Saat seseorang menyadari bahwa ia melakukan sebuah kesalahan, hal pertama yang dilakukannya adalah meminta maaf. Selain itu, bukan hanya sekadar menyadari kesalahan dan meminta maaf, perbuatan ini juga menunjukkan sikap seseorang yang bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya.

Ketika seseorang memberikan permintaan maafnya kepada kamu, artinya dia mengakui dan menyadari kesalahannya, serta bertanggung jawab dan ingin berdamai dengan kamu. Hal ini tentu dapat menenangkan dan mendamaikan keadaan.

Lalu, bagaimana cara kamu mengucapkan kalimat jawaban dari permintaan maaf tersebut dengan setulus hati? Berikut Popbela memberikan rekomendasi 51 kata-kata jawaban ucapan minta maaf setulus hati.

1. Kata-kata jawaban ucapan minta maaf kepada orang lain

51 Kata-Kata Jawaban Ucapan Minta Maaf Setulus Hatipexel.com/rodnae-productions

Berikut adalah kalimat yang bisa kamu gunakan untuk menjawab ucapan permintaan maaf dari orang lain.

1. "Mohon maafkan aku atas semua kesalahan. Aku benar-benar tidak bermaksud seperti itu."

2. "Aku sangat menyesal dengan apa pun yang aku katakan, apa pun yang aku lakukan, dan aku bersungguh-sungguh. Aku minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam. Mohon maafkan aku."

3. "Aku harap kamu dapat memaafkan aku atas perilaku diriku sebelumnya yang tidak dewasa. Aku berjanji hal itu tidak akan terulang kembali. Aku mohon maaf."

4. "Aku mungkin tidak sebijak dirimu, tetapi aku cukup bijak untuk melihat kerusakan yang aku lakukan. Untuk itu, aku benar-benar minta maaf. Mohon maafkan aku."

5. "Jika aku telah menyakitimu dengan kata-kata atau perilakuku, aku benar-benar minta maaf dari lubuk hatiku yang paling dalam. Aku minta maaf, mohon maafkan aku."

6. "Membuatmu kecewa sungguh bukan keinginanku, maaf terkadang aku tidak bisa seperti apa yang kamu harapkan."Aku benar-benar minta maaf."

7. "Aku minta maaf kepadamu, karena aku hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan dosa."

8. "Aku telah melakukan banyak kesalahan dalam hidup, tetapi tidak satu pun dari hal itu kembali menghantuiku dengan kekuatan seperti itu. Aku sangat menyesal atas rasa sakit yang aku sebabkan kepadamu. Tolong maafkan aku."

9. "Aku tahu meminta maaf itu memang terasa mudah dilakukan dan memberi maaf sedikit lebih sulit, tapi itu masih bisa dilakukan. Jadi aku mohon maafkan aku."

10. "Aku memang orang bodoh. Tidak bisa melakukan apa pun dengan benar. Hanya maaflah yang bisa kulakukan. Aku mohon maafkan aku."

2. Kata-kata jawaban ucapan minta maaf kepada sahabat

51 Kata-Kata Jawaban Ucapan Minta Maaf Setulus Hatipexel.com/mental-health-america-(mha)

Bukan tidak mungkin kamu pasti pernah mengalami masa sulit dengan sahabatmu. Berikut kalimat yang bisa membantu kamu menjawab ucapan permintaan maaf dari sahabat-mu.

1. "Aku tidak menyesal karena tidak sempurna, tetapi aku minta maaf karena selalu salah. Aku mohon maafkan aku ya, sahabatku."

2. "Maaf jika terkadang aku tidak seperti sahabat yang kamu harapkan dan selalu membuatmu kecewa."

3. "Aku memang tidak sempurna, terkadang ucapanku tajam. Tapi, aku tidak ada maksud untuk melukaimu."

4. "Aku tidak akan membiarkan egoku dan kesalahan bodoh datang di antara persahabatan indah kita. Aku minta maaf, mohon maafkan aku."

5. "Maafkan aku karena kekhilafanku, aku hanya bisa meminta maaf sepenuh hati."

6. "Kamu harus tahu bahwa aku menghargai persahabatan kita tidak seperti yang lain di dunia ini, dan aku akan melakukan apa saja untuk menebusnya. Aku benar-benar minta maaf."

7. "Aku sangat sadar bahwa hal-hal yang aku katakan buruk, tetapi aku menyesali setiap kata. Persahabatan kita adalah satu di antara hal terbaik yang pernah terjadi padaku, dan aku tidak ingin melihatnya berakhir seperti itu. Aku dengan tulus meminta maaf."

8. "Aku tahu tidak bertindak seperti yang seharusnya dilakukan seorang teman, dan untuk itu aku minta maaf. Mohon maafkan aku."

9. "Aku ingin kamu tahu bahwa apa pun yang aku lakukan, tidak dalam keadaan pikiran yang benar, dan itulah sebabnya aku dengan tulus meminta maaf."

10. "Kegagalan terbesar dalam hidup adalah ketika kamu menghancurkan hati seorang teman dekat. Aku tidak akan pernah bisa mengungkapkan apa yang aku rasakan di dalam hati. Aku benar-benar minta maaf untuk semuanya kesalahanku"

3. Kata-kata jawaban ucapan minta maaf kepada orangtua

51 Kata-Kata Jawaban Ucapan Minta Maaf Setulus HatiPexels.com/Andrea Piacquadio

Menyusun kata-kata untuk menjawab ucapan permintaan maaf kepada orangtua bisa menjadi hal yang sulit dan membingungkan. Berikut saran untuk kamu dalam memberikan jawaban ucapan minta maaf kepada orangtua.

1. "Ibu dan Ayah, kalian berhak marah padaku. Aku minta maaf kalau kata-kata aku yang lalu begitu menyakitkan. Semoga kalian mau memaafkanku."

"Maafkan aku bila aku telah melukai hati Ayah dan Ibu. Maaf juga jika aku telah banyak membuat Ayah dan Ibu menangis karena kesalahanku. Aku sungguh-sungguh minta maaf, dan aku akan berusaha menjadi anak yang dapat dibanggakan oleh Ayah dan Ibu."

3. "Aku tahu permintaan maaf tidak akan menghilangkan rasa sakit hati Ayah dan Ibu, namun aku berdoa agar hati Ayah dan Ibu bisa memaafkanku."

4. "Papa, aku bahkan tidak bisa memikirkan hidupku sedetik pun tanpamu. Aku sangat menyesal teah menyakitimu."

5. "Bu, aku hanya memiliki Ibu di dunia ini. Maafkan aku jika banyak kesalahan selama ini."

6. "Bukannya menjadi anak yang bisa dibanggakan, aku malah menjadi anak keras kepala yang selalu membangkang. Maafkan aku, Bu."

7. "Jika ucapan membuat lara, jika tindakan menjadi luka, wahai Ayah dan Ibu, aku mohon maaf sebesar-besarnya."

8. "Ayah, Ibu, aku minta maaf karena perkataanku kemarin. Itu hanya emosi sesaat, aku tidak bermaksud menyakiti hati kalian."

9. "Maafkan aku bila telah banyak mengukir luka di hati Ayah dan Ibu. Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari mata Ayah dan Ibu. Sungguh aku minta maaf, aku akan berusaha menjadi anak yang mampu kalian banggakan."

10. "Maafin aku yaa Pak, Bu. Aku mengaku salah."

4. Kata-kata jawaban ucapan minta maaf kepada pasangan

51 Kata-Kata Jawaban Ucapan Minta Maaf Setulus Hatipexel.com/stanley-morales

Mencari kata atau kalimat yang tepat untuk menjawab ucapan minta maaf dari kekasih ataupun pasangan hidup bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena kita telah mengenal bagaimana karakter dari mereka sehingga, kata atau kalimat yang digunakan perlu diperhatikan agar tidak terkesan "hanya di mulut saja" dan dapat menyampaikannya dengan tulus.

Berikut pilihan kata yang bisa kamu gunakan untuk menjawab ucapan minta maaf dari kekasih atau pasangan kamu.

1. "Aku lebih memilih membagi seluruh hidupku bersama kamu, daripada menjalani sepanjang hidup dalam kesendirian tanpa kamu di sisi-ku karena marah kepadaku. Maafin aku, ya."

2. "Maafin aku yang sering kali salah berucap, atau mengeluarkan kata-kata yang membuatmu sakit hati. Aku sungguh tidak bermaksud seperti itu. Mohon maafkan aku."

3. "Memaafkan memang tidak bisa mengubah masa lalu, namun hal itu bisa menjadi kekuatan bagi hubungan kita yang lebih baik di masa depan. Aku akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Aku mohon maafkan aku, ya." 

4. "Aku cuma bisa minta maaf, aku tahu mungkin aku nggak pantas buat minta maaf."

5. "Ada yang istimewa dari sebuah minta maaf, meluruhkan kemarahan, membasuh habis kesedihan, meruntuhkan keegoisan."

6. "Maaf jika terkadang aku tak seperti yang kamu harapkan dan selalu membuatmu kecewa."

7. "Jantungku hanya berdetak untukmu, tolong maafkan aku."

8. "Cinta kita kuat dan tak terbatas, jangan biarkan keluhan kecil menghancurkan dunia, pengertian kelembutan yang indah ini. Aku mencintaimu dan aku meminta maaf."

9. "Lihatlah bintang-bintang malam ini, mereka akan berbisik: 'Aku minta maaf atas apa yang telah aku lakukan. Aku cinta kamu'."

10. "Apa pun yang terjadi, kamu tetap menjadi nomor satu bagiku. Bisakah kamu memaafkanku atas apa yang telah aku lakukan?"

5. Kata-kata jawaban ucapan minta maaf saat Hari Raya

51 Kata-Kata Jawaban Ucapan Minta Maaf Setulus Hatifreepik.com/free-photo

Hari Raya selalu menjadi momen yang tidak dilewatkan oleh berbagai masyarakat Muslim untuk saling berbenah diri dan meminta maaf secara tulus atas kesalahan yng pernah dilakukan. Berikut kata-kata yang perlu kamu catat untuk menjawab ucapan minta maaf saat Hari Raya, baik saat Idulfitri maupun Iduladha.

1. "Kata-kata seindah zikir, teralun bagaikan azan, berbaris rapi dalam deretan saf, bagaikan tentara bersenjata, dan hari kemenangan itu akan tiba. Keihklasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idulfitri."

2. "Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya kata yang diucapkan oleh lidah, untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku dari manusia yang fana ini, Aku mohon maaf setulus hati lahir dan batin. Selamat Idulfitri."

3. "Tiada kesucian yang menjadi sempura tatkala ada satu kebencian yang tertanam dalam jiwa, membasuh diri dengan permintaan maaf yang paling tulus dari dalam hati. Terkirim kesungguhan atas kesalahan selama ini. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin."

4. "Telinga bisa salah dalam mendengar, mulut bisa salah dalam berucap, hati juga bisa salah dalam berprasangka. Izinkan aku untuk mengucapkan permohonan maaf atas segala kesalahan yang pernah saya perbuat. Semoga ke depannya silaturahmi di antara kita bisa tetap terjaga. Taqobballahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin. Selamat Idulfitri."

5."Bila ucapanku pernah menggores hatimu, bila perbuatanku pernah membuatmu sakit hati. Maka izinkah aku untuk mengucapkan permintaan maaf setulus-tulusnya kepadamu. Tiada yang lebih indah dari saling memaafkan. Taqobballahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin. Selamat Lebaran!"

6."Kedamaian, cinta, dan kebahagiaan merupakan hal-hal yang semoga bisa Allah berikan kepada kita semua di hari suci ini dan seterusnya. Semoga segala kesalahan baik perbuatan maupun ucapan di masa lalu dapat diberikan ampunan oleh-Nya. Taqobballahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idulfitri."

7. "Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan. Kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin."

8. "Tak jarang salah kata terucap begitu saja. Manusia tak pernah luput dari berbagai kesalahan. Tidak ada yang lebih indah dari saling memaafkan. Oleh karena itu, izinkan aku untuk memohon ampun dengan penuh ketulusan atas segala kesalahan yang pernah aku lakukan. Taqobballahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin. Selamat Idulfitri!"

9. "Orang yang mulia adalah seseorang yang mau membuka pintu maaf sebesar-besarnya dan tetap menjalin silaturahmi dengan keluarga maupun kerabat terdekat. Mari bersihkan diri, sucikan hati di hari yang fitri ini."

10."Meski kita tak dapat bertegur sapa, semoga hubungan kekeluargaan di antara kita bisa tetap terjalin dengan baik. Taqobballahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari Lebaran."

11."Pada dasarnya, manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Sehingga saya berharap engkau dapat membukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Minal aidin wal faizin. Selamat Idulfitri."

Itulah 51 kata-kata jawaban ucapan minta maaf yang bisa kamu berikan kepada orang-orang terdekatmu. 

Baca Juga: Cara Menulis Surat Permintaan Maaf yang Benar Beserta Contohnya

Baca Juga: 20 Chat Kata Maaf ke Pacar yang Ampuh untuk Membuatnya Luluh

Baca Juga: 4 Keutamaan Memaafkan, Ternyata Baik untuk Kesehatan