Mereka bertemu setiap hari, namun tidak saling menyapa pada akhirnya dan pura-pura tidak pernah terjadi apa pun."

18. "Tidak ada yang tahu betapa sedihnya diriku ketika melihat orang lain menghabiskan waktu bersama keluarganya."

19. "Ada beberapa perasaan sakit yang tak akan tersembuhkan yang disebabkan oleh keluarga."

20. "Hargailah semua yang ada padamu sekarang, karena kamu tidak akan tahu kapan mereka akan pergi."

6. Kata-kata sedih kehidupan keluarga dari film dan drama

img.alinea.id/img

Kata-kata sedih kehidupan keluarga juga bisa kamu temukan dalam film, khususnya yang memiliki tema keluarga. Kamu dapat mengutipnya dan menggunakannya untuk mengungkapkan perasaanmu. Berikut deretan kata-kata sedih kehidupan keluarga yang bersumber dari film.

1. "Being a part of this family means you are here for this family." (Menjadi bagian dari keluarga adalah kamu ada di sini buat keluargamu.) - Abuelita, Coco

2. "The greatest gift and honor is having you for a daughter." (Hadiah terbesar dan tertinggi yang kuterima adalah memilikimu sebagai putriku.) - Fa Zhou, Mulan

3. "Ada sebutan janda atau duda. Tapi tidak ada sebutan untuk orangtua ketika anaknya meninggal. Karena tidak ada kata yang mampu menggambarkan penderitaan itu." - Hi Bye, Mama!

4. "Because when I look at you, I can feel it. And I look at you and I’m home. (Ketika aku melihatmu, aku bisa merasakannya. Aku melihatmu dan aku merasa sudah di rumah.) - Dory, Finding Nemo

5. "A man who doesn't spend time with his family can never be a real man." (Laki-laki yang tidak punya waktu untuk keluarganya tidak bisa menjadi laki-laki sejati.) - Don Corleone, The God Father

6. "Manusia membentuk keluarga, karena mereka terlalu lemah untuk hidup sendiri."  - L U.C.A The Beginning

7. "Ibu adalah orang yang paling kita rindukan saat ia masih hidup ataupun sudah meninggal." - Sung Dong Il, Reply 1988

8. "Keluarga adalah tempat yang pada akhirnya akan kita tuju untuk kembali." - Sung Deok Sun, Reply 1988

9. "We may have our differences, but nothing’s more important than family." (Kita mungkin punya banyak perbedaan, tapi tak ada yang lebih penting dibandingkan keluarga) - Miguel, Coco

10. "Ohana means family. Family means no one gets left behind or forgotten." (Ohana artinya keluarga. Keluarga artinya tidak ada yang tertinggal atau dilupakan.) - Stitch, Lilo & Stitch

11. "You’re the real gift, kid. Let us in." (Kamu adalah hadiah yang sebenarnya, Nak. Biarkan kami masuk.) - Bruno, Encanto

12. "You don’t have to worry about me because I have an amazing family." (Kamu tidak perlu khawatir tentang aku karena aku memiliki keluarga yang luar biasa.) - Mirabel, Encanto

13. "All I need is a change. All I need is a chance." (Yang aku butuhkan hanyalah perubahan. Yang aku butuhkan hanyalah kesempatan.) - Mirabel, Encanto

14. "And that’s why coffee’s only for grown-ups." (Dan itulah mengapa kopi hanya untuk orang dewasa.) - Mirabel, Encanto

15. "The miracle is not some magic that you’ve got. The miracle is you." (Keajaiban bukanlah sihir yang kamu miliki. Keajaiban itu adalah kamu.) - Mirabel, Encanto

16. "I’m tired of perfect. I want real." (Aku bosan dengan yang sempurna. Aku ingin yang nyata.) - Isabela, Encanto

17. "Even in our darkest moments, there’s light when you least expect it." (Bahkan di saat-saat tergelap kita, ada cahaya ketika kamu tidak mengharapkannya) - Mirabel, Encanto

18. "You’re exactly what this family needs. You just need to see it." (Kamu persis seperti yang dibutuhkan keluarga ini. Kamu hanya perlu melihatnya.) - Bruno, Encanto

19. "All I need is a change. All I need is a chance." (Yang aku butuhkan hanyalah perubahan. Yang aku butuhkan hanyalah kesempatan.) - Mirabel, Encanto

20. "We’re not just protecting what we have, but all that could be and everything that should be." (Kami tidak hanya melindungi apa yang kami miliki, tetapi semua yang bisa dan semua yang seharusnya ada.) - Abuela, Encanto

Itulah 130 kata-kata sedih kehidupan keluarga yang menyentuh hati dari Popbela. Semoga apa pun yang saat ini sedang kamu rasakan bisa segera terobati ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Single